Langsung ke konten utama

ILMU, SENI DAN IMAN

ILMU, SENI DAN IMAN


Ada pameo atau ucapan dari seorang pelawak/dagelan dalam pagelaran wayang kulit begini:” ….dengan ilmu hidup semakin mudah, dengan seni hidup semakin indah dan dengan iman hidup akan semakin terarah”.


Bagaimana hal ini bisa kita renungkan bersama dan ada manfaatnya bagi kehidupan kita?

A. ILMU

Ada guyonan ilmu adalah angele yen durung ketemu. Ilmu= sulitnya jika belum ketemu, sulitnya jika belum menguasai/sedang belajar. 

Pengertian ilmu oleh beberapa ahli sebagai berikut:

Bila ada istilah yang mengatakan bahwa buku adalah jendela, maka ilmu juga bisa diartikan sebagai penerang dunia. Karena ibarat hidup tanpa ilmu maka kita akan hidup dalam sebuah kegelapan yang tanpa  berujung. Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu mencari dan memperdalam ilmu supaya kita bisa mengikuti perkembangan jaman tanpa dihantui rasa ketakutan karena kedangkalan ilmu yang kita miliki.Ilmu bisa memerdekakan diri kita dari ketakutan, intimidasi, kezaliman, keterbelakangan dan seterusnya. Beberapa pendapat tentang Ilmu tersebut diantaranya adalah:

# M. IZUDDIN TAUFIQ
Ilmu adalah penelusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian dan eksperimen, dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya

# THOMAS KUHN
Ilmu adalah himpunan aktivitas yang menghasilkan banyak penemuan, bail dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya

# Dr. MAURICE BUCAILLE
Ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal, baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.

# NS. ASMADI
Ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah)

# POESPOPRODJO
Ilmu adalah proses perbaikan diri secara bersinambungan yang meliputi perkembangan teori dan uji empiris

# MINTO RAHAYU
Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji

# POPPER
ilmu adalah tetap dalam keseluruhan dan hanya mungkin direorganisasi.

# DR. H. M. GADE
Ilmu adalah falsafah. yaitu hasil pemikiran tentang batas-batas kemungkinan pengetahuan manusia

# FRANCIS BACON
Ilmu adalah satu-satunya pengetahuan yang valid dan hanya fakta-fakta yang dapat menjadi objek pengetahuan

# CHARLES SINGER
Ilmu adalah suatu proses yang membuat pengetahuan (science is the process which makes knowledge)
 (indahf/Carapedia)
Sementara Wikipedia memberikan definisi Ilmu sebagai berikut:
Ilmu atau ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.[1] Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.[2]
Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi.
Ilmu Alam hanya bisa menjadi pasti setelah lapangannya dibatasi ke dalam hal yang bahani (material saja), atau ilmu psikologi hanya bisa meramalkan perilaku manusia jika lingkup pandangannya dibatasi ke dalam segi umum dari perilaku manusia yang konkret. Berkenaan dengan contoh ini, ilmu-ilmu alam menjawab pertanyaan tentang berapa jarak matahari dan bumi, atau ilmu psikologi menjawab apakah seorang pemudi cocok menjadi perawat.

Menurut Etimologi

Ilmu alam: Planet Mars (kiri), Planet Merkuri (kanan), Bulan (bawah kiri), Pluto (bawah tengah), dan Haumea (bawah kanan), perbandingan skala menggunakan diameter Sirius B.
Kata ilmu dalam bahasa Arab "ilm"[3] yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahui. Dalam kaitan penyerapan katanya, ilmu pengetahuan dapat berarti memahami suatu pengetahuan, dan ilmu sosial dapat berarti mengetahui masalah-masalah sosial, dan sebagainya.

