Langsung ke konten utama

KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN BERBASIS SPIRITUAL

KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN BERBASIS SPIRITUAL
Bandung, 4 Juni 2013

"Spiritualitas juga sangat erat berkaitan dengan konsep jiwa, sehingga menentukan suatu prinsip bahwa esensi hidup ini bukanlah materi belaka. Maka spiritualitas tanpa jiwa tidak masuk akal...."



Masih banyak orang yang belum faham betul tentang apa yang dimaksud dengan spiritualitas. Menurut kamus Merriam Webster “spiritualitas memiliki pengertian tentang sesuatu yang sangat religius, atau sesuatu yang berkaitan dengan semangat dan hal-hal sakral”. Tentu saja melalui pencarian dan pengalaman hidup, seseorang memiliki kebebasan untuk memaknai tentang pengertian spiritual ini. Pengertian spiritual ini juga sering dikaitkan dengan agama, terutama yang berkaitan dengan pertanyaan: apakah agama itu merupakan tujuan dari spiritualitas, atau sebaliknya bahwa agama adalah sarana dan/atau prasarana untuk mencapai tujuan spiritual? Spiritualitas juga sangat erat berkaitan dengan konsep jiwa, sehingga menentukan suatu prinsip bahwa esensi hidup ini bukanlah materi belaka. Maka spiritualitas tanpa jiwa tidak masuk akal. Konsep jiwa digunakan untuk membedakan antara manusia dengan hewan. Tentu saja dalam dunia hewan kita tidak akan berbicara tentang nilai-nilai kemanusiaan, kontemplasi, belas kasih dan hati nurani, atau diwakili dalam satu kata disebut jiwa.

Namun manusia sebagai mahluk material-biologis tidak terlepas dari sifat hewaniah, secara faktual manusia memiliki sisi naluri hewaniah sehingga berlomba mengejar kepentingan material. Bahkan adanya sifat hewaniah ini menjadi sejarah dan evolusi tentang kisah kemanusiaan. Sebaliknya, tidak diragukan lagi - bagi mereka yang bukan penganut faham atheis - bahwa kita semua mengakui berasal dari Tuhan. Jika kita gagal untuk memahami hal ini, kita tidak akan berhubungan dengan sejarah kita sendiri dan karena itu akan terasing dari jiwa kita sendiri. Oleh karena itu bagaimana pertamakali kita menjadi manusia? Para evolusionis akan berkata bahwa hal itu telah terjadi melalui seleksi alam. Para kreasionis akan mengatakan bahwa kita telah diciptakan sebagai model atau representasi ideal dari Tuhan. Tulisan suci Weda mengkonfirmasi bahwa representasi ideal bukanlah wujud atau bentuk tertentu.
Dalam kepercayaan Hindu, Tuhan dapat direpresentasikan dalam simbol ikan (Matsya) atau babi hutan (Varaha), dan bisa juga berupa matahari, bulan dan langit. Begitu juga bisa memiliki bentuk manusia atau bentuk spiritual seperti Vishnu dengan empat lengan. Dengan demikian kita diciptakan bukan dalam konsep bentuk, akan tetapi sebagai konsep ruhaniah. Dengan adanya model atau representasi tersebut, tidak lain untuk mencerahkan esensi spiritualitas kita yang ideal. Jika pertanyaannya bagaimana roh ideal kita dihadirkan, maka jawaban yang jauh lebih mudah adalah dari penderitaan kita di dunia material. 

