Langsung ke konten utama

PELATIHAN MENJUAL: "MENJUAL DIRI ANDA&CARA2 MENJUAL: dari beberapa artikel terpilih






















 Sukses Menjual (dengan tips dan trik cara menjual)

Menjual adalah :
Suatu aktifitas untuk  mempengaruhi seseorang agar berminat/merespon suatu produk/jasa yang kita tawarkan sehingga bermanfaat untuk mereka.

Langkah-langkah Menjual :

I. Persiapan

Persiapan merupakan langkah penting yang sangat menentukan keberhasilan penjualan.
Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjual :
a. Perhatikan Penampilan Anda :
                - Berbusana rapi.
                - Tata rias rapi
                - Tata rambut rapi
                - Gunakan wewangian
b. Persiapkan Alat Bantu Penjualan Anda
1.                  Brosur dan flyer (pelajari terlebih dahulu)
2.                  Tester/contoh-contoh produk
3.                  Produk & perlengkapan untuk Demo
4.                  Alat tulis dan kalkulator
5.                  Buku Pesanan
c. Suara jelas
d. Ramah
e. Sabar
d. Percaya Diri !!!

II. Pelaksanaan Penjualan

Terdiri dari 5 langkah dasar ketrampilan menjual :
1. Melakukan pembukaan/ Pendekatan yang baik
2. Menentukan Kebutuhan
3. Menjual Keuntungan
4. Mengatasi Penolakan
5. Menutup Penjualan  

1. Pembukaan / Pendekatan Yang Baik

Merupakan langkah pertama yang sangat penting, agar dapat diterima oleh calon konsumen.
Langkah-langkahnya :
o        Salam dan memperkenalkan diri        
                Untuk memecahkan kebekuan suasana.              
o         Menjelaskan Tujuan kunjungan
   
 Untuk menghilangkan kecurigaan                    
o         Menjelaskan manfaat dari kunjungan  Anda      
                Agar konsumen tahu manfaat  kunjungan kita
                                                                                                              
2. Menentukan Kebutuhan

Tujuan :
Untuk mengetahui minat/kebutuhan calon konsumen.
Dengan mengetahui minat/kebutuhan konsumen, kita dapat memilih/menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen kita.
Penjualan menjadi lebih efektif.
Caranya :
-     Mengajukan “Pertanyaan Terbuka”
      Untuk menggali minat konsumen, ajukan pertanyaan-pertanyaan terbuka agar tidak dijawab dengan “ya”  atau “tidak”
-          Awali pertanyaan dengan kata-kata siapakah, apakah, bilamana, dimana, bagaimana dan ceritakan kepada saya.
-          Memperhatikan dan menyimak apa yang disampaikan konsumen.
-          Mencatat poin-poin penting.
-          Menunjukan empati.

3. Menjual Keuntungan

Tujuan
Memberi gambaran kepada konsumen tentang karakteristik dan keunggulan produk yang kita tawarkan.
caranya
                Awali dengan menjelaskan karakteristik produk terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan manfaat/keuntungan yang akan diperoleh konsumen.
                Contoh                                                 Contoh
                Pena ini hitam                   - Tulisan dengan tinta hitam akan mudah dibaca.

MENGHUBUNGKAN KEUNTUNGAN DAN KEBUTUHAN
                Sebagai seorang penjual, kita harus mampu menghubungkan keuntungan produk yang akan kita tawarkan dengan kebutuhan konsumen.
                Caranya :
                Awali dengan menjelaskan keuntungan produk terlebih dahulu, lanjutkan dengan kalimat yang berhubungan dengan kebutuhan konsumen.

MENGHUBUNGKAN KEBUTUHAN DAN KEUNTUNGAN
                Awali dengan kebutuhan konsumen terlebih dahulu, kemudian dikaitkan dengan keuntungan produk.
                contoh :
                Melihat tingkat kesibukan ibu yang sangat tinggi maka bedak yang paling tepat untuk Ibu adalah “Natural White Two Way Powder Cake” karena produk ini merupakan gabungan alas bedak dan bedak sehingga praktis dan cepat penggunaannya.