Syarat-syarat ilmu

Berbeda dengan pengetahuan, ilmu merupakan pengetahuan khusus tentang apa penyebab sesuatu dan mengapa. Ada persyaratan ilmiah sesuatu dapat disebut sebagai ilmu[4]. Sifat ilmiah sebagai persyaratan ilmu banyak terpengaruh paradigma ilmu-ilmu alam yang telah ada lebih dahulu.
  1. Objektif. Ilmu harus memiliki objek kajian yang terdiri dari satu golongan masalah yang sama sifat hakikatnya, tampak dari luar maupun bentuknya dari dalam. Objeknya dapat bersifat ada, atau mungkin ada karena masih harus diuji keberadaannya. Dalam mengkaji objek, yang dicari adalah kebenaran, yakni persesuaian antara tahu dengan objek, sehingga disebut kebenaran objektif; bukan subjektif berdasarkan subjek peneliti atau subjek penunjang penelitian.
  2. Metodis adalah upaya-upaya yang dilakukan untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam mencari kebenaran. Konsekuensinya, harus ada cara tertentu untuk menjamin kepastian kebenaran. Metodis berasal dari bahasa Yunani “Metodos” yang berarti: cara, jalan. Secara umum metodis berarti metode tertentu yang digunakan dan umumnya merujuk pada metode ilmiah.
  3. Sistematis. Dalam perjalanannya mencoba mengetahui dan menjelaskan suatu objek, ilmu harus terurai dan terumuskan dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu , dan mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut objeknya. Pengetahuan yang tersusun secara sistematis dalam rangkaian sebab akibat merupakan syarat ilmu yang ketiga.
  4. Universal. Kebenaran yang hendak dicapai adalah kebenaran universal yang bersifat umum (tidak bersifat tertentu). Contoh: semua segitiga bersudut 180º. Karenanya universal merupakan syarat ilmu yang keempat. Belakangan ilmu-ilmu sosial menyadari kadar ke-umum-an (universal) yang dikandungnya berbeda dengan ilmu-ilmu alam mengingat objeknya adalah tindakan manusia. Karena itu untuk mencapai tingkat universalitas dalam ilmu-ilmu sosial, harus tersedia konteks dan tertentu pula.
B. SENI DAN PENGERTIANNYA
Dalam bahasa Sanskerta, kata seni disebut cilpa. Sebagai kata sifat, cilpa berarti berwarna, dan kata jadiannya su-cilpa berarti dilengkapi dengan bentuk-bentuk yang indah atau dihiasi dengan indah. Sebagai kata benda ia berarti pewarnaan, yang kemudian berkembang menjadi segala macam kekriaan yang artistik. Cilpacastra yang banyak disebut-sebut dalam pelajaran sejarah kesenian, adalah buku atau pedoman bagi para cilpin, yaitu tukang, termasuk di dalamnya apa yang sekarang disebut seniman. Memang dahulu belum ada pembedaan antara seniman dan tukang. Pemahaman seni adalah yang merupakan ekspresi pribadi belum ada dan seni adalah ekspresi keindahan masyarakat yang bersifat kolektif. Yang demikian itu ternyata tidak hanya terdapat di India dan Indonesia saja, juga terdapat di Barat pada masa lampau.

Dalam bahasa Latin pada abad pertengahan, ada terdapat istilah-istilah ars, artes, dan artista. Ars adalah teknik atau craftsmanship, yaitu ketangkasan dan kemahiran dalam mengerjakan sesuatu; adapun artes berarti kelompok orang-orang yang memiliki ketangkasan atau kemahiran; dan artista adalah anggota yang ada di dalam kelompok-kelompok itu. Maka kiranya artista dapat dipersamakan dengan cilpa.

Ars inilah yang kemudian berkembang menjadi l'arte (Italia), l'art (Perancis), elarte (Spanyol), dan art (Inggris), dan bersamaan dengan itu isinyapun berkembangan sedikit demi sedikit kearah pengertiannya yang sekarang. Tetapi di Eropa ada juga istilah-istilah yang lain, orang Jerman menyebut seni dengan die Kunst dan orang Belanda dengan Kunst, yang berasal dari akar kata yang lain walaupun dengan pengertian yang sama. (Bahasa Jerman juga mengenal istilah die Art, yang berarti cara, jalan, atau modus, yang juga dapat dikembalikan kepada asal mula pengertian dan kegiatan seni, namun demikian die Kunst-lah yang diangkat untuk istilah kegiatan itu).

Yunani yang dipandang sebagai sumber kebudayaan Eropa walaupun sejak awal sejarahnya sudah mengenal filsafat dan juga fisafat seni, ternyata tidak juga memiliki kata yang dapat disejajarkan dengan pengertian kita sekarang tentang seni. Istilah yang paling dekat dengan pengertian itu ialah ?hne??ng sekarang kita kenal memiliki hubungan langsung dengan perkataan ?nik??

