Langsung ke konten utama

KUMPULAN ARTIKEL TTG MEDITASI

Meditasi
Meditasi adalah kondisi konsentrasi rileks saat pikiran dikosongkan. Menurut penelitian Austin (dalam Solso, 2008) meditasi membantu mengurangi stres, meredakan rasa sakit, serta memperlancar kondisi fisiologis yang rileks. Meditasi adalah suatu latihan. Dibutuhkan waktu untuk mempelajarinya. Selain itu meditasi memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Meditasi memprkuat sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan dneyut nadi, dan mengangkat suasana hati anda.
Meditasi merupakan salah satu proses usaha untuk meningkatkan pengembangan pribadi seseorang secara total. Tidaklah semudah menyebutkannya, namun yang dapat dilakukan adalah memberi gambaran berbagai pengalaman dari mereka yang melakukan meditasi. Meditasi dapat dikonsepkan kedalam tiga hal:
1. Melihat ke dalam diri sendiri
2. Mengamati, refleksi kesadaran diri sendiri
3. Melepaskan diri dari pikiran atau perasaan yang berubah-ubah, membebaskan keinginan duniawi sehingga menemui jati dirinya yang murni atau asli.
Tiga hal tersebut merupakan awal masuk ke alam meditasi, karena kelanjutan meditasi sama sekali tidak lagi mempergunakan panca indera ( termasuk pikiran dan perasaan ). Pengalaman meditasi akan berbeda pada setiap orang, karena pengalaman dalam bermeditasi banyak dipengaruhi oleh latar belakang temperamen, watak dan tingkat perkembangan spiritual, serta tujuan meditasi dengan kulit atau baju kebudayaan orang yang sedang melaksanakan meditasi.
Ada beberapa lapisan kesadaran manusia. Pada lapisan kesadaran fisik kita melihat diri kita sebagaimana kita lihat fisiknya. Kemudian pada lapisan kesadaran mental-emosional, kita ingin mempertahankan kesempurnaan fisik kita. Pada lapisan kesadaran intelegensia kita sadar bahwa seberapa pun upaya kita usia akan membuat kesempurnaan fisik kita berkurang. Oleh karena itu kita sadar tidak ada gunanya melawan penuaan. Kebahagiaan tidak tergantung pada fisik belaka. Kesempurnaan fisik itu tidak abadi. Bahkan segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang abadi. Mencari kebahagiaan abadi pada hal yang tidak abadi adalah ketidak tahuan dan akan menyebabkan kita menderita. Kebahagiaan setelah melayani orang lain itu lebih membahagiakan daripada kebahagiaan sementara dalam melayani kepentingan diri pribadi.
Latihan teknik meditasi membawa kita kepada beberapa lapisan kesadaran manusia. Dalam buku “Seni Memberdaya Diri 1, Meditasi Untuk Manajemen Stres dan Neo Zen Reiki” karangan Anand Krishna disampaikan bahwa manusia mempunyai lapisan-lapisan kesadaran yang dibawa sebagai bekal sejak kelahiran. Akan tetapi tidak semua berhasil mengarungi atau keluar masuk lapisan kesadaran tersebut. Keluar masuk lapisan kesadaran dari dalam manusia adalah pengalaman yang tidak terjadi dengan sendirinya melainkan membutuhkan cara meditasi yang benar. Lapisan-lapisan kesadaran dalam diri manusia terdiri dari :
· Lapisan kesadaran jasmani
· Energi
· Pikiran
· Intelegensia
· Spiritual.
Banyak orang yang berhasil menempuh perjalanan menembus lapisan-lapisan kesadaran tersebut. Tidak sedikit pula yang merasa atau mengira sudah menempuhnya, padahal belum. Lapisan-lapisan tersebut mempunyai ciri dan kualitas energi yang mempengaruhi kejiwaan manusia. Terlebih dahulu perlu disadari bahwa lapisan kesadaran itu ada di dalam diri manusia. Keberadaan lapisan kesadaran tidak merupakan pemilahan yang tajam, namun keutuhannya adalah potensi manusia. Untuk mencapai puncak pemekaran potensi diri manusia, perlu ditempuh perjalanan ke dalam diri, menembus lapisan kesadaran tersebut.


Inilah Meditasi...