4. Mengatasi Penolakan
                Penolakan adalah respon negatif dari konsumen terhadap apa yang kita tawarkan/jelaskan kepadanya

TIPS :
                Penolakan bukan sebagai kegagalan tapi merupakan jalan menuju sukses

JENIS-JENIS PENOLAKAN
  
              Pada umumnya penolakan terbagi dalam 4 kategori :
a. Harga
b. Persaingan
c. Waktu
d. Kualitas

BAGAIMANA CARA MENGATASINYA
Mengubah respon negatif menjadi positif dengan cara:
1.                  Menjaga perasaan konsumen
2.                  Dengarkan dengan seksama, sungguh-sungguh dan jangan memotong pembicaraannya.
3.                  Tunjukkan dengan tulus bahwa Anda mengerti dan merasakan hal yang sama.
4.                  Terangkan kembali mengenai manfaat/benefit dari produk yang ditawarkan.
5.                  Jelaskan cara mengatasi masalahnya dan hasil/kenyataan yang akan didapat.
6.                  Jangan lupa tersenyum dan mengucapkan terima kasih.

BEBERAPA CONTOH MENGATASI PENOLAKAN

a. HARGA.
Sebagai konsumen, awalnya saya merasakan hal yang sama, tetapi dibanding dengan manfaat yang kita dapatkan saya yakin harga ini tidak mahal.

b. PERSAINGAN
Saat ini memang banyak beredar produk-produk whitening, namun hanya Natural White yang memiliki kandungan terlengkap dengan bahan-bahan alami yang tidak berbahaya bagi kulit wajah (jelaskan kandungan-kandungan whitening) 

c. WAKTU
Saya akan tinggalkan Brosur dan Kartu nama saya untu Anda.
Saya akan menghubungi Anda kembali besok. 

d. KUALITAS
Saya bisa mengerti …… Karena menurut penelitian 10% wanita memiliki kulit yang sensitif. Anda tidak perlu khawatir karena sensitif terhadap suatu formula bersifat individu. Untuk itu saya menganjurkan Anda melakukan ‘Patch Test’ terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kulit Anda benar sensitif terhadap produk tertentu.

Prinsip Dasar Dalam Mengatasi Penolakan
Dengarkan dan hargai pendapat orang lain.
Ajukan pertanyaan dengan kalimat terbuka.
Tanggapi kekhawatiran konsumen dengan penuh perhatian dan bijaksana.
Terangkan karakteristik dan keuntungan-keuntungan yang utama.
Berikan contoh (Testimonial) orang yang puas menggunakan produk yang anda tawarkan

5. Menutup Penjualan
Merupakan langkah terakhir dari penjualan dan merupakan langkah penting bagi keberhasilan penjualan kita.
Ada 6 cara menutup penjualan efektif yang penerapannya bisa kita padukan satu dengan yang lain sesuai dengan situasi dan kondisi pada saat kita menjual.

6 CARA MENUTUP PENJUALAN
1.                  Menentukan waktu pengiriman.              contoh: Saya akan mengirim pesanan Anda pada hari selasa besok, jam berapa Anda ada waktu ?
2.                  Langsung mengisi buku pesanan.                contoh : Boleh saya tulis pesanan Ibu sekarang?
3.                  Mengajukan pilihan.                contoh : ‘Ibu akan memesan Dazzling petitie cologne atau Sparkling petitie cologne?
    4.  Memberi kesempatan terakhir (tidak ada pilihan lain).
         contoh : ‘Tawaran ini hanya berlaku sampai akhir bulan ini’
    5.   Asumsi bahwa konsumen tersebut mau membeli
                (mengasumsikan sudah terjadi penjualan).
           contoh : ‘Saya yakin Ibu menyukai lipstick  yang berwarna  merah ini saya akan catat pesanan Ibu’.
    6.   Membuat kesimpulan
                   (mengingatkan konsumen akan keuntungan)
          contoh : ‘Lipstick pink ini sangat cocok dengan baju-baju  Ibu  yang kebanyakan berwarna dingin, seperti pink dan biru.

BEBERAPA HAL YANG AKAN MENYEBABKAN KITA GAGAL DALAM MENUTUP PENJUALAN
Kita merasa tidak yakin pada produk yang kita tawarkan.
Kita tidak bisa melihat tanda-tanda bahwa konsumen ingin membeli.     
Kita tidak bisa menentukan kebutuhan konsumen yang sebenarnya.
Kita tidak bisa mengatasi penolakan dengan baik.