Semangat dan cita-cita yang dibentuk akan menjadi apa yang ada pada kita sekarang. Dan kini dunia tengah bingung dan tidak pasti tentang kelangsungan hidup dan masa depan budaya. Apakah kita akan mengalami degradasi atau kita akan bangkit dari abu pengalaman peperangan yang mengerikan dan segala pembusukan sosial? Banyak yang skeptis tentang pertanyaan esensi jiwa, tentang cita-cita dan nilai-nilai kemanusiaan, bahwa hal tersebut masih bisa diharapkan. Dewasa ini orang lebih suka berpegang pada simplifikasi dari pandangan evolusi Darwinisme, dengan semboyan survival of the fittest sambil mengenakan dasi dan mobil mentereng . Kita kembali harus mendefinisikan jiwa kita yang menjamin nilai-nilai kemanusiaan kita: melebarnya konflik tentang nilai-nilai kemanusiaan dapat mengaburkan visi yang jelas tentang masa depan. Hanya dari kejelasan demikian, kita bisa berbicara tentang spiritualitas tercerahkan dan jiwa masyarakat yang terbebaskan.




Sejauh ini, di seluruh dunia, hampir semua konsep telah diambil dari nilai-nilai sekuler dan materialistik yang telah berkembang dalam dunia komersial kompetitif. Manajemen tak sekadar berkaitan dengan dunia bisnis dan industri, akan tetapi juga melingkupi semua aspek usaha atau kerja manusia. Oleh karena itu, sudah saatnya bahwa para ilmuwan manajemen menengok kembali pada esensi spiritualis manusia, baik yang melandasi kebijakannya, cita-citanya maupun ide dari konsep spiritual dan filosofinya. Hal ini menjadi penting karena planet ini dan penghuninya harus diselamatkan dari kecenderungan memburuk yang hadir hampir di semua lapisan masyarakat, yang bahkan dapat membahayakan kehidupan planet ini. Kita harus mulai mengkritisi kembali tentang konsep kepemimpinan yang berasaskan pada kebijakan konvensional, yang ditransmisikan melalui lembaga pendidikan dan pelatihan, yang mengajarkan pengetahuan tingkat rendah yang hanya berdasarkan pada alat indera, akal dan pikiran. Pengembangan harus ditingkatkan ke arah pengetahuan tingkat tinggi yang “membungkam pikiran” dan membuka spiritualitas. Para tokoh bijak telah menemukan misteri alam – mikro dan makro kosmos - tanpa peralatan apapun, seperti evolusi, kecepatan cahaya, gerakan planet, gravitasi, dan usia bumi.

Dewasa ini para sarjana dan ilmuwan dari seluruh dunia tengah mencari solusi untuk masalah yang menimpa planet, hewan dan manusia. Konsep kebijakan, kepemimpinan, manajemen, administrasi dan lain sebagainya, dewasa ini tidak mampu menangkap tren memburuk yang terjadi di segala sektor. Suatu era dimana setiap tindakan, transaksi dan/atau interaksi lebih bersifat komersial, hampir semua motivasi didasarkan pada kepentingan diri sendiri, yang akhirnya bermuara pada eksploitasi manusia, dan hal ini sedang berlaku di seluruh dunia. Dalam segala sektor, kepemimpinan cenderung untuk menghancurkan umat manusia daripada mengangkatnya ke derajat dan martabat yang lebih tinggi. Paul Sweezy, seorang pemikir sosialis dengan sarkasme telah menulis bahwa "Para pengusaha telah menciptakan korporasi, sedangkan para manajer diciptakan oleh korporasi. Para pengusaha mencuri dari korporasi sedangkan manajer mencuri untuk kepentingan korporasi ". Secara jujur harus diakui, bahwa bukti dari fenomena ini dapat terlihat pada setiap sektor dan bidang kegiatan manusia. Skandal dan manipulasi – baik secara laten atau manifes – telah umum berlangsung di beberapa organisasi. Korupsi misalnya, telah menjadi rangkaian cerita sehari-hari. Fundamentalisme dan ekstremisme telah melahirkan terorisme dan militansi. Kecenderungan radikalisme ini tidak dapat ditampung oleh konsep-konsep kepemimpinan dan manajemen konvensional.

