Tips tentang bagaimana kita
bisa disenangi oleh atasan, kolega maupun bawahan di tempat bekerja
1. Love what you do or do what you
love, jika anda punya pilihan pilih pekerjaan yang sesuai dengan passion anda,
namun jika tidak maka anda harus berusaha keras untuk mencintai pekerjaan anda
dengan cara membuka hati pada pekerjaan tsb. dan masih bersyukur karena orang
lain di luar sana masih banyak yang menganggur
2. Selalu ber-SMP (Sikap Mental
Positif) dalam pekerjaan, dalam bersosialisasi dengan siapapun, selalu melihat
sisi positif dari setiap situasi sehingga hati kita pun positif
3. Jadilah pendengar yang baik,
maka orang akan suka pada anda, bukankah banyak orang yang stress dan lelah
karena tidak ada orang yang peduli pada dirinya, kehadiran anda sebagai
pendengar yang baik akan membuat anda disukai orang. Menjadi pendengar yang
baik bukan cuma diam pasif tapi harus aktif menunjukkan ekspresi anda antusias,
empati dan respect. Jangan berkomentar kalau tidak diminta apalagi kalau
komentar kita berupa kritikan, kecuali dia memintanya tapi pastikan apakah dia
meminta untuk sungguh sungguh mencari kebenaran atau sedang mencari pembenaran.
Reaksi yang salah malah bisa jadi bumerang, kita harus berhati hati apalagi
kalau belum mengenal betul pribadi orang itu.
4. Jangan suka mendominasi
pembicaraan dalam rapat atau diskusi karena anda bisa dianggap sok tahu dan
sombong, karena sifat seperti ini malah membuat anda tidak disukai teman kerja
anda apalagi kalau yang anda kritik atasan anda
5. Jangan suka menyombongkan
hubungan anda yang baik dengan salah satu petinggi perusahaan tempat anda
bekerja apalagi kalau dia yang membuka peluang pekerjaan bagi anda karena sikap
anda akan menyulitkan kedudukan dia apalagi kalau performance kerja anda kurang
memuaskan. Dan ingat sedekat apapun anda dengan orang tsb. tetap perlakukan dia
sebagai atasan anda dan jangan sekali kali bersikap bebas di lingkungan kantor
hanya untuk pamer kalau anda mengenal orang tsb.
6. Jika kebetulan ada atasan di
kantor itu yang dulunya pernah setara dengan kita atau bahkan di bawah anda
jangan sesekali membicarakannya di depan orang lain dengan cara yang negatif,
kecuali anda melakukan itu dengan niat memuji secara jujur
7. Jika anda ingin mendapat respect
dari orang lain maka perlakukan orang lain dengan cara yang sama
8. Ingatlah anda bekerja untuk
mencari nafkah dan pengalaman karena itu tetaplah jaga hubungan profesional
anda dengan lingkungan pekerjaan, jangan bersikap terlalu bebas karena itu bisa
membuka peluang untuk timbul friksi
9. Jaga ATTITUDE anda karena itu
adalah modal tertinggi untuk bisa menjadi karyawan yang baik
10. Teruslah belajar dan jangan
cepat puas diri dengan apa yang sudah diraih sekarang ini karena anda akan
tergilas dalam persaingan jika anda biasa biasa saja. Jika anda tidak tahu atau
tidak bisa melakukan hal hal yang diperintahkan atasan maka cari tahu dari
sumber sumber yang bisa diandalkan jangan diam saja karena itu akan
membahayakan anda sendiri di belakang hari.
11. Jika anda ingin jadi karyawan
yang disukai atasan jangan jadi penjilat karena lama lama sikap anda ini malah
bisa memuakkan atasan anda, tapi berikan apa yang diharapkan atasan anda dengan
cara yang diinginkan, dalam waktu yang ditetapkan dan dalam bentuk yang diminta
dan berikan added value dari itu semua. Kalau bisa belum diminta sudah anda
siapkan hanya karena anda sudah mengetahui kebiasaan atasan anda tsb.
12. Jangan pernah mengolok olokan
atasan anda dibelakangnya karena anda tidak pernah tahu bahwa orang orang yang
sedang bercanda dengan anda bukan orang yang dekat dengan beliau.
13. Jangan suka membanding
bandingkan pekerjaan/kantor anda sekarang dengan tempat kerja anda yang lama,
kalau keseringan orang akan bosan dan sebel kepada anda apalagi kalau yang anda
pamerkan adalah tempat kerja yang lama lebih bagus dari yang sekarang
14. Jangan pernah mengeluh jika
diberi tugas tugas yang menantang, selalu lihat sisi positifnya siapa tahu
kalau anda berhasil akan mempengaruhi posisi anda. Jika anda gagal tetapi anda
sudah melakukan yang terbaik pasti akan ada penilaian lain yang positif.
15. Jangan pernah menganggur di
kantor dan mengganggu orang lain, jika anda betul betul tidak ada pekerjaan
anda bisa menawarkan diri untuk membantu teman lain yang pekerjaannya sedang
menumpuk dan dikejar deadline, dengan demikian orang akan menyukai anda karena
ringan tangan
16. Jangan menggunakan waktu kerja
untuk mengerjakan hal hal pribadi termasuk telp2an berlama lama dengan pacar
atau teman anda, biarpun anda menggunakan fasilitas pribadi tetapi bukankah
anda di bayar untuk bekerja dalam jam jam kerja tsb.
17. Jika anda melakukan kesalahan,
anda harus langsung mengakuinya dan jangan coba mencari alasan yang tidak
bertanggung jawab dengan mencari kambing hitam
18. Jika ditegur atau dimarahi
atasan, jangan menunjukkan sikap tidak suka apalagi kalau diforum karena sikap
anda ini menunjukkan kekerdilan jiwa anda. Jika anda merasa benar maka tunggu
kesempatan untuk anda bicara jangan potong pembicaraannya. Percuma didebat
kalau lagi marah, tunggu waktu yang tenang dan coba bicara dari hati ke hati
tentang hal yang menurut anda itu bukan salah anda namun pastikan hati anda
kosong dan tidak ada kemarahan atau kejengkelan terpendam
19. Jika anda diperlakukan semena
mena oleh atasan atau perusahaan maka coba anda lihat apakah itu memang sudah
jadi kebudayaan di kantor itu, jika demikian sebaiknya anda langsung bicara
dengan atasan anda dengan sikap yang tenang dan profesional apa yang anda tidak
sukai dari cara dia memperlakukan anda, percayalah sikap tenang anda akan
membuatnya segan karena biasanya orang yang suka marah marah tidak karuan
sebetulnya memiliki kelemahan emosi dan biasanya mereka cuma berani sama orang
orang yang bisa ditekannya.
20. Jadilah seseorang yang membawa
aura positif di kantor anda maka anda akan disukai oleh mereka yang juga
positif. Dan anda akan jadi magnit bagi kebaikan di kantor anda juga
21. Jaga stamina anda dan
perhatikan gaya hidup anda, karyawan yang sakit sakitan walaupun pandai tidak
akan bisa bertahan lama. Lakukan balancing secara rutin atas Mind, Body &
Spirit anda Semoga ke 21 TIPS ini membantu anda menjadi karyawan yang profesional
dan dapat diandalkan.
Salam epos,
Lies Sudianti
Komentar
Posting Komentar