Pengertian Dasar Tentang Lingkup Senirupa

Kata seni yang bersumber dari bahasa asing itu menekankan arti pada hasil aktivitas seniman. Lingkup seni sebagai hasil aktivitas artistik yang meliputi seni suara, seni gerak dan seni rupa sesuai dengan media aktivitasnya. Media dalam hal ini mempunyai arti sarana yang menentukan batasan-batasan dari lingkup seni tersebut.

Media sebagai sarana aktivitas seni dapat menghasilkan karya seni setelah melalui proses penciptaan seniman berdasarkan pertimbangan artistik (nilai artistik). Jadi karya seni sesuai dengan media yang dipakai meliputi jenisnya; antaranya senirupa (visual art).

Pengertian dasar tentang lingkup senirupa (visual art) sesuai dengan media aktivitas:
Seni Murni:
Seni Lukis
Seni Patung
Seni Grafis

Disain:
Disain Grafis (Komunikasi Visual)
Disain Interior
Disain Produk (Disain Industri)

Kria:
Kria Tekstil
Kria Kayu
Kria Keramik
Kria Gelas, dll.


Pada masa lampau tidak ada perbedaan yang tegas antara seniman dan kriawan, antara artists dan craftsman. Charles Batteaux (1713-1780) membedakan seni menjadi dua, yaitu:
Seni murni (fine art/ pure art)
Seni terapan (useful art/ applied art)

Dengan timbulnya istilah seni murni (fine art) dalam abad 18 mulailah terjadi perbedaan yang mendasar tentang seni murni dan seni pakai.

Seni berkembang terus, dan pada abad 19 ada usaha untuk menyatukan kembali antara seni dan kria, dalam sejarah senirupa, kita mengenal lahirnya Werkstatte di Austria dan Bauhaus di Jerman merupakan suatu usaha untuk menyatukan kembali seni murni dan seni pakai. Lahirlah istilah yang kita kenal sekarang dengan sebutan disain industri.

Namun demikian, perkembangan senirupa sejak tahun 60an sampai sekarang telah menunjukkan suatu perkembangan yang berbaur dengan berbagai disiplin seni, seperti munculnya seni Happening, seni Instalasi, Multimedia dan lain-lain, juga batasan antara seni kria yang betul-betul memiliki kemahiran teknik (buatan tangan) dengan campuran yang menggunakan alat industri, juga perkembangan teknologi fotografi yang demikian maju.

Sementara ada yang memberikan pengertian sebagai berikut:
Pengertian SeniDefinisi Seni. Jika ditinjau dari berbagai sudut pandang, seni memiliki banyak makna, salah satunya yaitu “Seni merupakan pengekspresian cita rasa yang diluapkan dalam satu karya yang dapat dikatakan unik”. Untuk lebih lanjut memahami tentang Definisi Seni, berikut ini akan di bahas Pengertian Seni, Cabang-cabang seni serta macam-macamnya.
Seni merupakan sinonim dari ilmu, karna seni pada mulanya adalah proses dari manusia. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia.
Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai, bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu, dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu. Sekalipun demikian, banyak seniman mendapat pengaruh dari orang lain masa lalu, dan juga beberapa garis pedoman sudah muncul untuk mengungkap gagasan tertentu lewat simbolisme dan bentuk (seperti bakung yang bermaksud kematian dan mawar merah yang bermaksud cinta) – id.wikipedia.org
Pesan Sponsor