Dalam organisasi formal, kegiatan para supervisor, manajer, eksekutif, pejabat, administrator dan lain sebagainya kewenangannya berasal dari undang-undang dan aturan. Sementara esensi kewenangan seorang pemimpin seharusnya lahir dari nilai-nilai rohani dan jasmani mereka. Para manajer perlu menyerap kualitas esensial kepemimpinan yang akan meningkatkan efektivitas mereka. Gandhi, Mao, Lincoln, dan bahkan Khomaeni adalah para pemimpin dengan sejumlah cita-cita dan nilai-nilai. Pemimpin dan manajer seyogyanya merupakan penguasa bijak dengan nilai-nilai luhur dan cita-cita. Dalam organisasi formal, baik pemerintah dan non-pemerintah, yang diwakili oleh para pemimpin politik, ekonomi, bisnis, sosial, pendidikan, ilmu pengetahuan, agama dan sebagainya, bahkan supervisor, pengawas, manajer, eksekutif, pejabat dan administrator memperoleh kewenangannya berdasarkan konstitusi, aturan, dan konvensi. 

Sementara para pemimpin informal di semua bidang usaha manusia mendapatkan wewenangnya berdasarkan kualitas dan tindakan mulia mereka, yang merupakan perpaduan dari atribut, kredibilitas dan integritas, serta kontribusi mereka kepada masyarakat dengan pelayanan, dedikasi dan komitmen tanpa pamrih untuk cita-cita dan kesejahteraan umat manusia, lingkungan dan alam. Orang dengan kategori demikian telah memiliki kualitas kepemimpinan tertentu, yang akan meningkatkan efektivitas mereka sebagai manajer dan administrator. Oleh karena itu, efektivitas manajerial mereka ditopang oleh keunggulan dalam bidang moral dan kualitas kepemimpinan yang etikal, sehingga mereka menjadi pemimpin yang baik serta dikagumi dan dipuja oleh masyarakat. 
Sepanjang sejarah, setiap negara memiliki pemimpin original yang menjalankan otoritas tidak hanya didukung oleh organisasi formal, akan tetapi juga didukung oleh masyarakat luas. Gandhi bukanlah anggota dari Partai Kongres, namun “fatwa”nya telah mewarnai hukum dan partai, dan begitu juga yang terjadi di Iran dalam masa kepemimpinan Imam Khomaeni. Seluruh masyarakat di India secara sukarela mengikuti cita-cita non-kooperasi terhadap penjajah dengan gerakan satyagraha. Sri Satya Sai Baba dan Amritanandamayi memiliki penggemar di seluruh dunia. Dengan karisma mereka, para pengikutnya bersedia melaksanakan pekerjaan sosial secara sukarela, demikian pula dengan Sri Ravi Shankar dan ratusan biksu lainnya yang telah memiliki organisasi di seluruh dunia. Para pengikut memuja guru dan melaksanakan misi mereka. Orang dengan kapasitas demikian dapat dianggap sebagai pemimpin spiritual. Sebagian besar umat mereka menerima nilai-nilai etika dan moral dan melaksanakan pelayanan tanpa pamrih, pengakuan dan kompensasi.

Mao Tse Tung adalah termasuk seorang pemimpin politik yang dikagumi jutaan umat manusia, yang tidak hanya melakukan misi membebaskan Cina dari penindasan asing, akan tetapi juga membantu dalam membangun kembali negara Cina. Salah satu contoh pengaruh kepemimpinannya adalah berkenaan dengan kunjungan Nixon ke negara Cina. Mao diberitahu bahwa kunjungan Nixon ke Cina harus ditunda karena mereka sulit menyingkirkan salju di jalan-jalan Peking. Mao pergi ke Radio Peking dan meminta warga untuk membersihkan salju dari jalan. Maka jutaan warga bergerak dalam upaya menyingkirkan salju tersebut. Dalam arena politik masa kini - termasuk di Indonesia - hampir tidak ada lagi orang yang mampu menginspirasi orang lain. Sebagian besar reputasi para pemimpin di tingkat legislatif kita didominasi oleh catatan pelanggaran moral. Sebagian dari mereka adalah korup, dan dalih dari korupsi tersebut adalah dampak dari sistem ekonomi-politik yang tidak pantas dari para aparatur birokrasi negara. Kurangnya kepemimpinan etik telah membuat pemerintah mengembangbiakan parasit yang meggerogoti wibawa pemerintahan itu sendiri.

