Langsung ke konten utama

TIP MENULIS UNTUK BLOGER: dari artikel terpilih

Tips Menulis Postingan yang Baik


Sebagai seorang blogger dalam menulis sebuah postingan, kalian tidak boleh menggurui, egois, dan merasa pintar. Ini dikarenakan, semua akan dinilai oleh pembaca. Seharusnya seorang blogger harus menyajikan sebuah postingan yang baik, agar pembaca bisa mengetahui atau memahami apa yang disampaikan oleh kalian dalam postingan tersebut.

Adapun tips-tipsnya seperti berikut :

1. Keserasian dalam menggunakan kata demi kata, kalimat demi kalimat. Keserasian dalam mengolah kata itu akan berdampak pada alur tulisan, sehingga pembaca bisa terbius dengan membacanya. Selain itu, emosional pembaca pun kan terbawa.

2. Tulisan harus jelas dan padat.
Dalam menggunakan singkatan juga harus benar jangan hanya asal menyingkat. Contoh; “saya sngt kecewa dengan adanya…… “. “Sngt” yang seharusnya ditulis “sangat” dengan jelas tanpa disingkat, karena bila disingkat belum tentu orang yang membacanya mengetahui maksud yang kalian tulis, terlebih ketika orang asing ingin menerjemahkan tulisan kalian ke bahasa inggris atau bahasa lainnya, pastinya ini tidak akan bisa diterjemah kan.

3. Tulisan harus sesuai dengan logika.
Jadi tulisan yang kalian yang akan di posting harus sesuai dengan logika, dalam artian tulisannya masuk akal. Contohnya; “ seorang pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan setelah menyalip angkutan umum”, ini contoh yang masuk akal, sedangkan yang tidak masuk akal. “
seorang pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan setelah menyalip kapal laut ”, mana ada sepeda motor yang bisa menyalip kapal laut, jenis transportasinya saja berbeda, sepeda motor transportasi darat, sedangkan kapal laut transportasi laut.

4. Penulisan tidak perlu di ulang-ulang agar terhindar dari kesan bertele-tele.
Sebuah tulisan yang banyak menggunakan kata yang di ulang-ulang akan menimbulkan kesan yang bertele-tele, sehingga pembaca pun akan merasa bosan.

5. Menerima Kritikan dan mau memperbaikinya.
Segala sesuatu di dunia ini tentunya tak ada yang sempurna, begitu juga sebuah postingan, terkadang kalian lupa menambahkan satu huruf, atau salah huruf, dan biasanya ada juga yang salah menulis suatu tempat. Bila ada seseorang mengkritiknya atau kalian sendiri sadar akan kekurangan itu maka segera di ganti atau di update lagi.

6. Harus bisa menyusun bahasa penulisan menjadi kesatuan yang utuh dan tidak terputus-putus. Dalam menulis postingan kalian tentunya mengacu pada tema pembahasan, jangan sampai meloncat ke pembahasan lainnya, Tentunya ini akan membuat pembaca merasa jenuh karena pembahasan yang meluas kemana-mana.

Oke sobat dotter’s, semoga tips yang saya bagi ini bisa bermanfaat untuk kalian, dan tentunya bisa menambah wawasan tentang bagaimana cara membuat postingan yang baik.
Terima kasih banyak


7 Tips Menjadi Blogger


Sobat dotter’s, bertekad menjadi seorang blogger tentunya menjadi sebuah acuan agar kalian akan terus meng update blognya secara kontinyu, baik dalam keadaan sedih atau senang kalian akan konsisten meng updatenya. Karena seorang blogger sejati itu akan selalu meng update blognya dalam kondisi atau situasi apapun.

Disini saya akan berbagi tips agar kalian bisa menjadi blogger yang konsisten dalam meng up date blognya. Disimak yah


Minat
Minat adalah sebuah dorongan yang datang dari dalam diri sendiri untuk melakukan sesuatu. “Apakah kamu mempunyai minat untuk menjadi seorang blogger?…” itu perlu kalian tanyakan pada diri kalian dulu sebalum terjun langsung menjadi  seorang blogger, karena bila kalian tak ada minat, maka kalian akan melakukannya dengan setengah-setengah.

Disiplin
Untuk menjadi seorang blogger tentunya dibutuhkan kedisiplinan dalam meng update blog nya. Tak mengenal kondisi atau situasi apapun bila waktunya untuk memposting maka lakukanlah. Karena dengan disiplin, waktu kalian pun akan tertata.