Mari istirahat sejenak ,rileks...dimanapun Anda berada...silahkan rileks sejenak...
Bacalah tulisan ini dengan santai dan seksama,penuh kesadaran dalam memaknainya , Jangan tergesa-gesa :
...aku sedang memusatkan perhatianku pada layar monitor ini...ya...hanya memusatkan pandangan mataku pada huruf-huruf yang sedang ku baca ini,detik ini...saat ini pula. inilah apa yang kulakukan sesungguhnya..detik ini,membaca kalimat ini....
...aku menarik nafas melalui hidungku saat ini...dan akan kuhembuskan langsung tanpa kutahan,juga melalui hembusan nafas hidung... ( lakukanlah )...
aku menarik nafas lagi sekarang...lebih panjang nafas ku hirup ....dengan rasa hati lega.....
lalu sekarang ku hembuskan panjaaaaangg...tenaaaanng......melalui hidung pula.  ( lakukanlah )..
saat ini tangan kananku sedang menyentuh mouse... aku baru saja melirik tangan kanan dan mouse tersebut...
sekarang,....  aku menarik nafas lagi...kemudian ku hembuskan lagi.... rileks...lembuuut...( lakukanlah )..
aku menghayati ini semua..aku hidup !! dan seluruh pikiranku benar2 berada pada detik ini,pada saat ini...oh....Terimakasih wahai kehidupan...aku masih hidup...dan sehat hingga detik ini !!.....
aku tidak tahu apa yang bisa terjadi 5 menit nanti,,  5 hari nanti atau 5 tahun nanti...tapi yang jelas, kini, detik ini, aku berada disini,dan hidup.
Terimakasih wahai sang Pemberi hidup...  terimakasih oh ayah Bunda,oh kakek,oh nenek,oh kakak oh saudaraku,oh sahabat ku,oh teman-temanku , oh Kekasihku,....berkat kebaikan kalian, aku detik ini berada di sini dan aku hidup. ya...aku sedang dan masih  hidup...
Kehadiran kalian sungguh berarti...walau kadang jalan kebersamaan kita tak selamanya manis ,namun aku bersyukur pada Detik ini,aku masih hidup di sini... di depan monitor ini,dalam keadaan sadar, semoga keadaan kalian semuanya juga baik2 saja...
Terimakasih atas semua pelajaran hidup yang telah kalian ajarkan, meski kadang terjadi tanpa kalian sengaja...pahit getir nya pengalaman tersebut, semuanya sangat bermakna pada hidupku...buktinya,pada detik ini,aku baik2 saja,aku selamat,sehat dan masih bisa melaksanakan meditasi di hadapan komputer ini.
Damailah alam semesta,...damailah diriku,...damailah jiwa  semua makhluk... Terimakasih Wahai Sang Maha Bijaksana...bimbinglah hidupku selalu..selamanya........, karena sesungguhnya ,Roh tak pernah mati.


Hakikat Meditasi

Gede Prama pernah berkata, hakikat meditasi adalah seperti makan saat lapar, minum saat haus, dan tidur saat mengantuk. Semua hal harus teratur, sesuai takaran, keinginan dan kebutuhan. Aku pun membuat kesimpulan, dengan meditasi melalui pengaturan tarikan nafas dan hembusan nafas, maka kita pun melatih organ pernafasan untuk bekerja teratur, seimbang sesuai dengan kebutuhan. Jangan boros dengan nafas, apalagi bila dalam bernafas kita memasukkan unsur-unsur negatif bagi tubuh, seperti rokok, ganja, ataupun zat adiktiv lainnya. * Penulis adalah Guru Sejarah SMA Avicenna Cinere


