Langsung ke konten utama

Cara Efektif untuk melatih Otak Kiri dan Otak Kanan Secara Seimbang

Cara Efektif untuk melatih Otak Kiri dan Otak Kanan Secara Seimbang

Otak manusia merupakan salah satu organ yang kompleks dan mempunyai kekuasaan yang luar biasa. Seperti kita ketahui bersama bahwa ada dua sisi dari otak yang kita miliki. Otak kiri adalah sisi yang lebih dominan logis-matematis. Ketika sisi kiri otak lebih dominan, Anda mungkin adalah seseorang yang memiliki kemampuan analitis dan rasional yang lebih baik. Sedangkan sisi otak sebelah kanan adalah sisi yang lebih dominan kreatif dan subyektif. Yang terbaik adalah seharusnya anda mampu menggunakan kedua sisi otak tersebut sesuai kondisi dan porsi masing-masing, maka anda akan menjadi orang yang HEBAT. Berikut adalah beberapa latihan yang strategis untuk membantu Anda menyeimbangkan otak kanan dan kiri anda.

Dominan Kiri atau Kanan?
Meskipun kita menggunakan kedua sisi otak kita, kebanyakan dari kita cenderung lebih berorientasi ke satu sisi atau yang lain. Dalam kebanyakan kasus, kepribadian seseorang dan perilakunya membuatnya jelas sisi mana otak yang paling sering digunakan. Ada sejumlah tes yang dapat membantu Anda memutuskan sisi mana dari otak yang paling sering digunakan. Jika Anda merasa perlu untuk mengambil salah satu tes ini, Anda mungkin seorang pemikir otak kiri. Mengenai keseimbangan otak kanan dan kiri silahkan baca DISINI

Latihan Untuk Otak Kiri 
Otak kiri adalah analitis. Latihan yang cocok untuk otak kiri termasuk melakukan teka-teki silang, nomor permainan seperti Sudoku dan mengorganisir daftar sangat efektif untuk membantu mengembangkan sisi kiri otak. Jika Anda seorang penulis, cobalah merencanakan cerita Anda sebelum Anda mulai. Saat menulis umumnya dianggap sebagai aktivitas otak kanan yang kreatif, merencanakan membutuhkan pemikiran urutan logis, yang membantu mengembangkan sisi kiri otak. Jika Anda rentan untuk memakai taji saat perjalanan, memaksa diri untuk duduk dan merencanakan setiap aspek dari perjalanan sebelum Anda mengambilnya.

Latihan Untuk Otak Kanan 
Jika Anda lebih dari seorang pemikir otak kiri, dengan menggunakan sisi kanan otak Anda dapat menantang. Otak kiri pemikir tidak rentan terhadap perilaku spontan. Latihan sederhana untuk otak kanan mungkin termasuk mengubah kebiasaan. Lihat sesuatu yang berbeda di TV, mengubah apa yang Anda pesan di restoran favorit Anda tanpa menganalisis menu pertama. Cobalah mendengarkan musik sambil membersihkan rumah atau bekerja di halaman. Otak kanan pemikir berpikir secara acak dan dengan mudah dapat menangani lebih dari satu tugas pada satu waktu, sedangkan otak kiri pemikir lebih mungkin untuk berkonsentrasi pada satu tugas pada satu waktu. Cara melatih otak kanan lebih detail DISINI

Otak adalah salah satu organ terpenting dari manusia. Ia adalah pusat dari sistem syaraf yang berfungsi mengatur gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis serta melath emosi emosi, ingatan dan motorik. Otak manusia memiliki volume 1350cc dan terdiri dari 100juta sel syaraf neuron.

Berikut ini adalah beberapa hal tentang cara melatih keseimbangan otak manusia agar lebih aktif dan responsif terhadap semua rangsangan :
  • Membiasakan Aktif Menjadi Kidal (aktif Tangan Kiri) Dan Juga Kanan

Lakukan tugas dengan tangan non-dominan, jika biasanya dominan tangan kanan maka gunakan tangan kiri (kidal) dan sebaliknya. Contohnya saat menggunakan mouse komputer, menyikat gigi dan mengikat tali sepatu dengan arah yang berlawanan. Menurut Franklin Institute, jenis latihan ini dapat memperkuat hubungan saraf yang ada dan bahkan membentuk saraf baru. 
  • Membaca

Membaca dapat melenturkan otot-otot otak, baik bacaan ringan (seperti komik atau majalah) maupun bacaan untuk informasi. Dan menurut studi Dr. Nikolaos Scarmeas pada tahun 2001, membaca dapat membantu membangun cadangan kognitif untuk menunda timbulnya demensia. 
  • Bermain Puzzle Atau Teka-teki Sliang

Teka-teki silang, puzzle, sudoku dan jenis puzzle lainnya, dapat melatih otak khususnya otak kiri. Menurut pusat pelatihan kognitif Learning Rx. Tambahkan strategi baru untuk mengefektifkan latihan otak, misalnya memecahkan teka-teki silang dengan tema yang tidak biasa. 
Bermain Permainan Strategi
Permainan strategi seperti catur, monopoli atau game komputer lainnya, akan menggunakan otak kanan yang dapat membantu orang untuk lebih berpikir kreatif.