Definisi Seni dari Segala Sudut Pandang
  1. Ketrampilan mengolah sesuatu menjadi karya yang menawan
  2. Ungkapan jiwa dan perasaan seseorang yang dituangkan ke dalam kreasi dalam bentuk gerak, rupa, nada dan syair
  3. Pada mulanya adalah proses dari manusia, oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu
  4. Kreatifitas yang telah ada ( alamiah ) maupun diciptakan manusia diberbagai macam hal di dunia
  5. Barang/karya/hasil dari sebuah kegiatan
  6. Kebebasan berkarya yang dilatar belakangi oleh jiwa
  7. Senjata hidup para pelaku seni ( sniman )
  8. Ekspresi yang dicurahkan dari dalam jiwa manusia
  9. Hasil aktifitas seseorang
  10. Istilah yang digunakanuntuk semua karya yang dapat menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya
  11. Penyampaian gagasan, sensasi, dan perasaan dengan seefektif mungkin
  12. Salah satu tolak ukur kapasitas ke-melankolis-an manusia
  13. Kekayaan yang mutlak ada pada diri manusia tersebut, tinggal bagaimana manusia tersebut dapat mengolahnya menjadi asset yang berharga atau hanya menjadi kekayaan yang disfungsi
  14. Penjelasan rasa indah yang terkandung dalam jiwa setiap manusia, dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi ke dalam bentuk yang dapat ditangkap oleh indra pendengar ( seni suara), penglihatan( seni lukis ), atau dilahirkan dengan perantara gerak ( seni tari, drama)
  15. Segala sesuatu yang berkaitan dengan karya cipta yang dihasilkan oleh unsure rasa
  16. Pengekspresian cita rasa yang diluapkan dalam satu karya yang dapat dikatakan unik
  17. Kegiatanatau hasil pernyataan perasaan keindahan manusia
  18. Suatu karya yang mempunyai daya tarik tersendiiri
  19. Keindahan yang bersifat unik dan dilampiaskan dengan suatu karya
  20. Luapan psikologi manusia yang dikembangkan lewat pemikiran yang kreatif dan cerdas
  21. Rangkaian dari kemauan, inspirasi, dan karya manusia
22.  Dari segala definisi yang ada di atas, dapat disimpulkan bahwa definisi seni yang sejatinya adalah segala hal indah yang dirasakan oleh jiwa manusia dan diungkapkan melalui sebuah karya dengan berbagai media. – (Sumber: Ekonomi.Kompasiana.Com)
Cabang-cabang Seni
1.             Seni Rupa
2.             Seni Tari/gerak
3.             Seni Suara/Vocal/Musik
4.             Seni Sastra
5.             SeniTeater/drama
Teori Seni Rupa Menurut Para Tokoh
1.             Ki. Hadjar Dewantara
Seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dan bersifat indah, menyenangkan dan dapat menggerakan jiwa manusia,
2.             Herbert Read
Aktivitas menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan,
3.             Ahdiat Karta Miharja
Kegiatan rohani yang merefleksi pada jasmani, dan mempunyai daya yang bisa membangkitkan perasaan/jiwa orang lain.
Macam-Macam Seni Rupa :
Seni Rupa Menurut Fungsinya :
·                                 Seni Rupa Murni (Fine Art) :
Seni rupa yang diciptakan tanpa mempertimbangkan kegunaannya atau seni bebas (Free Arat).
Contoh : seni lukis, seni patung, seni grafika dll.
·                                 Seni Rupa Terapan/pakai (Applied Art):
* Seni lukis
Karya seni dua demensi yang bisa mengungkapkan pengalaman atau perasaan si pencipta. Pelukis yang sedang sedih akan tercipta karya yang bersifat susah, sedangkan pelukis yang sedang gembira akan tercipta karya yang riang. Karya tersebut terlihat pada goresan, garis-garis dan pewarnaan.
* Seni Kriya
Karya seni terapan yang mengutamakan kegunaan dan keindahan (estetis) yang bisa menarik konsumen. Seni kriya/kerajinan (handy Craff) ini biasanya untuk hiasan dan cenderamata. Karena karya ini termasuk karya yang di perjual belikan dan berguna bagi kehidupan masyarakat sehari- hari baik untuk alat rumah tangga maupun untuk hiasan. Bahkan satu desain kriya ini bisa di produksi dalam jumlah banyak oleh industri dan di pasarkan sebagai barang dagangan.
* Seni Patung
Seni Patung termasuk karya 3 Demensi. Karya seni ini termasuk seni murni yang diciptakan untuk mengungkapkan ide-ide dan perasaan dari seniman yang mempunyai nilai estestis yang tinggi.
* Seni Dekorasi
Karya seni yang bertujuan menghias suatu ruangan agar lebih indah.
Contoh : Interior (dalam ruang : kamar, ruang pertemuan, panggung, dll)
Eksterior (luar ruang : taman, kebun)
* Seni Reklame
Reklame berasal dari Bahasa Latin (Re dan Clamo) artinya berteriak berulang-ulang. Tujuannya untuk mempengaruhi, mengajak, menghimbau orang lain. Contoh : iklan, spanduk, poster, dll
Macam-Macam Seni Suara/Musik :
1.             Musik klasik
2.             Musik jazz
3.             Musik pop
4.             Musik bosa
5.             Musik rock
6.             Musik tradisional, dll.
Macam-Macam Seni Tari/Gerak :
1.             Tari klasik
2.             Tari kreasi baru
3.             Tari tradisional
4.             Tari modern, dll.
Macam-Macam Seni Sastra :
1.             Puisi
2.             Cerpen
3.             Prosa (Kata)
4.             Pantun
5.             Dll
Macam-Macam Seni Teater/Drama :
1.             Teater lama
2.             Teater komedi
3.             Teater baru
4.             Sendratasik (seni drama dan musik)
Sumber: CrayonPedia.org