Mengenal Meditasi

Meditasi adalah suatu disiplin dalam kebudayaan yang berupaya untuk meningkatkan kesadaran manusia. Jadi itu bisa dilakukan oleh siapa saja, dari bidang apa saja, asal merasakan suatu manfaat dari latihan tersebut. Tulisan ini hanya membahas hal-hal yang dasar saja, untuk membantu pemahaman para pemula yang tertarik melakukan olah pribadi melalui jalan meditasi. Uraian yang lebih menyeluruh saya tuliskan dalam beberapa bab—yang tengah saya persiapkan menjadi sebuah buku.
Lalu apakah yang dilakukan seseorang dalam meditasinya ketika ia sedang duduk bersila? Kita mulai dari dasar dulu. Yang jelas, dengan duduk bersila dan memejamkan mata, seseorang dituntut untuk bisa merileks-kan seluruh badannya. Dalam khasanah yoga, yang demikian itu disebut dyanna yoga, yaitu yoga yang dilaksanakan dengan berdiam diri, dengan posisi duduk tertentu. Dalam Budhisme meditasi semacam ini disebut sebagai satipana—bisa kita jumpai pada patung-patung Budha di candi Borobudur yang dalam sikap meditasi duduk dengan badan rileks-lunglai namun tulang punggung terjaga tegak-lurus—Setelah duduk rileks, lalu mengatur nafas. Atau tanpa mengatur nafas pun tak apa, dengan menghayati nafas seadanya yang keluar-masuk hidung. Dengan menghayati demikian lama-lama nafas menjadi teratur sendiri.
Jika sudah duduk tenang dan nafasnya sudah teratur, fikiran supaya berkonsentrasi meneliti secara rinci tingkat kerileks-an setiap organ. Apakah dahinya sudah betul-betul rileks? Lalu pipi, bola mata, hidung, daun telinga, bibir, dagu, kulit kepala, tengkuk, leher, pundak, tulang punggung, kulit punggung, tangan, dada, perut, pantat, paha, betis, telapak kaki, jari-jari kaki, pokoknya semuanya dicek. Kalau ada yang belum rileks, perintahkan agar rileks. Maksudnya, perintahkan dengan fikiran. Kalau sudah rileks, perintahkan untuk lebih rileks. Dan jangan lupa menghayati nafas. Nafas semakin teratur semakin baik. Nafas yang teratur akan turut membantu mengondisikan rileks, di samping melancarkan sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh. Setelah nafas teratur bisa ditingkatkan menjadi nafas yang lembut atau halus. Semakin halus semakin baik, sampai akhirnya nafas bisa dirasakan oleh seluruh badan kita. Dalam itulah diri kita merasa tenang dan damai.
Untuk pemula biasanya ada kendala kurang nyaman karena posisi duduk yang diatur. Biasanya kaki kesemutan sehingga mengganggu konsentrasi. Jika demikian, janganlah dipaksakan. Latihan sebentar dulu, 5 sampai 10 menitan cukup. Kalau rajin, dalam waktu seminggu insyaallah sudah tak kesemutan lagi. Akan Anda rasakan nanti betapa duduk yang diatur itu adalah suatu kenyamanan tersendiri. Nyaman, karena pengaturan posisi itu juga mempertimbangkan posisi alamiah badan kita.
Usahakan agar badan statis. Tidak bergerak-gerak, tetapi rileks. Itu kunci utama apabila mau memasuki tahapan meditasi yang lebih jauh lagi. Landasi pula dengan semangat yang kokoh, mantap, dan terbuka. Maka, dalam sikap duduk yang tenang, dengan tulang punggung yang lurus, dengan nafas yang teratur, fikiran meneliti seluruh organ tubuh agar betul-betul dalam kondisi rileks. Lakukanlah dengan penuh yakin. Dan berusahalah menjaga keheningan fikiran kita, tidak kisruh dan tergesa-gesa ingin mencapai ini dan itu yang tak jelas sasarannya. Nanti malah membuang waktu saja. Selesaikan dulu persoalan: bagaimana bisa duduk tenang dan rileks. Jika itu bisa dipenuhi, berbagai kemungkinan akan terjadi, sebab aktifitas ‘dalam’ meditasi tak seluruhnya dalam kendali fikiran. Dalam keseimbangan dan ketenangan tertentu bisa muncul suatu gerakan yang naluriah dari badan kita. Semisal, pada organ tertentu ada semacam desakan atau denyutan. Atau, badan kita dengan sendirinya bergoyang-goyang. Atau, ada hawa hangat yang merambat di dalam tubuh kita. Dan lain-lain lagi. Jika terjadi hal-hal semacam itu, ikutilah dengan tenang sampai meditasi selesai. Jika ketenangan tak bisa dihadirkan, jangan dipaksakan. Dengan pelan-pelan hentikanlah meditasi, dan ulanglah kembali dari awal.
Bagi yang sudah terlatih, rileksasi bahkan sangat mendetail sampai organ-organ dalam: jantung, hati, usus, lambung, ginjal, paru-paru, limpa, kelenjar timus, kelenjar tyroid, kelenjar thalamus, kelenjar hipothalamus, kelenjar pineal, kelenjar pituitary, kelenjar pancreas, syaraf-syaraf, sum-sum, tulang dan darah. Untuk bisa sampai itu orang tak perlu hebat atau sakti. Yang penting itu tadi, bisa duduk tenang dan rileks, dan bernafas dengan segenap badan kita. Detak jantung, aliran darah, kerja syaraf, gerakan kelenjar, akan bisa kita rasakan dengan sendirinya. Kalau sudah bisa merasakan, fikiran bisa memandu. Semacam tour itu. Bisa tamasya ke otak, ke jantung, ke paru-paru, ke lambung, dan seterusnya. Ikuti dan hayati gerakannya. Kalau sudah cukup fikiran memandu untuk pindah ke organ lainnya. Atau, jika dalam meditasi merasakan suatu hawa hangat yang bergerak, ikutilah gerakannya. Hawa hangat itu bisa muncul dari mana saja. Bisa dari punggung, dari perut, dari dada, atau dari kepala. Biasanya lalu merambat ke organ-organ yang lain.
Hawa hangat itu sering disebut sebagai hawa murni. Kalau dalam yoga namanya prana. Kalau dalam Tao disebut chi. Kalau dalam Zen disebut ki. Kalau dalam bahasa Inggris disebut prhenic. Orang-orang Yunani menyebutnya pnoema. Sebenarnya sifatnya tak harus hangat. Bisa juga sejuk. Atau berbagai-bagai sifat yang lain, sebab karakter hawa murni juga terkait dengan suasana fikiran kita. Sampai sekarang para ilmuan belum bisa mengidentifikasi secara pasti apa itu hawa murni. Kurang lebihnya, hawa murni adalah essence dari unsur-unsur alam: tanah, api, cahaya, kayu, logam, dan air, yang juga menjadi materi dari badan kita. Hawa murni juga disebut sebagai tenaga kehidupan. Nah, pada taraf selanjutnya kita juga akan berkonsentrasi dengan hawa murni ini. Konsentrasi yang saya maksud adalah, saat bernafas gagasan kita menghirup hawa murni tersebut. Dan saat menghembuskan nafas gagasannya adalah membuang hawa kotor dari tubuh kita. Ada lagi gagasan yang lain ketika bernafas, yaitu menghirup sifat-sifat baik dan mengeluarkan sifat-sifat tidak baik dari dalam diri kita. Kedua gagasan itu pada tujuannya adalah sama. Karena sumber dari segala sumber kehidupan adalah Tuhan, itulah sebabnya sebelum bermeditasi supaya kita berendah hati memohon agar diberikan bimbingan dan jalan supaya meditasi kita menuju arah yang baik. Jangan lupa, pada tujuannya meditasi adalah mengolah kesadaran. Tanpa landasan ruhani itu, niscaya meditasi kita hanya sebagai aktifitas badani semata. Dan itu berarti anda merugi, karena hanya mendapatkan kecantikan badan. Seorang pujangga ada yang berkata: kecantikan badan ada batasnya, kecantikan pribadi tak terbatas oleh masa. ***