Dalam era globalisasi seperti saat ini, seluruh transaksi dan/atau interaksi telah dikomersialisasikan. Hal ini didukung oleh media, dengan mengelu-elukan bintang film dan selebritis yang memiliki penggemar besar. Bahkan partai politik memanfaatkan mereka sebagai ikon untuk mengumpulkan suara mereka. Para pemilih dalam pilkada disuap dengan uang, dan dengan bujukan hedonisme lainnya. Dengan demikian kurang ada kesempatan lagi bagi para pemimpin politik tulen yang bakal muncul di negara kita. Para politisi membeli dan mempengaruhi media untuk mempengaruhi sikap dan nilai-nilai masyarakat. 
Pertimbangan komersial telah menjadi motivasi dominan di kalangan pelaku media. Oleh karena itu, kepemimpinan yang tulus dalam melayani rakyat sulit untuk muncul di bidang politik dan media. Meski tengah muncul fenomena baru di luar prediksi masyarakat tentang kepemimpinan gaya Jokowi di Indonesia yang memberikan harapan akan perubahan. Seorang pemimpin harus memiliki banyak kualitas mulia, seperti kejujuran, integritas, kerendahan hati, tidak mementingkan diri sendiri, dedikasi, komitmen, patriotisme, pelayanan tanpa pamrih, dan penuh pengorbanan, yang seharusnya sektor pendidikan tinggilah yang dapat menghasilkan pemimpin mulia seperti demikian. Dalam tradisi budaya kita terdahulu, ulama dan guru masih dianggap sebagai orang yang patut dihormati diatas rata-rata orang pada umumnya.

Dalam tradisi masa lalu seorang ulama atau pendeta adalah penasehat raja atau kaisar, dan mereka adalah orang yang sangat berpengetahuan dan bijaksana, benar-benar tanpa pamrih, diberkahi dengan cita-cita luhur, memiliki integritas dan kejujuran, serta meninggalkan kesenangan duniawiah untuk melayani umat manusia. Banyak risalah yang ditulis oleh para orang bijak dan filsuf, yang mendedikasikan hidup mereka untuk kesejahteraan umat manusia, lingkungan dan alam. Mereka adalah orang yang menjaga diri dari kehidupan duniawiah, dengan tinggal terpencil di pelosok desa - dengan memimpin pesantren, gereja dan pure - berlatih spiritual untuk mencapai tingkat tertinggi berkenaan dengan pengetahuan tentang kosmos.

Kontribusi mereka terhadap umat manusia terasa ke seluruh dunia, dan diantara kalangan pemikir demikian adalah antara lain Ibnu Al-Arabi, Al Ghazali, Ibnu Sinna, Arnold Toynbee, Will Durant, Laotze, Confusius, Soekarno, Hatta, Sidharta Gautama, Thoreau, Emerson, Frawley, Rolland dan Basham. Ratusan penemuan di bidang sains dan matematika yang sering dikaitkan dengan ilmuwan barat, sumbernya ditemukan oleh orang bijak kuno dan orang-orang suci.
Dalam 100 tahun terakhir, telah ada pertumbuhan spektakuler dalam sains dan teknologi yang membawa kemakmuran bagi sekitar sepertiga penduduk dunia. Namun secara bersamaan, planet bumi ini telah dijarah dan dirampok oleh sekelompok manusia. Hutan telah menghilang, tanah menjadi gersang dan tidak subur, serta pemanasan global dapat membawa malapetaka ke seluruh penjuru dunia. Polusi telah melampaui batas toleransi. Jutaan hewan mengalami penderitaan yang tak terbayangkan, sebagian lagi digunakan untuk makanan, pekerjaan, eksperimentasi dan hiburan. Manusia sendiri telah menjadi sakit. Disamping terjangkit HIV, manusia telah menjadi kesepian dan terasing. Keluarga telah terfragmentasi.