III. Tindak Lanjut
Tindak lanjut merupakan langkah yang penting setelah kita melakukan penjualan karena :          
Kita dapat mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk dan pelayanan kita.
Kita dapat membina hubungan lebih baik dengan konsumen.
Memudahkan kita untuk menawarkan produk-produk tertentu
Mendapatkan order ulang karena konsumen menjadi loyal.

Bagaimana Caranya ?
Hubungi konsumen beberapa hari setelah dia memesan/membeli produk.
Tanyakan apakah dia puas dengan produk-produk yang dibeli. Kalau ada masalah kita bantu menyelesaikannya.
Hubungi secara berkala untuk menawarkan Campaign berikutnya.

TIPS MENJADI PENJUAL YANG SUKSES
Anda akan menjadi penjual yang sukses bila memiliki :
1.                  Sasaran dan strategi penjualan.
2.                  Pengetahuan produk: karakteristik dan benefit
3.                  Teknik Menjual dan Teknik Komunikasi
4.                  Perilaku yang positif :
                - Peduli pada penampilan
                - Perhatian kepada konsumen
                - Tidak cepat puas, terus belajar
                - Penuh percaya diri
                - Bersemangat, tekun
                - Berusaha keras mencapai sasaran dan berpikir positif
                - Kejujuran dan keramahan.
                - Dapat mengendalikan emosi.


8 Tips Belajar Cara Menjual yang Sukses

Apa penyebab usaha gagal atau bangkrut? Satu-satunya penyebab yang paling banyak terjadi karena tak adanya uang yang cukup. Lebih besar biaya daripada pendapatan. Karena itu kemampuan menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dari biaya amat penting. Dan pendapatan yang tinggi itu dihasilkan dari penjualan yang tinggi.

Memiliki kemampuan menjual yang bagus ini sebenarnya penting bagi siapapun. Baik anda sebagai pemilik bisnis maupun karyawan. Jelas sebagai business owner, nasib usaha anda dipertaruhkan di tangan anda. Begitupun meski anda sebagai karyawan, posisi anda akan aman selama bisnis tempat anda bekerja itu terus jalan.

Maka dari itu belajar cara menjual yang sukses amat penting bagi siapapun. Tak peduli apakah anda seorang frontliner, manajer, atau mungkin seorang teknisi. Kemampuan menjual yang sukses akan sangat berpengaruh terhadap karir anda nantinya.

Sayangnya, kebanyakan orang takut, malu, tidak percaya diri atau bahkan membenci untuk berjualan…

Kebanyakan orang tidak percaya diri menjual karena harus bertatap muka dan pandai berkata-kata secara langsung dengan prospek. Untungnya sekarang ada internet. Berkat internet, anda bisa mulai bisnis internet meski tanpa harus bertemu langsung. Anda bisa berjualan sampai ke ujung dunia, cukup dari rumah sendiri.

Nah, soal kemampuan menjual ini, baik anda bergerak di online maupun offline, anda perlu belajar. Tak ada yang perlu ditakutkan dengan menjual. Menjual itu menyenangkan. :)

Berikut ini delapan tips belajar cara menjual yang sukses. Mari simak…

1. ACTION
Seperti kalau anda ingin bisa berenang, anda harus ACTION berenang. Nyemplung ke dalam kolam, dan mulai belajar renang. Begitupun kalau anda mau pintar berjualan, anda harus mulai menjual. Jika anda tak pernah mencoba menjual, anda tak akan pernah tahu bagaimana rasanya menjual. Yang perlu anda lakukan hanyalah cari produk dan tawarkan ke orang. Baik anda lakukan itu secara online maupun offline. Dan tak perlu peduli seandainya anda belum berhasil menjual di kesempatan pertama. Ndableglah! Tetap semangat tawarkan produk anda sampai terjadi penjualan!

2. Antisipasi penolakan.
Ditolak saat anda hendak menjual itu sudah biasa. Yang penting, anda tahu apa alasan mereka menolak penjualan anda. Biasanya orang menolak karena misal tidak punya uang, tidak suka produknya, dan sebagainya. Karena itu, anda harus siapkan jawaban untuk semua penolakan itu.

3. Siapa prospek anda.
Kenali siapa orang yang mau anda tawari produk anda. Mengenali prospek amat penting agar anda bisa menjual dengan lebih efektif.