MEDITASI DALAM TRADISI KRISTIANI

"Apakah Meditasi Kristiani sesuai dengan ajaran Kristiani ?", pertanyaan ini sering menghantui pikiran teman-teman yang baru mengenal Meditasi Kristiani. 

Steve Jobs, pendiri Apple Computer yang monumental , ketika masih muda di tahun 1974 pergi ke India , berkeliling dari desa kedesa selama 7 bulan melakukan perjalanan spiritual ,dengan tujuan mencari pencerahan . Steve penganut Buddha- Zen, tetapi sebelumnya mulai sekitar tahun enam puluhan , ribuan orang2 muda dari segala penjuru dunia , banyak diantaranya dari latar belakang kekristenan, sudah pergi ke Timur (i.e. India) juga, untuk mencari pengalaman spiritual antara lain untuk memperoleh ketenangan jiwa maupun mengobati luka luka batinnya. Hal seperti itu bukanlah sesuatu yang buruk, karena banyak orang yang memperoleh manfaat dengan pencarian seperti itu. Namun yang mengherankan adalah ; pencerahan yang dicari jauh jauh itu sebetulnya sudah ada di tradisi kekristenan sendiri. Bagi Pater Thomas Keating, seorang imam Trappist, terusik hati kecilnya dan bertanya tanya :" Mengapa ratusan orang muda selalu pergi ke India setiap musim panas untuk mencari bentuk-bentuk spiritualitas, padahal ada banyak biara kontemplatif di negerinya sendiri ?" . 

Referensi mengenai meditasi atau kontemplasi yang paling awal dapat diketemukan pada Injil, adalah di Perjanjian Lama, Yosua 1:8, " Jangan lah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini,TETAPI RENUNGKANLAH ITU SIANG DAN MALAM, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis didalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung". Yosua hidup disekitar tahun 1500 -1390 sebelum Masehi, dengan demikian referensi kontemplasi tersebut sudah ada di tradisi Kristiani sekitar abad 14 sebelum Masehi. 

Pada sekitar abad 15 sebelum Masehi, referensi meditasi dapat dijumpai pada kitab Hindu Veda. Kemudian sekitar abad 6 sampai 5 sebelum Masehi, meditasi juga ditemukan dalam tradisi Tao di Cina dan Buddha di India. 

Pada awalnya, sekitar abad ke tiga Masehi, banyak pengikut pengikut Yesus yang pergi ke padang gurun dan kemudian tinggal disana untuk mencari inspirasi, petunjuk dan pencerahan . Salah satu Rahib atau Bapa padang gurun yang termashur adalah Anthony the Great atau Antoni yang Agung. Bapa Antoni pindah ke gurun pasir pada sekitar tahun 270-271 dan kemudian terkenal sebagai Bapa dan pendiri Biara padang gurun. 