Manusia menderita karena ketegangan, kecemasan, ketakutan dan rasa tanpa tujuan. Lebih banyak uang dibelanjakan untuk persenjataan yang bisa berakibat pada penghancuran umat manusia ketimbang untuk mengangkat derajat kemanusiaan pada tingkat yang lebih tinggi. Tren tersebut diperparah lagi oleh krisis keuangan dan ekonomi , resesi, manipulasi dari kalangan politisi dan para pelaku bisnis, meningkatnya kekerasan dan kejahatan, sensualitas dan seksualitas sembarangan yang vulgar terus meningkat dalam kehidupan publik. Perkembangan yang luar biasa di bidang transportasi, komunikasi, televisi, internet, ponsel, komputer dan lain sebagainya, seyogyanya mendidik umat manusia untuk menjalani hidup mulia dan melahirkankan keharmonisan dan kedamaian. 

Sayangnya, yang terjadi justeru sebaliknya. Kesemua peralatan dan gadget tersebut sebagian malah telah digunakan untuk mendistorsi pikiran dan menyesatkan umat manusia. Kepemimpinan dan manajemen spiritual dan etika sebaiknya mampu menangkap tren yang memburuk ini, bahkan harus mampu membalikkan situasi tersebut. Untuk tujuan ini, kepemimpinan dan manajemen spiritual dan etika perlu meresapi dan menyerap setiap aktivitas, sikap dan perilaku manusia, dalam kaitannya dengan transaksi dan/atau interaksi dalam konteks organisasi dan administrasi. Kita harus mencari solusi untuk masalah yang melanda umat manusia. Indonesia bersama negara lain perlu mempelopori kepemimpinan spiritual dan inspiratif bagi seantero dunia, sekaligus merombak semua sektor dan segmen masyarakat - baik dibidang politik, ekonomi, sosial, pendidikan, ilmu pengetahuan, budaya, bisnis dan administrasi publik - dan kesemuanya perlu menyerap konsep kearifan lokal yang mungkin belakangan ini sudah dianggap konservatif dan ketinggalan jaman sebagai sumber pencerahan.

Pada sisi yang lain, bahwa dewasa ini tengah terjadi perkembangan positif yang berlangsung di arena dunia bisnis. Istilah spiritual seperti "semangat tim," "semangat kompetitif," "semangat kerjasama," dan "esprit de corps" telah menjadi tema menarik di beberapa organisasi, baik bisnis maupun publik. Begitu juga pola pikir kewirausahaan mulai dijelaskan dengan melibatkan dimensi metafisik, sehingga muncul idiom semangat kewirausahaan, suatu praktek inovatif dan energik untuk mengidentifikasi atau menciptakan kesempatan dan mengambil tindakan yang ditujukan untuk mewujudkan keberhasilan. Spiritualitas di tempat kerja sebetulnya telah berkembang selama bertahun-tahun di dalam organisasi bisnis. Disadari, semangat para pekerja memiliki pengaruh langsung pada produktivitas, sehingga organisasi bersedia menghabiskan dana dalam jumlah besar untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, menyenangkan, dan bahkan mewah. Ketika ketulusan dan motif yang murni digabungkan kedalam keterampilan kepemimpinan dan manajemen, serta dibarengi dengan pengambilan keputusan secara konsisten, hasilnya adalah sebuah organisasi yang kuat dan sangat termotivasi.
 