C. IMAN DAN PENGERTIANNYA
Pengertian iman dari bahasa Arab yang artinya percaya. Sedangkan menurut istilah, pengertian iman adalah membenarkan dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan tindakan (perbuatan). Dengan demikian, pengertian iman kepada Allah adalah membenarkan dengan hati bahwa Allah itu benar-benar ada dengan segala sifat keagungan dan kesempurnaanNya, kemudian pengakuan itu diikrarkan dengan lisan, serta dibuktikan dengan amal perbuatan secara nyata.
Jadi, seseorang dapat dikatakan sebagai mukmin (orang yang beriman) sempurna apabila memenuhi ketiga unsur keimanan di atas. Apabila seseorang mengakui dalam hatinya tentang keberadaan Allah, tetapi tidak diikrarkan dengan lisan dan dibuktikan dengan amal perbuatan, maka orang tersebut tidak dapat dikatakan sebagai mukmin yang sempurna. Sebab, ketiga unsur keimanan tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan.
Beriman kepada Allah adalah kebutuhan yang sangat mendasar bagi seseorang. Allah memerintahkan agar ummat manusia beriman kepada-Nya, sebagaimana firman Allah yang artinya:
“Wahai orang-orang yang beriman. Tetaplah beriman kepada Allah dan RasulNya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al Qur’an) yang diturunkan kepada RasulNya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasulNya, dan hari kemudian, maka sungguh orang itu telah tersesat sangat jauh.” (Q.S. An Nisa : 136)
Ayat di atas memberikan penjelasan bahwa Bila kita ingkar kepada Allah, maka akan mengalami kesesatan yang nyata. Orang yang sesat tidak akan merasakan kebahagiaan dalam hidup. Oleh karena itu, beriman kepada Allah sesungguhnya adalah untuk kebaikan manusia
Dalam salah satu artikel Kristen memberikan pengertian iman sebagai berikut;
Iman
(Faith)


Pendahuluan
Lukas 18: 8b, “Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi ? “

Yesus berkata adakah Ia mendapati  ‘iman’ ?  Jadi bukan ‘materi’, dsb.


PertanyaanApakah  ‘iman’  itu?

I. Definisi  iman  secara umum:

1.1.  Iman   adalah  melihat kepada sesuatu yang belum kelihatan.
contoh:  Kejadian 15: 3- 6!

1.2. Iman  adalah ditengah- tengah  sesuatu yang tidak mungkin, kita mengatakan mungkin’.
contohBilangan 13: 30 !

1.3.  Iman   adalah  percaya kepada sesuatu yang tidak masuk akal.
contoh: I Raja 18: 41!


II. Definisi  iman yang sesungguhnya:

Baca Ibrani 11: 1  (KJV) !

Now faith is the substance of things hoped for, the evidence of things not seen.”
(Sekarang, iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat)

Jadi dari ayat ini ada tiga kata yang sangat penting mengenai  iman”:

1. Sekarang (right now)
“ Now faith is ..........
Iman itu sangat berhubungan dengan waktu. Yaitu waktu ‘sekarang’ (Now faith is). Bukan kemarin atau besok!

Illustrasi:  Apabila anda sakit perut berat. Kemudian saudara berdoa untuk supaya Tuhan menyembuhkannya. Setelah selesai berdoa saudara masih merasakan sakit itu. Lalu saudara pikir mungkin Tuhan akan sembuhkan besok. Sebenarnya saudara tidak punya iman. Karena iman tidak berhubungan dengan   waktu besok. Melainkan waktu sekarang. Jadi seharusnya saudara, setelah berdoa, sekalipun masih merasakan sakit, yakin percaya dan mengucap syukur untuk kesembuhan.