Stamina
Menjadi seorang blogger itu butuh stamina juga loh, justru kalian membutuhkan stamina yang banyak karena otak kalian dituntut untuk berfikir cepat, atau di tuntut untuk mengeluarkan ide-ide segar. Karena dengan menjaga kebugaran tubuh, tetunya kalian menjaga konsistensi posingan kalian juga.

Spesialis
Saat kalian memutuskan untuk menjadi seorang blogger tentunya sudah menentukan mau menjadi seorang blogger spesialis apa, contoh membahas seputar asmara, motivasi, atau kuliner. Karena nantinya postingan kalian akan ter arah tidak acak kadut pembahasannya.

Mood
Sebagai seorang blogger tentunya membutuhkan mood untuk memposting, jadi mood nya itu harus dijaga. Dan mood itu sesuatu yang ditunggu melainkan sesuatu yang harus diciptakan.

Tempat
Tempat bukanlah suatu persoalan yang menghalangi kalian untuk meng update blog, karena tempat seperti apapun malah bisa untuk sebuah bahan postingan, tinggal kalian mau ambil di sisi mananya saja sesuai konten pembahasannya.

Alat
Inilah hal yang sangat penting dan tak bisa di pisahkan dari seorang blogger yaitu, keyboard, mouse, PC, modem/akses internet, dan komputer/laptop. Karena tanpa alat kita tidak bisa meng update blog.
Nah, itulah tips dari saya. Semoga sedikit banyak bermanfaat bagi sobat-sobat dotter’s. Mulailah dari sekarang, jangan nunggu besok


Sumber: “Curahkan Gairah menulis” Ratna Dewi Pudiastuti






Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN )

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN ) Prabu Dasamuka menyerahkan Dewi Sinta yang diculiknya, di bawah pengawasan Dewi Trijata di Taman Argasoka, kemenakannya. Sementara Regawa alias Rama terus mencari istrinya yang hilang. Ia sudah mendapat petunjuk dari Jatayu bahwa Sinta diculik raja Alengka bernama Prabu Dasamuka. Perjalan Rama ke Alengka disertai Laksamana, adiknya, dan Prabu Sugriwa serta seluruh bala tentara Kerajaan Guwakiskenda. Setelah membangun perkemahan di daerah Mangliawan, Ramawijaya mengutus Anoman untuk menjadi duta, menemui Dewi Sinta di Keraton Alengka. Hal ini membuat iri Anggada, sehingga terjadi perkelahian dengan Anoman. Rama kemudian menyadarkan Anggada, bahwa nanti akan ada tugas penting lainnya bagi Anggada. Perjalanan Anoman ke Alengka ternyata penuh hambatan. Mulanya ia berjumpa dengan Dewi Sayempraba, salah seorang istri Prabu Dasamuka. Anoman dirayu, dan diberi hidangan buah-buahan beracun. Akibatnya Anoman menjadi buta. Untunglah ia ditol

DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA

 Download Kumpulan MP3 Gending Jawa dan Lagu Jawa DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA MP3 GENDHING JAWA http://piwulangjawi.blogspot.com/p/mp3-gending-jawi.html GENDHING-GENDHING JAWA DALAM FORMAT MP3  DIPERSILAHKAN KEPADA STRISNO BUDAYA JAWA UNTUK MENGUNDUH ANEKA GENDHING JAWA KLASIK I : 001.  BENDRONGAN – PUCUNG RUBUH – GANDRUNG MANIS – DANDANGGULA BANJET – ASMARADANA JAKALOLA.mp3 002.  BW. GAMBUH LGM. LELO LEDHUNG – LDR. SARAYUDA – LAGU ONDHE-ONDHE Pl. Br.mp3 003.  BW. LEBDAJIWA – KUTUT MANGGUNG Pl. Br.mp3 004.  BW. MUSTIKENGRAT – GENDHING CANDRA -LDR. SRI HASCARYA – LDR. WESMASTER Sl.9.mp3 005.  BW. SEKAR AGENG SUDIRAWARNA – UDAN BASUKI – LIPUSARI – GAMBUH Sl. Mny.mp3 006.  BW. SUDIRAWARNA – GENDHING WIDASARI – LDR. LIPUR SARI Sl. Mny.mp3 007.  GENDHING BANDILORI – LDR. ELING-ELING – KTW. PRANA ASMARA – SLEPEG MAWA PALARAN Pl. Br.mp3 008.  GENDHING BONANG SLEBRAK PL.5.mp3 009.  GENDHING BUDHENG-BUDHENG – LDR. SARAYUDA Pl.6.mp3 010.  GENDHING