Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 1, 2017

PERTEMUAN BKSN

KETERAMPILAN BERPIKIR DAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH (IMPLIKASINYA BAGI PROSES PENDIDIKAN)

KETERAMPILAN BERPIKIR DAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH (IMPLIKASINYA BAGI PROSES PENDIDIKAN) Oleh : Afandi A.  Pendahuluan Kemampuan manusia untuk menggunakan akal dalam memahami lingkungannya merupakan potensi dasar yang memungkinkan manusia berfikir. Berpikir merupakan upaya untuk memperoleh pengetahuan dan dengan pengetahuan tersebut proses berfikir dapat terus berlanjut guna memperoleh pengetahuan yang baru, dan proses itu tidak berhenti selama upaya pencarian pengetahuan terus dilakukan (Suharsaputra, 2004). Berfikir bukanlah kegiatan fisik namun merupakan kegiatan mental, bila seseorang secara mental sedang mengikatkan diri dengan sesuatu dan sesuatu itu terus berjalan dalam ingatannya, maka orang tersebut bisa dikatakan sedang berfikir. Oleh karena itu, dapat dikatakan kegiatan berpikir terkait dengan aktivitas mental yang merupakan manifestasi dari kegiatan pengindraan dan pengalaman yang membentuk sebuah gagasan konsep yang mendalam. Sidharta (2005) menggambarkan aspek