Setelah Bapa Antoni meninggal dunia pada tahun 356, ribuan Rahib mengikuti jejak Antoni dan tinggal di padang gurun. Menurut ceritera, Bapa Antoni tergerak untuk hidup menyepi di padang gurun setelah dia mendengar kotbah yang membahas Matius 19:21 ," Kata Yesus kepadanya:" Jikalau engkau hendak sempurna , pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang orang miskin, maka engkau akan beroleh harta disorga, kemudian datanglah kemari dan ikutlah Aku". Bapa Antoni yang Agung melepaskan semuanya , dan baginya "Allah saja cukup", lalu pergi untuk hidup dan menyepi di padang gurun. Pengikut-pengikut Yesus ini memilih keheningan, berpuasa dan berkontemplasi disamping menjadi pembimbing rohani yang canggih. Sepuluh tahun kemudian setelah Bapa Antoni pergi kepadang gurun, Konstantine I mengumumkan bahwa agama Kristen adalah legal di Mesir, sehingga umat Kristiani dapat merasa aman hidup di kota lagi. Tetapi kehidupan padang gurun yang keras, sunyi dan penuh pengorbanan telah menjadi salah satu pilihan bagi Antoni dan umat Kristen lainnya, untuk menghayati kebersamaan dengan Tuhan. 

Sedangkan dalam Perjanjian Baru, perihal kontemplasi juga banyak disinggung, misalnya pada Injil Lukas 5:16, " Akan tetapi Ia mengundurkan diri ke tempat tempat yang sunyi dan berdoa", Lukas 6:12, " Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah", Matius 14:23, "Dan setelah orang banyak itu disuruhNya pulang, Yesus naik keatas bukit untuk berdoa seorang diri, ketika hari sudah malam, Ia sendirian disitu ", dan Markus 1:35," Pagi pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi keluar. Ia pergi ketempat sunyi dan berdoa disana" dan satu lagi yang juga menyebutkan cara kontemplasi adalah Matius 6:6, " Tetapi jika engkau berdoa, masuklah kedalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu". 

Lalu mengapa ?. Kalau dalam tradisi Kristiani, meditasi sudah dikenal berabad-abad yang lalu, tetapi justru meditasi lebih diyakini berasal dari Timur (a.l. India , Cina, Jepang ) ? . Hal ini mungkin dikarenakan, meditasi dalam tradisi Kristiani lebih banyak dilakukan dalam lingkungan biara-biara saja, tertutup bagi para rahib saja. Tradisi kontemplasi atau meditasi ini tidak terbuka untuk lingkungan di luar biara. Dengan demikian umat Kristiani mempunyai pandangan bahwa meditasi hanyalah untuk para rahib di biara saja. Sedangkan ditahun tahun enam puluhan banyak pemuka pemuka agama Hindu dan Buddha yang datang ke Barat untuk mengajar meditasi kepada masyarakat umum, dimana mereka dapat datang untuk memperoleh ketenangan batin dan kedamaian atau pengalaman spiritual yang selama ini tidak diperolehnya dari agama yang dianutnya. 

Adalah Pater John Main OSB ( 1926-1982 ), salah satu Rahib yang menemukan kembali meditasi menurut tradisi Kristiani dan membawanya ke luar tembok tembok biara (monastery without walls). John Main lahir di London pada tahun 1926 dari suatu keluarga Katolik. Ketika bekerja di Departemen Luar Negeri , dia ditugaskan di Malaysia. Suatu waktu dia ditugaskan untuk mengunjungi sebuah panti asuhan di Kualalumpur, yang dikelola oleh seorang Pandita Hindu keturunan India. Dari pandita ini, John Main belajar bermeditasi dengan cara mengulang-ulang sebuah mantra. Hal ini dikemudian hari menimbulkan salah pengertian bagi sebagian orang yang menganggap bahwa cara meditasi yang diajarkan oleh Pater John Main tidak Kristiani. 

Setelah John Main kembali ke Eropa, dia kemudian menjadi Rahib Benediktin pada sebuah biara di London. Di biaranya , John Main dilarang bermeditasi oleh Pembimbing Rohani Novis nya, karena dianggap bukan suatu cara berdoa Kristiani. Dengan berat hati, John Main patuh dengan melepaskan latihan meditasi yang diikutinya selama ini. Dikemudian hari, John Main menganggap bahwa larangan pembimbing rohaninya merupakan berkat baginya, karena dengan demikian dia dia diajarkan untuk dapat melepaskan ego-nya, melepaskan sesuatu yang sangat berharga baginya. Bertahun tahun kemudian, John Main ditugaskan untuk menjadi kepala sekolah di Washington DC. Ketika suatu waktu, seorang anak muda datang kepadanya minta nasihat untuk mengatasi kesukaran hidupnya, John Main menganjurkan anak muda tersebut untuk membaca buku berjudul Holy Wisdom, karangan Pater Agustinus Baker, seorang Benediktin kontemplatif abad ke 17. Melihat antusias anak muda itu dalam membaca buku tersebut, Pater John Main tergerak untuk membaca kembali buku klasik itu. Setelah itu Pater John Main kembali bermeditasi lagi. 