Baca  Filipi 4: 6;  1Yohones 5: 14- 15     


2. Dasar (substance)
“Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan”
Jadi iman mempunyai satu dasar.

Pertanyaan: Apakah dasar dari iman itu?
Jawab: Dasar dari iman itu adalah Allah sendiri. Allah sendiri yang mengatakan bahwa Ia mengasihi kita dengan memberikan Yesus, anakNya yang tunggal, kepada kita supaya barang siapa yang percaya kepadaNya tidak akan binasa, melainkan akan beroleh hidup yang kekal. Kemudian Allah sendiri mempunyai kuasa untuk melakukan segala sesuatu yang telah Ia janjikan kepada kita.

Jadi dasar dari iman kita adalah kasih dan kuasa Allah itu sendiri.


3. Bukti  (evidence)
“Iman juga merupakan bukti dari segala sesuatu yang kita tidak lihat”
Jadi iman juga mempunyai bukti.

Pertanyaan: Apakah bukti dari iman itu ?
Jawab: Firman Allah!
Roma 10: 17, mengatakan  “Iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.”

Jadi iman itu datang,  ketika kita mendengarkan firman Allah. Itulah bukti dari iman kita. Yaitu firman Allah yang datang kepada kita.

Illustrasi:
a. Dalam kehidupan sehari- hari
Suatu kali saya datang kepada Ruth dan berkata, ‘Ruth, besok siang kita makan siang di Mac Donald’. Lalu ketika Ruth mendengar perkataan saya itu, maka  ‘segera’ ia berkata (memberi respond), ‘Iyeee, Thank you Papi. Kemudian Ruth berkata kepada adiknya, ‘Grace, papi bilang  besok kita makan siang di Mac Donald’.

Pertanyaan: Kenapa Ruth segera atau seketika itu juga bergembira dan langsung berterima kasih kepada saya dan bahkan datang kepada Grace untuk memberitahukan hal itu kepada adiknya?
Jawab: Karena, seketika itu juga, Ruth sudah melihat Mac-Chicken yang akan dinikmatinya besok. Itulah sebabnya ia bergembira dan  berterima kasih kepada saya,  seketika itu juga (right now).

Pertanyaan: Kenapa Ruth sudah dapat melihat Mac-Chicken itu, seketika?
Jawab: Karena ia sudah tahu kalau saya ayahnya. Dan setiap kali saya berjanji kepadanya untuk makan Mac Donald, saya selalu tepati. Oleh sebab itu Ruth tahu kalau saya mengasihi dia dan saya punya kuasa untuk membawa dia ke Mac Donald besok.

Jadi dasar  dari iman  Ruth adalah saya sendiri:  Ruth tahu kalau saya mengasihi dia dan saya punya kuasa untuk membawa dia ke Mac Donald.
Dan bukti dari iman Ruth adalah perkataan saya:  Ruth dengar sendiri perkataan saya, yang berbunyi  ‘Ruth besok siang kita akan makan di Mac Donald’.
Oleh sebab itu, pada saat Ruth mendengar perkataan saya, untuk mengajak ia makan siang besok ke Mac Donald, maka seketika itu juga (right now) ia bergembira dan berterima kasih kepada saya.

b. Kejadian Petrus berjalan diatas air   (Matius 14: 22- 33)
Jelaskan latar belakangnya.

Dari kejadian ini kita dapat kembali kepada definisi iman:

Pertanyaan: Kenapa Petrus dapat berjalan diatas air?
Jawab: Karena pada waktu itu ia mempunyai iman.
Pertanyaan: Apakah dasar dari iman Petrus?  
Jawab: Dasar dari iman Petrus adalah Tuhan Yesus. Ia tahu bahwa Yesus mengasihi dia dan Yesus mempunyai kuasa untuk membuat ia dapat berjalan diatas air.

Pertanyaan: Apakah bukti dari iman Petrus?
Jawab: Bukti dari iman Petrus adalah firman Allah (perkataan Tuhan Yesus), yang mengatakan, “Datanglah”.

Pertanyaan: Apa yang telah dilakukan Petrus, setelah Tuhan Yesus mengatakan kepadanya, ‘datanglah’?
Jawab: Petrus segera melangkahkan kakinya keluar dari perahu dan berjalan diatas air.