Dalam mencari solusi bisnis, seseorang harus inovatif agar berdampak positif tidak hanya terhadap para pekerja, akan tetapi juga terhadap rekan kerja. Spiritualitas di tempat kerja tidak lagi sekedar sebuah konsep, akan tetapi telah menjadi metode praktis untuk mencapai kesuksesan bisnis. Apalagi dewasa ini sejumlah fakta semakin membuktikan bahwa ada hubungan yang relatif kuat antara pikiran dan tubuh. Berbagai studi telah menunjukkan bahwa berapa banyak orang yang memiliki penyakit, seperti penyakit jantung atau kanker, sekaligus juga adalah penderita depresi sebagai bagian dari suatu lingkaran setan. Suatu penyakit fisik dapat berakibat pada depresi emosional, yang pada gilirannya menghasilkan stres yang memperburuk kondisi fisik yang mendasarinya. Yang lebih menarik adalah temuan ilmu pengetahuan modern yang menunjukkan fakta sebaliknya, dimana kebiasaan dan sikap positif dapat meningkatkan kesehatan fisik manusia, yang pada gilirannya berdampak pada umur yang panjang. Dari pengamatan ilmiah dan berbagai percobaan telah menunjukkan bahwa teknik pengobatan alternatif, seperti meditasi, ritual, dan bahkan doa dapat mengubah perjalanan penyakit terminal, mengurangi ketergantungan pada perawatan medis, dan bahkan meminimalkan kunjungan ke rumah sakit. Pendek kata, spiritualitas dan semua yang berkaitan dengannya sangat penting untuk menciptakan kesehatan jasmani dan rohani yang baik.
 

Jika kita termasuk orang yang menganut konsep bahwa "Semua materi memiliki Pencipta" maka logikanya bahwa, yang merupakan sumber dari segala ciptaan adalah kekuatan yang lebih tinggi yang memancarkan energi positif, ketimbang kekuatan energi negatif. Dengan demikian, kita perlu mengembangkan cara untuk menarik dan menghubungkan energi yang lebih tinggi sebagai bahan bakar untuk kebugaran fisik, pikiran , jiwa, dan rohani yang positif.

Sebagai para pelaku bisnis yang tengah mencari kesuksesan, kita harus mempertimbangkan metode dan teknik yang terhubung dengan daya yang lebih tinggi tersebut. Organisasi yang mempraktekkan psikologi positif dan telah berinvestasi untuk program motivasi para pekerja telah terbukti berhasil menuai manfaat dalam bentuk peningkatan kinerja yang dilaporkan sendiri melalui pengukuran kepuasan kerja. Hasil ini umumnya diterjemahkan ke dalam peningkatan rasio penjualan (ROS), pengembalian aset (ROA) dan pengembalian investasi (ROI). Landasan filosofi ini telah menjadi bagian dari budaya di sejumlah organisasi bisnis, dimana hasil positif dapat ditunjukkan melalui tolok ukur keuangan dan non keuangan. Para manajer dan staf mereka yang terlibat dalam praktik "spiritualitas di tempat kerja" telah memancarkan nilai-nilai kerja dan etika moral yang kuat.
 

Berlatih spiritualitas di tempat kerja dapat menciptakan “win-win solution” bagi semua pihak yang terkait. Para wirausahawan, pengusaha atau investor , manajer dan para pekerja, dan bahkan pelanggan tidak lagi perlu mempertanyakan motif dibalik
pemberian pelayanan yang tersedia. Suatu evaluasi terhadap strategi yang telah dikembangkan selama 25 tahun pada sejumlah organisasi bisnis ini telah membuktikan bahwa, pengembangan spiritual di tempat kerja telah menjadi alat kepemimpinan dan manajemen yang sederhana dan relatif murah, yang mampu menggantikan imbalan finansial yang relatif mahal, dengan melatih para pekerja bermotivasi tinggi dan menumbuhkan rasa hormat yang besar antara satu dengan lainnya. Banyak organisasi menghabiskan jutaan dolar untuk mengembangkan lingkungan kerja yang konon dirancang untuk memelihara pikiran positif para pekerja dalam rangka kepentingan mengoptimalkan produktivitas. Asumsinya bahwa jutaan dolar yang telah diinvestasikan tersebut pada gilirannya akan menyebabkan profitabilitas yang lebih tinggi dan keunggulan atas para pesaing. Pada prinsipnya, manusia ingin diperlakukan secara adil, merata, dan terhormat.

