Dalam khasanah budaya Jawa kuno, sedikitnya ada empat ajaran filsafat kepemimpinan. Keempat ajaran tersebut adalah; Ilmu Hasta Brata, Wulang Reh,Tripama, dan Dasa Darma Raja. Ulasan mendalam tentang keempat ajaran tersebut dapat dibaca antara lain dalam buku yang ditulis oleh Pardi Suratno berjudul “Sang Pemimpin”. Dari keempat ajaran tersebut, Hasta Brata merupakan yang (relatif) paling lengkap dan sangat ideal sehingga menarik untuk dikaji menggunakan pendekatan konteks kekinian (kontemporer).
KONSEP hasthabrata muncul dalam cerita pewayangan Jawa dengan lakon 'Iwahyu Makutharama' yang mengisahkan tentang pemberian wejangan (fatwa) seorang Pandita bernama Wiswamitra yang ditujukan kepada Sri Rama yang akan dinobatkan menjadi raja menggantikan ayahandanya.
Konon, ajaran hasthabrata tersebut selalu dipedomani untuk dijadikan fatwa terhadap putra mahkota yang akan dinobatkan menjadi raja-raja Jawa. HASTHABRATA terdiri dari kata hastha yang berarti DELAPAN dan kata brata yang berarti SIFAT BAIK. Dalam beberapa literatur juga disebutkan bahwa delapan sifat alam ini mewakili simbol kearifan dan kebesaran Sang Pencipta, yaitu; sifat Bumi, sifat Matahari, sifat Bulan, sifat Samudra, sifat Bintang, sifat Angin, sifat Api, dan sifat Air.
1 Brata yang pertama adalah SURYA yang berarti matahari. Sifat menerangi yang dimiliki oleh matahari dalam bahasa jawa dimaknai sebagai 'gawe pepadang marang ruwet rentenging liyan' yang berarti harus mampu membantu mengatasi kesulitan atau memecahkan problem-problem yang dihadapi oleh anak buahnya.
2 Brata yang kedua adalah BAWANA yang berarti bumi. Bumi diibaratkan sebagai ibu pertiwi. Sebagai ibu pertiwi, bumi memiliki peran sebagai ibu, yang memiliki sifat keibuan, yang harus memelihara dan menjadi pengasuh, pemomong, dan pengayom bagi makhluk yang hidup di bumi. Implementasinya adalah kalau sanggup menjadi pemimpin harus mampu mengayomi dan melindungi anak buahnya.
3 Brata yang ketiga adalah CANDRA yang berarti bulan. Implementasinya bagi pemimpin ialah pemimpin dalam memperlakukan anak buahnya harus dilandasi oleh aspek-aspek sosio-emosional. Pemimpin harus memperhatikan harkat dan mertabat pengikutnya sebagai sesama. Terhadap pengikutnya harus menghormati sebagai sesama manusia. Dalam konsep Jawa hal ini disebut 'nguwongke'.
4 Brata keempat adalah KARTIKA yang berarti bintang. Bintang dapat menggambarkan dambaan cita-cita, tumpuan harapan, sumber inspirasi. Seorang pemimpin harus memiliki cita-cita yang tinggi, berpandangan jauh kedepan, pemberi arah, sumber inspirasi, dan tumpuan harapan.
5 Brata yang kelima adalah TIRTA yang berarti air. Seorang pemimpin harus mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan siapapun termasuk pengikutnya (adaptif). Air selalu mengalir ke bawah, artinya pemimpin harus memperhatikan potensi, kebutuhan dan kepentingan pengikutnya, bukan mengikuti kebutuhan atasannya.
6 Brata yang keenam adalah MARUTA, yang berarti angin. Secara alami angin memiliki sifat menyejukkan, angin membuat segar bagi orang yang kepanasan. Angin sifatnya sangat lembut. Seorang pemimpin harus bisa membuat suasana kepemimpinan sejuk, harmonis, dan menyegarkan.
7 Brata yang ketujuh adalah DAHANA, yang berarti api. Secara alami, api memiliki sifat panas, dan dapat membakar. Seorang pemimpim memiliki sifat pembakar semangat, pengobar semangat, dan memiliki peran sebagai motivator dan inovator bagi pengikutnya.