  • Ubah Rutinitas

Menurut Lawrence Katz, profesor Neurobiologi di Duke University Medical Center. Mengubah rutinitas dan cara-cara hidup baru dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif. Latihan yang bisa dilakukan misalnya, mandi dengan mata tertutup atau mengatur ulang kantor atau meja.

  • Belajar Bahasa Asing

Dengan belajar bahasa asing akan mengaktifkan bagian otak yang belum digunakan sejak anda mulai berbicara. Sebuah studi tahun 2007 di York University di Toronto, menemukan bahwa penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke otak untuk menjaga kesehatan koneksi saraf.

  • Menikmati Musik

Selain mendengarkan musik, belajar juga untuk memainkan instrumen musik. Para ahli juga merekomendasikan untuk mengaktifkan dua indera sekaligus, seperti mendengarkan musik dan mencium bunga.

sumber : http://forum.kompas.com/sekolah-pendidikan/131837-cara-melatih-otak.html
- See more at: http://99rahasiaotakkanan.blogspot.com/2013/02/cara-melatih-keseimbangan-otak-manusia.html#sthash.AVUWGIUU.dpuf

Mengkombinasikan Latihan Otak Kiri dan Kanan 
Menggabungkan latihan otak kiri dan kanan adalah cara yang paling efektif untuk membawa kedua bagian otak Anda bersama-sama dan menjadi pemikir yang lebih menyeluruh. Alternatif kegiatan otak kanan dan otak kiri selama periode waktu dan Anda akan segera melihat peningkatan dalam kepribadian Anda secara keseluruhan dan pola perilaku.

http://rahasiaotakjenius.blogspot.com/2012/02/latihan-untuk-otak-kiri-dan-otak-kanan.html


Otak Kanan, Otak Kekayaan
Begitulah, otak kanan itu sedemikian krusial dan radikal. Bahkan untuk beranjak dan bergerak ke sisi kanan dalam Cashflow Quadrant-nya Robert Kiyosaki, asahlah otak kanan. Catat itu !. Bukankah penghuni kuadran kanan seperti pengusaha dan investor itu gemilang otak kanannya? Sebaliknya, bukankah penghuni kuadran kiri seperti karyawan dan profesional itu cemerlang otak kirinya? Buntut-buntunya tentu saja yang kanan yang kaya (baca: minoritas).

Penemu Cashflow Quadran saja belum tahu korelasi antara kuadran kanan dnegan otak kanan. Ia juga belum tahu bahwa sesungguhnya Ayah Kaya itu adalaah Ayah Kanan dan Ayah Miskin itu adalaj Ayah Kiri. Dan saya yakin sekali pastilah kuping anda sudak tak asing lagi dengan sabda manajemen "The right man on the right place". Lepas dari makna aslinya, ternyata orang kanan (right man) memang berbeda di kuadran kanan (right place). Ada pula sabda manajemen yang lain, "bos is always right". Lepas dari makna aslinya, ternyata atasan (boss) memang lebih kanan (right) daripada bawahan.

Sehubungan dengan itu sadarkah anda akan rambu-rambu di jalan raya yang bertuliskan, "Gunakan lajur kanan untuk mendahului". Sering lihat kan? Entah pernah terlintas di benak anda atau tidak, rupa-rupanya untuk merasih kesuksesan perintah tersebut juga berlaku seratus persen. Jelasnya "Gunakan otak kanan untuk mendahului pesaing". Seperti itu TITIK.

Otak Kanan, Otak Kesuksesan
Asal tahu saja, di negeri ini barangkali hanya saya dan pengusaha Purdi Chandra yang berpihak di kanan. Mayoritas inspirator berpihak di kiri. Sementara segelintir inspirator memilih untuk imbang kanan-kiri. By the way, kenapa sih saya bersikeras dengan otak kanan? kan sudah saya paparkan disini. Pahamilah sungguh-sungguh kesuksesan itu lebih dari 80% ditentukan oleh otak kanan, lantaran tak tercerainya antara otak kanan dengan EQ dan SQ. Sedangkan otak kiri, disinilah IQ berpusat.