Para manajer tidak boleh mengabaikan kebutuhan akan rasa keadilan yang dituntut oleh para pekerja ketika mereka didorong untuk memaksimalkan keuntungan. Artinya semua keputusan harus menjamin keadilan dan kesetaraan yang akan meningkatkan tingkat kepercayaan dan meningkatkan transaksi dan/atau interaksi antara manajer dan para pekerja. Jika rasa saling menghormati dan cinta ditingkatkan, maka transaksi dan/atau interaksi antara manajer dan para pekerja akan menghasilkan kolaborasi yang sukses. Apabila situasi dan kondisi tersebut berhasil diciptakan, maka para pemimpin dan manajer tidak perlu lagi menghabiskan waktu yang berharga untuk mempertanyakan dan mengevaluasi lagi ketulusan motif supervisor dan tim kerja mereka.

 Waktu bisa dialokasikan untuk memberi kesempatan yang lebih luas bagi tumbuhnya kreativitas, inovasi, dan produktivitas yang lebih tinggi dengan sukses besar. Tempat kerja dapat dijadikan ruang sosial-ekonomi dan susila. Jika seseorang pekerja tiba di tempat kerja dengan pikiran bahwa dia akan dipergunakan sebagai alat dan bukan sebagai kontributor untuk kemajuan organisasi , tentu hasilnya akan sulit ditebak. Seorang pekerja yang merasa kinerja mereka memiliki dampak pada pembentukan organisasi dan bermanfaat bagi komunitas yang lebih besar, akan memancarkan kepercayaan dan kebanggaan diri yang membuatnya merasa berkontribusi kepada organisasi secara tak ternilai.

Organisasi yang memberdayakan para pekerja dengan memberikan rasa keadilan, pemerataan, dan rasa hormat, dalam jangka panjang akan memiliki keuntungan yang sangat besar, ketimbang organisasi yang membatasi para pekerjanya dan menuntut kinerja terbaik agar mereka pantas diberi keadilan, pemerataan, dan kehormatan.

Para pemimpin dan manajer di perusahaan dewasa ini, mulai dari tingkat organisasi pemula sampai pada organisasi kompleks yang sudah mapan, perlu mengambil gagasan segar untuk mengevaluasi tujuan organisasinya kembali. Seorang pakar dalam praktik kepemimpinan dan manajemen spiritual menjelaskan bahwa doa dan meditasi merupakan obat untuk membersihkan arteri yang tersumbat pada jiwa kita. Tentu saja kebutuhan setiap individu ataupun tim kerja berbeda-beda, seumpama selera akan makanan dan minuman yang bervariasi.

Setiap orang memiliki kehidupan serta fenomena dan isu-isu yang berbeda, namun terdapat satu hal yang menyatukan kita – terutama ketika kita berada di tempat kerja - yaitu bahwa semua orang bersedia memberikan kontribusi yang terbaik dengan menghargai segala kontribusi mereka, dengan rasa saling menghargai dan menghormati, sehingga akan menciptakan dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk hidup dan ditempati. Pada akhirnya, kepuasan di tempat kerja akan dibesarkan oleh rasa pemenuhan spiritual, sebagai entitas yang sangat berharga.

Dampak dari spiritualitas terhadap individu adalah terbentuknya mentalitas baru yang bercirikan orientasi yang lebih holistik, altruistik, pelayanan kepada manusia, komitmen pada kebenaran, dan bentuk-bentuk perilaku luhur lainnya, serta kesadaran diri (self awareness). Pengendalian diri, optimisme, dorongan berbuat yang terbaik, dan prakarsa, kesemuanya ini terkait dengan self leadership and management, yang juga adalah dampak lain dari spiritualitas. Mentalitas semacam itu sangat penting bagi akselerasi perubahan organisasi bisnis. Sesungguhnya tidak ada peningkatan produktivitas jika tidak ada perbaikan dalam self-awareness ataupun self-leadership and management.
 