Sekembalinya John Main ke London, dia terus mencari dan menggali apakah bentuk doa berupa meditasi ini mempunyai akarnya dalam tradisi Kristiani. Akhirnya dari tulisan Rahib Yohanes Kasianus pada abad ke 4, berjudul "Konferensi-konferensi " , John Main menemukan doa hening satu kata ,yang mirip dengan apa yang pernah dipelajarinya dari pandita Hindu sebelum dia menjadi Rahib Benediktin. Kasianus menyebut doa hening satu katanya sebagai formula. Formula atau doa satu kata yang favorit adalah " doa Yesus" disamping doa " Tuhan tolonglah saya ". Pada awal awal abad , doa kontemplatif tersebut pertama kali dipraktekkan dan diajarkan oleh Bapa Bapa padang gurun di Mesir, Palestina dan Siria. Doa kontemplatif makin berkembang dengan terbitnya tulisan berjudul " The Cloud of Unknowing " pada abad ke empat belas, dimana sampai sekarang pengarangnya tetap anonim. 

Pater John Main menganjurkan kata " Maranatha " sebagai mantra, yang artinya adalah "Tuhan datanglah " 1 Kor 16:22. Fungsi pokok dari formula atau mantra atau kata suci tersebut bukan untuk menekan ataupun menenangkan pikiran yang muncul, melainkan untuk menyatakan intensi untuk mengasihi Allah, menghayati kehadiran-Nya dan berserah kepada Roh Kudus selama meditasi. 

Dengan demikian, Meditasi Kristiani menurut Pater John Main bermula dari iman kita kepada Yesus Kristus dan diakhiri dengan kasih, keduanya ini tercermin dalam doa pembukaan sebelum kita melakukan meditasi, yang berbunyi sebagai berikut: "Bapak didalam surga, bukalah hati kami akan keheningan hadirat Roh Putra-Mu, bimbinglah kami kepada misteri keheningan illahi dimana rahmat kasih-Mu memancar kepada setiap orang yang merindukannya ". 

Dengan demikian dapat dipahami bahwa ajaran meditasi dari seorang pandita Hindu kepada John Main ( plus buku Holy Wisdom) hanya merupakan pemicu yang mendorong John Main untuk menemukan akar meditasi dalam tradisi Kristiani. Iman kitalah yang membuat meditasi ini kristiani, dimana kita percaya akan Yesus yang menjadi manusia, telah wafat dan dibangkitkan dan kini tinggal dalam hati kita ( "Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman" Mat 28:20 ). 

Pater John Main mulai membuka Komunitas Meditasi Kristiani yang pertama pada tahun 1975. Setelah Pater John Main meninggal, pengembangan pengajaran tentang Meditasi Kristiani diteruskan oleh muridnya, Rahib Laurence Freeman, OSB yang membentuk WCCM (World Community for Christian Meditation) pada tahun 1992 atas usulan dari Rahib Bede Griffiths (1906 - 1993). Saat ini, Komunitas Meditasi Kristiani sudah hadir di kurang lebih dari 100 negara dan di Indonesia sendiri telah terbentuk sekitar 100 kelompok yang berkumpul dan bermeditasi bersama seminggu sekali. 

Referensi : bahan-bahan seminar Komunitas Meditasi Kristiani, Buku Intim bersama Allah, Buku Meditasi bersama Yesus, Latihan Harian Meditasi Kristiani. 