Akan tetapi bukankah dunia ini menuntut keseimbangan? Itu betul, Betul banget..!. Makanya pemimpin yang kanan, pengikut yang kiri. Pengusaha yang kanan, karyawan yang kiri. Orang kaya yang kanan, orang miskin yang kiri.Generalis yang kanan, spesialis yang kiri. Penjual yang kanan, akuntan yang kiri. Imbang kan..? Tolong dipahami pula kanan itu fungsinya sebagai pendahuluan, keutamaan, pengangkat, dan pelumas. Dengan kata lain, kalau kanannya "jalan" maka kirinya akan ikut "jalan". Tapi kalau kirinya "jalan" belum tentu kanan ikut "jalan".

Sekitar 500 tahu sebelum Isa Al MAsih lahir dan menebar pengaruh pada dunia, Konfusius telah berkelana dan berpesan, "sebuah gambar setara nilanya dengan seribu kata-kata". Seperti biasa, Konfusius hampir selalu benar. Gambar itu kanan, kata-kata itu kiri. Saya perjelas satu kali kanan nilainya setara dengan seribu kali kiri. Albert Einsten pun bersikukuh "Imanjinasi itu lebih utama dari pada ilmu pengetahuan". Imajinasi itu kanan, ilmu pengetahuan itu kiri. Saya perjelas kanan itu lebih utama daripada kiri.


http://99rahasiaotakkanan.blogspot.com/2013/02/otak-kanan-otak-kekayaan-dan-kesuksesan.html#sthash.FxKeqgCH.dpuf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN )

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN ) Prabu Dasamuka menyerahkan Dewi Sinta yang diculiknya, di bawah pengawasan Dewi Trijata di Taman Argasoka, kemenakannya. Sementara Regawa alias Rama terus mencari istrinya yang hilang. Ia sudah mendapat petunjuk dari Jatayu bahwa Sinta diculik raja Alengka bernama Prabu Dasamuka. Perjalan Rama ke Alengka disertai Laksamana, adiknya, dan Prabu Sugriwa serta seluruh bala tentara Kerajaan Guwakiskenda. Setelah membangun perkemahan di daerah Mangliawan, Ramawijaya mengutus Anoman untuk menjadi duta, menemui Dewi Sinta di Keraton Alengka. Hal ini membuat iri Anggada, sehingga terjadi perkelahian dengan Anoman. Rama kemudian menyadarkan Anggada, bahwa nanti akan ada tugas penting lainnya bagi Anggada. Perjalanan Anoman ke Alengka ternyata penuh hambatan. Mulanya ia berjumpa dengan Dewi Sayempraba, salah seorang istri Prabu Dasamuka. Anoman dirayu, dan diberi hidangan buah-buahan beracun. Akibatnya Anoman menjadi buta. Untunglah ia ditol

DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA

 Download Kumpulan MP3 Gending Jawa dan Lagu Jawa DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA MP3 GENDHING JAWA http://piwulangjawi.blogspot.com/p/mp3-gending-jawi.html GENDHING-GENDHING JAWA DALAM FORMAT MP3  DIPERSILAHKAN KEPADA STRISNO BUDAYA JAWA UNTUK MENGUNDUH ANEKA GENDHING JAWA KLASIK I : 001.  BENDRONGAN – PUCUNG RUBUH – GANDRUNG MANIS – DANDANGGULA BANJET – ASMARADANA JAKALOLA.mp3 002.  BW. GAMBUH LGM. LELO LEDHUNG – LDR. SARAYUDA – LAGU ONDHE-ONDHE Pl. Br.mp3 003.  BW. LEBDAJIWA – KUTUT MANGGUNG Pl. Br.mp3 004.  BW. MUSTIKENGRAT – GENDHING CANDRA -LDR. SRI HASCARYA – LDR. WESMASTER Sl.9.mp3 005.  BW. SEKAR AGENG SUDIRAWARNA – UDAN BASUKI – LIPUSARI – GAMBUH Sl. Mny.mp3 006.  BW. SUDIRAWARNA – GENDHING WIDASARI – LDR. LIPUR SARI Sl. Mny.mp3 007.  GENDHING BANDILORI – LDR. ELING-ELING – KTW. PRANA ASMARA – SLEPEG MAWA PALARAN Pl. Br.mp3 008.  GENDHING BONANG SLEBRAK PL.5.mp3 009.  GENDHING BUDHENG-BUDHENG – LDR. SARAYUDA Pl.6.mp3 010.  GENDHING