Membaca Perubahan
oleh Muhamad Rifai
Sederhana saja kita melihat sejarah perusahan-perusahan besar seperti Harley Davidson yang pernah mengalami masa kejayaan pada tahun sembilan puluhan.
Pesaing-pesaing besar mulai bermunculan seperti honda,
Singkat cerita tak ada yang bisa di andalakan lagi selain mengikuti perubahan dan presepsi untuk selalu menmenuhi kebutuhan konsumen. Strategi membenahi cara kerja berlangsung secara terus menerus, kwalitas dan efisien menjadikan harley davidson melakukan strategi pemasaran yang sangat radikal.
Perubahan secara radikal itu meliputi cara-cara berikut:
1. Herly davidson merekrut bukan karyawan tapi misionaris yaitu orang-orang tipe
aktivis.
2. Love and respect your costumer.
3. Create a community of consumens.
4. Celebrity uncommon sense.
5.Use Market research caustiously.
6. The CEO Must Own the marketing fungction.
Dengan konsep-konsep diatas Harley davidson mampu bangkit dengan sistem pasar yang tidak memerlukan banyak energi besar. Konsumennya sendirilah yang terus kemudian memasarkan produk Harley Davidson itu sendiri.
-Disarikan dari Rhenald Kasali Change-
Komentar
Posting Komentar