Langsung ke konten utama

Agar Tetap Fokus Menulis Artikel

Agar Tetap Fokus Menulis Artikel

 http://mutuku.blogdetik.com/2015/02/03/agar-tetap-fokus-menulis-artikel

Tanpa disadari hampir tiap hari kita selalu menulis. Entah itu menulis SMS, mobile messenger, email, maupun status di media sosial. Meskipun begitu kenyataannya masih banyak yang belum bisa menuangkan lebih banyak menjadi sebuah artikel. Permasalahan menulis artikel sebenarnya ada pada sistematika tulisan. Supaya fokus menulis artikel tentukan terlebih dahulu beberapa poin berikut ini:
1. Tema - Mau menulis tentang apa?
2. Tujuan - Untuk apa tulisanmu?
3. Sasaran - Untuk siapa tulisanmu?
4. Bentuk - Apa bentuk tulisanmu?
5. Sistematika - Bagaimana kamu menulisnya?
Menulis.
Menulis.
Mari kita coba menjawab pertanyaan di atas, dengan mengambil contoh artikel ini.
1. Tema: Fokus menulis artikel
2. Tujuan: Memudahkan tetap fokus pada sebuah tema, tidak keluar dari tema, dan tidak tergoda menulis tema lain.
3. Sasaran: Penulis pemula.
4. Bentuk: Artikel bebas, tips dan trik, non fiksi.
5. Sistematika: Pendahuluan, poin-poin, contoh penerapan, penjelasan, penutup.
Dengan menjawab lima pertanyaan tadi, diharapkan penulis dapat tetap pada jalur yang benar, tidak mudah tergoda atau melenceng dari tema yang telah ditentukan. Banyak dijumpai, beberapa penulis tergoda di tengah perjalanan sehingga artikel tidak selesai pada waktunya.
Godaan lain yang membuat tidak fokus adalah mengubah bentuk tulisan di tengah perjalanan. Salah satu penyebab berubahnya bentuk tulisan adalah merasa gaya tulisan orang lain lebih baik, kemudian diterapkan di artikel yang tengah dibuat. Sah-sah saja membaca artikel orang lain, yang harus diingat adalah tetap fokus dan konsisten dengan yang tengah dibuat.
Menetapkan sasaran untuk siapa tulisan dibuat, sangat mempengaruhi gaya dan bentuk tulisan. Misalnya sasaran pembaca sisawa SD kelas 1, tidak mungkin menulis dengan gaya ilmiah seperti menulis laporan skripsi.
Tetaplah menulis sampai menyelesaikan sebuah tema, setelah itu beralih menulis tema lain. Dengan terus fokus pada satu tema penulisan, niscaya akan menghasilkan karya yang mengagumkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN )

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN ) Prabu Dasamuka menyerahkan Dewi Sinta yang diculiknya, di bawah pengawasan Dewi Trijata di Taman Argasoka, kemenakannya. Sementara Regawa alias Rama terus mencari istrinya yang hilang. Ia sudah mendapat petunjuk dari Jatayu bahwa Sinta diculik raja Alengka bernama Prabu Dasamuka. Perjalan Rama ke Alengka disertai Laksamana, adiknya, dan Prabu Sugriwa serta seluruh bala tentara Kerajaan Guwakiskenda. Setelah membangun perkemahan di daerah Mangliawan, Ramawijaya mengutus Anoman untuk menjadi duta, menemui Dewi Sinta di Keraton Alengka. Hal ini membuat iri Anggada, sehingga terjadi perkelahian dengan Anoman. Rama kemudian menyadarkan Anggada, bahwa nanti akan ada tugas penting lainnya bagi Anggada. Perjalanan Anoman ke Alengka ternyata penuh hambatan. Mulanya ia berjumpa dengan Dewi Sayempraba, salah seorang istri Prabu Dasamuka. Anoman dirayu, dan diberi hidangan buah-buahan beracun. Akibatnya Anoman menjadi buta. Untunglah ia ditol

DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA

 Download Kumpulan MP3 Gending Jawa dan Lagu Jawa DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA MP3 GENDHING JAWA http://piwulangjawi.blogspot.com/p/mp3-gending-jawi.html GENDHING-GENDHING JAWA DALAM FORMAT MP3  DIPERSILAHKAN KEPADA STRISNO BUDAYA JAWA UNTUK MENGUNDUH ANEKA GENDHING JAWA KLASIK I : 001.  BENDRONGAN – PUCUNG RUBUH – GANDRUNG MANIS – DANDANGGULA BANJET – ASMARADANA JAKALOLA.mp3 002.  BW. GAMBUH LGM. LELO LEDHUNG – LDR. SARAYUDA – LAGU ONDHE-ONDHE Pl. Br.mp3 003.  BW. LEBDAJIWA – KUTUT MANGGUNG Pl. Br.mp3 004.  BW. MUSTIKENGRAT – GENDHING CANDRA -LDR. SRI HASCARYA – LDR. WESMASTER Sl.9.mp3 005.  BW. SEKAR AGENG SUDIRAWARNA – UDAN BASUKI – LIPUSARI – GAMBUH Sl. Mny.mp3 006.  BW. SUDIRAWARNA – GENDHING WIDASARI – LDR. LIPUR SARI Sl. Mny.mp3 007.  GENDHING BANDILORI – LDR. ELING-ELING – KTW. PRANA ASMARA – SLEPEG MAWA PALARAN Pl. Br.mp3 008.  GENDHING BONANG SLEBRAK PL.5.mp3 009.  GENDHING BUDHENG-BUDHENG – LDR. SARAYUDA Pl.6.mp3 010.  GENDHING