Disarikan oleh Pak Edhi Siswoyo dari Kelompok Meditasi Gereja St. Yakobus, Kelapa Gading, Jakarta 


KELOMPOK MEDITASI KRISTIANI
· Banyak orang merasa sangat terbantu bila mereka bergabung dalam salah satu kelompok meditasi. Beberapa orang merasa dapat bermeditasi dengan lebih baik bila berada bersama orang lain. Menurut saya masih ada beberapa keuntungan lain bila bergabung dalam sebuah kelompok. Tersedianya buku-buku, CD dan sumber-sumber lain yang dapat dipakai bersama. Yang lebih penting lagi adalah saling berbagi pengalaman, terutama pengalaman 'gagal'. Kita tidak perlu 'sukses' dalam bermeditasi, dalam arti bahwa kita dapat 'bebas dari pelanturan' yang secara alami masuk ke dalam pikiran kita. Kita hanya diminta untuk tetap setia dan setiap kali kembali mengucapkan kata-doa kita. Dengan mendengarkan perjuangan orang lain, kita diyakinkan bahwa perjuangan kita sama dengan orang lain dan kita tidak boleh putus asa hanya karena kita tampaknya tidak memperoleh apa-apa. 
· Kebanyakan kelompok meditasi memulai pertemuan mingguan dengan mendengarkan ajaran pokok meditasi, kemudian dilanjutkan dengan meditasi dan pertemuan diakhiri dengan atau tanpa sharing atau diskusi. Dalam kelompok-kelompok yang saya bimbing, kita mempunyai tiga tahapan. Menurut saya, tiga tahapan ini sangat penting. 
· Membahas Kitab Suci Bersama

Biasanya kita mulai dengan saling berbagi pengalaman tentang bagaimana bacaan Injil hari Minggu itu telah menyentuh hidup kita. Bagi kebanyakan orang, Allah ada "diatas sana" di surga dan di dalam kepala kita. Dengan saling berbagi pengalaman sejauh mana bacaan Injil itu telah menyentuh kehidupan kita sehari-hari, maka kita menarik Allah dari surga ke dalam dunia sekitar kita. Saya menganjurkan agar kelompok meditasi sebaiknya bergabung dengan doa Gereja dengan mengikuti bacaan Injil tahun liturgi. Setelah membahas Injil bersama dan kemudian masuk dalam keheningan, maka perayaan Ekaristi pada Minggu itu akan menjadi lebih kaya. 

Untuk tahap ini kita akan mengambil ceritera orang Majus dari Injil Matius 2 :1-12 sebagai contoh: 

"Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea, pada zaman Raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintangNya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia. "Ketika Raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem. Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, dimana Mesias akan dilahirkan. "Di Bethlehem di tanah Yudea karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi: Dan engkau Bethlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda; karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umatKu Israel." 

Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak. Kemudian ia menyuruh mereka ke Bethlehem, katanya: "Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai Anak itu. Dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya akupun datang menyembah Dia." Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, dimana Anak itu berada. Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka. Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibuNya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepadaNya, yaitu emas, kemenyan dan mur. Dan kerena diperingatkan dalam mimpi, supaya jangan kembali kepada Herodes, maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain. 
· Cara Bermeditasi Yang Benar 

Disini kita hadir bersama Roh yang tinggal dalam hati kita. 

Menurut Pater John Main beginilah cara bermeditasi: 

"Anda hanya duduk diam dengan punggung tegak. Tutup mata anda perlahan-lahan. Duduk dengan nyaman tetapi sadar penuh. Secara hening, dalam batin mulailah mengucapkan kata-doa anda. Kita menganjurkan kata-doa 'MARANATHA'. Ucapkan sebagai empat suku kata yang sama panjangnya. Dengarkan kata doa itu sewaktu anda mengucapkannya perlahan-lahan dan terus menerus di dalam hati. Jangan berpikir atau membayangkan sesuatu - baik yang rohaniah ataupun yang lain. Pikiran dan imajinasi akan datang, tetapi biarlah semuanya berlalu. Alihkan kembali perhatian anda - dengan rendah hati dan kesederhanaan - dengan mengucapkan kembali kata-doa anda, dari permulaan sampai akhir meditasi anda. Bermeditasi tiap pagi dan sore selama 20 sampai 30 menit." 
· Saling Berbagi Pengalaman 

Di dalam kelompok kita bisa mendengar berbagai pengalaman, masalah dan informasi yang salah yang mungkin ada diantara para meditator. Berbagi pengalaman bukanlah waktu untuk mencari pemecahan masalah walaupun beberapa masalah dibagikan pada pertemuan itu. Ini adalah waktu untuk berbagi pengalaman dalam bermeditasi. Dengan mendengarkan perjuangan orang lain, kita diteguhkan untuk 'terus berjalan,' seperti yang dikatakan Pater John Main. Kita akan melewati dua masalah besar untuk para meditator: 
1. Keinginan untuk sukses dalam arti kata tidak mempunyai pelanturan lagi
2. Keinginan untuk mendapatkan pengalaman rohani yang luar biasa.

Seringkali amat sukar untuk menemukan seorang pembimbing rohani yang baik, terutama seorang yang mengerti tentang doa hening. Seringkali dalam kelompok kita saling memberikan bimbingan rohani satu sama lain. Berbagi pengalaman di dalam kelompok dapat membantu seseorang untuk memahami pengalamannya sendiri dan kelompok seringkali dapat memberikan dukungan bila diperlukan.