4. Yakin
Yakinlah kalau anda bisa menjual. Saat menawarkan yakinlah kalau anda bisa closing. Yakinlah bahwa anda punya penawaran yang dahsyat.

5. Tawarkan ke lebih banyak orang
Ilmu menjual sebenarnya sederhana. Semakin banyak yang anda tawari, semakin besar penjualan tercipta. Jadi, rajinlah untuk mencari prospek.

6. Jangan pernah menyerah
Tidak mudah patah semangat. Terus jual, jual, dan jual! Tak ada satupun yang akan membuat semangat anda turun.

7. Jangan anggap sales.
Saat anda menawarkan, jangan pernah menganggap anda sebagai sales sekalipun itu posisi anda. Sebab akan banyak yang memandang sebelah mata. Sebaliknya, bersikaplah seperti CEO. Bayangkan anda sebagai CEO dan anda akan terlihat berbeda.

8. Cek suara.
Cek 1, 2, 3! ya, seperti kalau anda cek sound, suara anda harus mantap. Jangan sampai suara anda terdengar membosankan. Suara yang mengesankan ini penting kalau anda ketemu orang langsung maupun untuk video/audio marketing. Anda bisa rekam suara anda dan putar ulang untuk mengetahui bagaimana suara anda. Minta pendapat dari teman bagaimana mengenai suara anda tersebut. (L-4) sumber: jokosusilo.com




Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN )

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN ) Prabu Dasamuka menyerahkan Dewi Sinta yang diculiknya, di bawah pengawasan Dewi Trijata di Taman Argasoka, kemenakannya. Sementara Regawa alias Rama terus mencari istrinya yang hilang. Ia sudah mendapat petunjuk dari Jatayu bahwa Sinta diculik raja Alengka bernama Prabu Dasamuka. Perjalan Rama ke Alengka disertai Laksamana, adiknya, dan Prabu Sugriwa serta seluruh bala tentara Kerajaan Guwakiskenda. Setelah membangun perkemahan di daerah Mangliawan, Ramawijaya mengutus Anoman untuk menjadi duta, menemui Dewi Sinta di Keraton Alengka. Hal ini membuat iri Anggada, sehingga terjadi perkelahian dengan Anoman. Rama kemudian menyadarkan Anggada, bahwa nanti akan ada tugas penting lainnya bagi Anggada. Perjalanan Anoman ke Alengka ternyata penuh hambatan. Mulanya ia berjumpa dengan Dewi Sayempraba, salah seorang istri Prabu Dasamuka. Anoman dirayu, dan diberi hidangan buah-buahan beracun. Akibatnya Anoman menjadi buta. Untunglah ia ditol

DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA

 Download Kumpulan MP3 Gending Jawa dan Lagu Jawa DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA MP3 GENDHING JAWA http://piwulangjawi.blogspot.com/p/mp3-gending-jawi.html GENDHING-GENDHING JAWA DALAM FORMAT MP3  DIPERSILAHKAN KEPADA STRISNO BUDAYA JAWA UNTUK MENGUNDUH ANEKA GENDHING JAWA KLASIK I : 001.  BENDRONGAN – PUCUNG RUBUH – GANDRUNG MANIS – DANDANGGULA BANJET – ASMARADANA JAKALOLA.mp3 002.  BW. GAMBUH LGM. LELO LEDHUNG – LDR. SARAYUDA – LAGU ONDHE-ONDHE Pl. Br.mp3 003.  BW. LEBDAJIWA – KUTUT MANGGUNG Pl. Br.mp3 004.  BW. MUSTIKENGRAT – GENDHING CANDRA -LDR. SRI HASCARYA – LDR. WESMASTER Sl.9.mp3 005.  BW. SEKAR AGENG SUDIRAWARNA – UDAN BASUKI – LIPUSARI – GAMBUH Sl. Mny.mp3 006.  BW. SUDIRAWARNA – GENDHING WIDASARI – LDR. LIPUR SARI Sl. Mny.mp3 007.  GENDHING BANDILORI – LDR. ELING-ELING – KTW. PRANA ASMARA – SLEPEG MAWA PALARAN Pl. Br.mp3 008.  GENDHING BONANG SLEBRAK PL.5.mp3 009.  GENDHING BUDHENG-BUDHENG – LDR. SARAYUDA Pl.6.mp3 010.  GENDHING