Hermawan
Kartajaya: Indonesia 2014, Wow!
http://ekonomi.kompasiana.com/marketing/2013/12/17/hermawan-kartajaya-indonesia-2014-wow-619102.html
Hermawan
Kartajaya, CEO dan Founder
MarkPlus, Inc., yang dikenal sebagai
guru marketing Indonesia dengan reputasi internasional, memprediksi
perkembangan ekonomi Indonesia tahun 2014 dengan satu kata, “WOW!”
Tulisan
ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang mengulas sekilas “The MarkPlus
Conference 2014″ dengan
judul artikel “Oleh-Oleh
dari The MarkPlus Conference 2014″. Di artikel ini sudah saya jelaskan bahwa Hermawan Kartajaya
menggambarkan kondisi ekonomi
Indonesia tahun lalu (2012), tahun ini (2013) dan tahun depan (2014) dengan
kata-kata yang unik, singkat dan mengena. Ini dia gambaran ekonomi Indonesia,
hanya dengan satu kata :
Tahun
2012: Oke
Tahun
2013: Aha
Tahun
2014: Wow!
Penggambaran
yang unik bukan?
Hermawan
menjelaskan yang dimaksud “Oke” adalah bahwa kondisi ekonomi Indonesia tahun
2012 cukup baik. Yang dimaksud “Aha”, kondisi ekonomi Indonesia tahun 2013
lebih baik lagi dan bisa dibilang menggembirakan walaupun kenyataanya tidak sesuai
prediksi para ekonom dam marketer.
Dan
bagaimana dengan tahun 2014? Hermawan memprediksi kondisi ekonomi Indonesia
dari kacamata marketeer adalah “Wow!”. Mengapa sang guru marketing ini
menggambarkan kondisi ekonomi Indonesia dengan kata “Wow!”? Menurut Hermawan,
bagaimana pun kondisi ekonomi dan politik saat ini, seorang marketeer, selalu
melihatnya sebagai peluang dan tantangan.
Walaupun
kondisi ekonomi Indonesia akhir tahun ini kurang baik, ditandai dengan
menguatnya nilai tukar dolar terhadap rupiah, kondisi ekonomi Indonesia tahun
depan tatap menantang. Saat itu juga Hermawan Kertajaya bersama seluruh peserta
seminarmendeklarasikan “Indonesia WOW!” sebagai bukti optimisme ekonomi Indonesia tahun 2014.
Menurut
Hermawan Kartajaya, rakyat Indonesia sudah semakin dewasa, bisa membedakan mana
urusan politik dan mana urusan ekonomi. Bahkan gonjang-ganjing politik di tanah
air, menjelang dua hajatan politik besar tahun 2014 (pemilu leigislatif dan
pemilu presiden) tak akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Bagi kalangan
bisnis dan marketing, Pemilu 2014 bahkan dianggap sebagai peluang yang akan
menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Berikut
ini, inti dari presentasi Hermawan Kartajaya yang berjudul “Market-ing in
The NEW New Indonesia” di MarkPlus Conference 2014. Hermawan, menegaskan bahwa tahun 2014 adalah tahunnya marketing.
Untuk menghadapi dan mengelola Tahun Marketing ini, Hermawan menyebut ada
12 prinsip yang layak diperhatikan, khususnya bagi para pemasar.
1.
Perhatikan anak muda.
2.
Hanya perempuan yang bisa memahami perempuan.
3.
Merangkul komunitas netizen.
4.
Untuk menjadi kuat, berperilakulah selayaknya sebagai manusia.
5.
DNA merek itu dibuat dan bukan dilahirkan.
6. Connect dan Re-Connect menjadi kunci utama.
7. New Wave
Marketing tidaklah menggantikan Legacy
Marketing.
8. Get, Keep, and
Grow.
9.
Para advocates merek adalah para repeaters yang terbaik.
10.
Hargai keragaman Indonesia.
11. Championship is
not Leadership
12.
Menjadi sahabat yang peduli.
Dihibur Slank dan JKT48
Dalam
kesempatan itu juga, MarkPlus memberikan award kepada grup band legendaris “Slank” dan girl band “JKT48”.
Slank mendapat award “Lifetime New Wave Marketing Award 2013”, karena dinilai Mampu menjaga brand dan
memasarkan produk-produk musiknya kepada masyarakat sebagai konsumennya selama
30 tahun.
Komentar
Posting Komentar