Seandainya pada waktu itu Petrus bertanya terlebih dahulu kepada Yakobus, “Guru menyuruh saya untuk datang kepadaNya. Bagaimana pendapatmu?”  
Pertanyaan: Apakah Petrus dapat berjalan diatas air?
Jawab: Tidak. Karena iman Petrus tidak lagi sekarang atau ‘right now’. (Ingat: iman selalu berhubungan dengan waktu seketika itu juga).

Jadi yang menyebabkan Petrus dapat berjalan diatas air adalah imannya yang didasari oleh pribadi Yesus dan disertai dengan bukti yaitu perkataan Yesus (firman Allah) yang ia tanggapi seketika itu juga.
Pertanyaan: Kenapa Petrus sampai tenggelam kedalam air?

Alkitab mengatakan, ayat 30, “When he saw the wind, he was afraid and, ......”

Pertanyaan: Apakah kita dapat melihat kepada angin?
Jawab: Tidak!

Sebenarnya disini penulis mengatakan bahwa Petrus melihat akibat dari angin badai tersebut, yaitu gelombang yang besar.
Jadi ketika Petrus melihat kepada gelombang yang besar, maka ia menjadi takut. Lalu tenggelam kedalam air.

Faith and fear can never exist together !
Jadi ketika rasa takut mulai timbul, maka iman bergeser dari dalam diri Petrus.

Faktor utama yang membuat Petrus tenggelam kedalam air adalah, karena mata jasmaninya melihat kepada gelombang yang besar. Dan ketika mata jasmaninya melihat kepada gelombang yang besar maka rasa takut timbul sehingga imannya bergeser.
Ingat pristiwa pengutusan kedua belas pengintai (Bil. 13: 1- 33).

Burung rajawali satu- satunya jenis burung yang memiliki dua kelopak mata. Kelopak mata yang pertama (yang dikenal ordinary eyelid) itu digunakan ketika ia sedang berada didarat atau tidak terbang (di bukit batu, puncak bukit batu, gunung atau pohon yang tinggi). Tetapi ketika ia sedang diudara maka ia memakai kelopak mata yang kedua (extraordinary eyelid). Hal ini untuk menghindarkan tekanan angin, matahari, dan gangguan dari ranting- ranting pohon, ketika ia sedang menyerang mangsanya.

Aplikasi: Orang kristen memilki dua mata: yaitu mata jasmani (ordinary eye) dan kedua adalah mata rohani (extraordinary eye). Baca  2Kor. 4: 18 ,   2 Raja 6: 8- 23!

Cara untuk beroleh mata rohani adalah dengan jalan berdoa dan membaca firman Allah.

Penglihatan yang tajam
Burung rajawali selalu membuat sarangnya disuatu tempat yang tinggi yang sulit untuk didatangi oleh manusia. Umumnya burung rajawali ini membuat sarangnya dibukit batu, puncak bukit batu, digunung atau diatas pohon yang sangat tinggi (Ay. 39: 29- 32).
Burung rajawali adalah salah satu jenis binatang yang memiliki daya penglihatan yang sangat tajam. Hampir lima kali dari lebih tajam dari pada penglihatan manusia. Mata burung rajawali ini seperti sebuah teropong dengan dua lensa. Dengan demikian ia dapat mengamati/ mendeteksi mangsanya dari sarangnya  dan dari ketinggian ratusan kaki, ketika ia sedang membumbung tinggi diudara. Bahkan seekor tikuspun dapat ia deteksi dari ketinggian ratusan kaki diudara.  

Karena burung rajawali ini memiliki penglihatan yang sangat tajam, maka ada dua hal yang memberi keuntungan bagi burung ini:
a. Dari kejauhan (jarak jauh) ia sudah dapat mengetahui badai atau bahaya lain yang akan mengacam dirinya. Burung rajawali tidak lari dari badai melainkan ia dapat terbang melintasi badai.
b. Dari ketinggian diudara (jarak jauh) ia sudah dapat mengamati bangsanya yang dibawa (kelinci, rusa, beruang, ular, tikus, dll.) ataupun disungai dan lautan (ikan- ikan). Ia dapat melihat/ mengamati  daerah yang seluas lima miles.