Produktivitas merupakan fungsi dari social-management. Sebelum bisa efektif mengelola transaksi dan/atau interaksi antar individu dan tim kerja secara timbal balik, diperlukan terlebih dahulu manajemen diri sendiri yang efektif (self-leadership and management). Dengan demikian, efektivitas sosial kepemimpinan dan manajemen memerlukan efektivitas dalam self-leadership and management. Untuk memahami self-leadership and management ini dan dampaknya terhadap social-leadership and management dan produktivitas organisasi, penting terlebih dahulu untuk difahami kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional secara individual, yakni dua bentuk kecerdasan selain kecerdasan intelegensi, yang belakangan ini dipandang menentukan kinerja individu.

 Dua bentuk kecerdasan ini, selain terkait satu dengan lainnya, juga sangat penting dalam meningkatkan efektifitas kepemimpinan dan manajemen diri dan sosial, dan dalam konteks ini adalah efektivitas dalam mencapai keberhasilan leadership and management organization itu sendiri, baik pada organisasi bisnis dan bahkan juga pada organisasi publik.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN )

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN ) Prabu Dasamuka menyerahkan Dewi Sinta yang diculiknya, di bawah pengawasan Dewi Trijata di Taman Argasoka, kemenakannya. Sementara Regawa alias Rama terus mencari istrinya yang hilang. Ia sudah mendapat petunjuk dari Jatayu bahwa Sinta diculik raja Alengka bernama Prabu Dasamuka. Perjalan Rama ke Alengka disertai Laksamana, adiknya, dan Prabu Sugriwa serta seluruh bala tentara Kerajaan Guwakiskenda. Setelah membangun perkemahan di daerah Mangliawan, Ramawijaya mengutus Anoman untuk menjadi duta, menemui Dewi Sinta di Keraton Alengka. Hal ini membuat iri Anggada, sehingga terjadi perkelahian dengan Anoman. Rama kemudian menyadarkan Anggada, bahwa nanti akan ada tugas penting lainnya bagi Anggada. Perjalanan Anoman ke Alengka ternyata penuh hambatan. Mulanya ia berjumpa dengan Dewi Sayempraba, salah seorang istri Prabu Dasamuka. Anoman dirayu, dan diberi hidangan buah-buahan beracun. Akibatnya Anoman menjadi buta. Untunglah ia ditol

DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA

 Download Kumpulan MP3 Gending Jawa dan Lagu Jawa DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA MP3 GENDHING JAWA http://piwulangjawi.blogspot.com/p/mp3-gending-jawi.html GENDHING-GENDHING JAWA DALAM FORMAT MP3  DIPERSILAHKAN KEPADA STRISNO BUDAYA JAWA UNTUK MENGUNDUH ANEKA GENDHING JAWA KLASIK I : 001.  BENDRONGAN – PUCUNG RUBUH – GANDRUNG MANIS – DANDANGGULA BANJET – ASMARADANA JAKALOLA.mp3 002.  BW. GAMBUH LGM. LELO LEDHUNG – LDR. SARAYUDA – LAGU ONDHE-ONDHE Pl. Br.mp3 003.  BW. LEBDAJIWA – KUTUT MANGGUNG Pl. Br.mp3 004.  BW. MUSTIKENGRAT – GENDHING CANDRA -LDR. SRI HASCARYA – LDR. WESMASTER Sl.9.mp3 005.  BW. SEKAR AGENG SUDIRAWARNA – UDAN BASUKI – LIPUSARI – GAMBUH Sl. Mny.mp3 006.  BW. SUDIRAWARNA – GENDHING WIDASARI – LDR. LIPUR SARI Sl. Mny.mp3 007.  GENDHING BANDILORI – LDR. ELING-ELING – KTW. PRANA ASMARA – SLEPEG MAWA PALARAN Pl. Br.mp3 008.  GENDHING BONANG SLEBRAK PL.5.mp3 009.  GENDHING BUDHENG-BUDHENG – LDR. SARAYUDA Pl.6.mp3 010.  GENDHING