8 Brata yang kedelapan adalah SAMODRA, yang berarti lautan atau samudra. Pemimpin harus memiliki wawasan yang luas dan dalam, seluas dan sedalam samudra. Samudra juga bersifat menampung seluruh air dan benda-benda yang mengalir kearah laut. Seorang pemimpin harus memiliki sifat menampung semua kebutuhan, kepentingan, dan isi hati dari pengikutnya, serta pemimpin harus bersifat aspiratif.
Dalam teori kepemimpinan yang lain ada beberapa filsafat lagi yang banyak dipakai, agar setiap pemimpin (Khususnya dari Jawa) memiliki sikap yang tenang dan wibawa agar masyarakatnya dapat hidup tenang dalam menjalankan aktifitasnya seperti falsafah: Ojo gumunan, ojo kagetan lan ojo dumeh.
Maksudnya, sebagai pemimpin janganlah terlalu terheran-heran (gumun) terhadap sesuatu yang baru (walau sebenarnya amat sangat heran), tidak menunjukkan sikap kaget jika ada hal-hal diluar dugaan dan tidak boleh sombong (dumeh) dan aji mumpung sewaktu menjadi seorang pemimpin.Intinya falsafah ini mengajarkan tentang menjaga sikap dan emosi bagi semua orang terutama seorang pemimpin.
Sumber: suara merdeka
Wasiat Presiden Soeharto
Pada masa kampanye PEMILU 2009 PKS pernah menampilkan sosok mantan presiden Soeharto sebagai guru bangsa. Hal itu menjadi kontroversi dan perbincangan “Apakah pak Harto layak disebut sebagai guru bangsa?” Ah, tulisan ini tidak akan membahas panjang tentang itu. Saya hanya ingin sedikit membahas tiga wasiat pak Harto kepada putra-putrinya.
Presiden Republik Indonesia yang menjabat lebih dari 32 tahun itu meninggal pada usia 87 tahun. Hari Ahad 27 Januari 2008 Indonesia berduka. Ketika itu ada sebuah pesan presiden Soeharto kepada putra-putrinya yang disampaikan reporter televisi kepada para pemirsa. Ada tiga hal yang sering dipesankan pak Harto: “Ojo dumeh! Ojo kagetan! Ojo gumunan!”
Pertama, “Ojo dumeh!” artinya jangan mentang-mentang. Jangan mentang-mentang kaya, jangan mentang-mentang pintar, jangan mentang-mentang gagah, jangan mentang-mentang kuat terus menindas yang lain. Nasihat ibu teman saya, “Manusia itu diciptakan ada yang kuat ada yang lemah, ada yang pintar ada yang kurang pintar, biar yang kuat membantu yang lemah, yang pintar mengajari yang kurang pintar, bukan untuk mendzolimi.”
Kedua, “Ojo kagetan!” artinya jangan mudah kaget/ terkejut. Orang yang mudah terkejut biasanya mudah panik sehingga pikiran tidak lagi jernih untuk mengambil keputusan. Terkejut juga menghilangkan konsentrasi sehingga kita bisa kehilangan fokus. Konon orang yang punya penyakit jantung juga bisa mati mendadak jika terkejut.
Ketiga, “Ojo gumunan!” artinya jangan mudah kagum/ terpana. Orang yang mudah kagum biasanya gampang dimanfaatkan oleh salesman. Waktu kecil kalau diajak ke pasar mau beli perlengkapan sekolah, saya sering dipesan sama bapak agar jangan bilang suka dengan barangnya di depan penjual karena nanti jadi susah ditawar. Maksudnya, orang yang gumunan (mudah kagum) biasanya jadi tidak objektif lagi, semua jadi serba bagus, apapun keadaannya.
Setiap manusia pasti punya hal yang dikenang ketika meninggal. Semoga tiga wasiat mantan presiden Soeharto ini bisa menjadi jariyah beliau berupa ilmu yang bermanfaat bagi kita.
“Ojo dumeh! Ojo kagetan! Ojo gumunan!”
Komentar
Posting Komentar