Ketajaman penglihatan dari burung rajawali ini bertumbuh melalui kedewasaan.

Aplikasi: Allah mau setiap anakNya bertumbuh menjadi dewasa, supaya mata rohani kita semakin tajam dan dapat mendeteksi situasi yang ada disekitar kita.

Dalam hal ini, bukan berarti bahwa apabila kita sedang diperhadapkan dengan masalah maka kita harus menutup kedua mata jasmani kita, supaya tidak melihat kepada masalah kita. Tidak.

Ada tiga hal yang perlu kita ketahui dari Matius 14: 22- 33 :
1. Yesus mengetahui apa yang akan terjadi dalam hidup kita (ayat 24- 25)
2. Yesus melindungi orang yang dikasihiNya (ayat 26- 27)
3. Yesus mempunyai kuasa atas alam semesta  (ayat 32)

Sikap kita didalam menghadapi persoalan adalah memandang kepada Yesus dan menyerahkan semua masalah kita kepadaNya (1 Petrus 5: 7). Yakin percaya bahwa Dia dapat menangani persoalan kita.


Konklusi:

* Iman yang kecil dapat membawa jiwa kita kesorga, tetapi iman yang besar dapat membawa sorga kedalam jiwa kita *


Dari contoh-contoh dia atas mari kita ambil konklusi tentang tema kita di artikel mendatang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN )

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN ) Prabu Dasamuka menyerahkan Dewi Sinta yang diculiknya, di bawah pengawasan Dewi Trijata di Taman Argasoka, kemenakannya. Sementara Regawa alias Rama terus mencari istrinya yang hilang. Ia sudah mendapat petunjuk dari Jatayu bahwa Sinta diculik raja Alengka bernama Prabu Dasamuka. Perjalan Rama ke Alengka disertai Laksamana, adiknya, dan Prabu Sugriwa serta seluruh bala tentara Kerajaan Guwakiskenda. Setelah membangun perkemahan di daerah Mangliawan, Ramawijaya mengutus Anoman untuk menjadi duta, menemui Dewi Sinta di Keraton Alengka. Hal ini membuat iri Anggada, sehingga terjadi perkelahian dengan Anoman. Rama kemudian menyadarkan Anggada, bahwa nanti akan ada tugas penting lainnya bagi Anggada. Perjalanan Anoman ke Alengka ternyata penuh hambatan. Mulanya ia berjumpa dengan Dewi Sayempraba, salah seorang istri Prabu Dasamuka. Anoman dirayu, dan diberi hidangan buah-buahan beracun. Akibatnya Anoman menjadi buta. Untunglah ia ditol

DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA

 Download Kumpulan MP3 Gending Jawa dan Lagu Jawa DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA MP3 GENDHING JAWA http://piwulangjawi.blogspot.com/p/mp3-gending-jawi.html GENDHING-GENDHING JAWA DALAM FORMAT MP3  DIPERSILAHKAN KEPADA STRISNO BUDAYA JAWA UNTUK MENGUNDUH ANEKA GENDHING JAWA KLASIK I : 001.  BENDRONGAN – PUCUNG RUBUH – GANDRUNG MANIS – DANDANGGULA BANJET – ASMARADANA JAKALOLA.mp3 002.  BW. GAMBUH LGM. LELO LEDHUNG – LDR. SARAYUDA – LAGU ONDHE-ONDHE Pl. Br.mp3 003.  BW. LEBDAJIWA – KUTUT MANGGUNG Pl. Br.mp3 004.  BW. MUSTIKENGRAT – GENDHING CANDRA -LDR. SRI HASCARYA – LDR. WESMASTER Sl.9.mp3 005.  BW. SEKAR AGENG SUDIRAWARNA – UDAN BASUKI – LIPUSARI – GAMBUH Sl. Mny.mp3 006.  BW. SUDIRAWARNA – GENDHING WIDASARI – LDR. LIPUR SARI Sl. Mny.mp3 007.  GENDHING BANDILORI – LDR. ELING-ELING – KTW. PRANA ASMARA – SLEPEG MAWA PALARAN Pl. Br.mp3 008.  GENDHING BONANG SLEBRAK PL.5.mp3 009.  GENDHING BUDHENG-BUDHENG – LDR. SARAYUDA Pl.6.mp3 010.  GENDHING