(oleh: Pater Gerry Pierse CSsR) 


Introduksi Meditasi Kristiani
(Oleh: Pastor Cyprianus Verbeek O Carm)

Para Saudara yang terkasih, 

Saya diminta untuk memperkenalkan Meditasi Kristiani kepada para pembaca sekalian. Pastor Laurence OSB adalah pimpinan dari World Community for Christian Meditation yang berkantor pusat di Inggeris. Ia menjadi penerus Pastor John Main OSB, seorang rahib Benediktin yang tahun ini kita memperingati 25 tahun wafatnya. 

Pastor John Main memperkenalkan kembali suatu cara berdoa yang sudah lama dilupakan dan tak dilakukan lagi. Awalnya ia mengenal meditasi ketika ia (masih sebagai seorang awam) bekerja di perwakilan Inggeris di Kualalumpur. Ia belajar meditasi dari seorang pandita Hindu. Tetapi kemudian ia menemukan bahwa cara sederhana itu sebenarnya sudah dikenal oleh bapa-bapa padang gurun pada abad keempat. Saya hanya membuka jalan bagi Pastor Laurence Freeman untuk memperkenalkan Meditasi Kristiani di Indonesia. 

Anda membaca tulisan ini karena anda tertarik entah oleh apa. Mungkin kata "meditasi" sendiri mempunyai daya tarik besar. Tetapi kalau saya bertanya kepada anda, apa yang anda bayangkan atau pikirkan bila mendengar kata "meditasi"? Mungkin anda tidak dapat dengan pasti memberikan jawaban. Atau kalau saya bertanya: Apa yang anda harapkan dari "meditasi", mungkin akan ada sejumlah jawaban yang berbeda-beda. Barangkali tepat, barangkali tidak. 

Jelaslah bahwa anda membaca tulisan ini karena suatu "keinginan" – "kerinduan". Bagi saya itu titik-tolak yang baik untuk sedikit berbicara tentang meditasi. Kita sudah biasa berdoa kepada Allah, ada doa pujian, ada doa permohonan dan banyak jenis lain yang kita kenal. Bila anda meng-gunakan salahsatu jenis doa, pasti dalam hati anda ada suatu kerinduan. Apa yang anda rindukan? Mungkin agar permohonan tertentu dikabulkan! 

Tetapi di dalam lubuk hati kita semua ada suatu kerinduan mendasar. Sering kurang disadari, dan dari kerinduan mendasar itu timbul segala jenis keinginan yang baik. Kita ingin menjadi bahagia. Sumber kebahagiaan sejati ialah Tuhan sendiri. Oleh karena itu kerinduan akan Allah adalah yang paling mendasar dalam diri kita. Tetapi kita kurang menyadarinya. Maka kita perlu menjadi semakin sadar dan yakin bahwa sebenarnya Allah yang paling kita rindukan.Biasanya kita mengharapkan sesuatu dari Allah, tetapi barangkali jarang merindukan Allah sendiri. Tujuan utama dari meditasi sejati ialah menyadarkan lalu meningkatkan kerinduan akan Allah. 

Ada banyak latihan rohani yang diberi nama "meditasi" baik di kalangan Katolik maupun di agama lain. Mereka menyediakan suatu cara untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya dalam meditasi diskursif kita merenungkan pokok-pokok ajaran Injil agar menjadi pegangan dalam hidup kita. Misalnya "jangan menghakimi" dapat kita renungkan hingga kita benar-benar yakin bahwa jalan ini amat baik dan berguna. Kita lalu mau menjadi orang yang tidak menghakimi sesama. Kita mengusahakan suatu perubahan dalam sikap hati kita. 

Tetapi ada meditasi lain seperti Meditasi Kristiani lebih mirip dengan sikap Bartimeus, orang buta yang duduk mengemis di pinggir jalan menuju Yerikho. Ia boleh memikiran dan mengkhayalkan suatu masa depan baru kalau saja dia bisa melihat kembali. Tetapi itu tidak mengubah sedikitpun situasinya: ia buta dan tetap buta. Ia hanya duduk, menunggu dan merindukan. Baru ketika ketemu Yesus melalui doa yang ia teriakan, ia disembuhkan oleh Yesus. Ia melihat orang di depannya, ia melihat Yesus. 

Pastor John Main menemukan dalam karangan seorang penulis abad kelima, bernama Yohanes Kasianus, metode yang dipakai oleh para rahib di padang gurun. Mereka itu seringkali orang kurang terpelajar dan sangat sederhana Dalam hati mereka hanya ada suatu keinginan: Allah. Maka mereka mengulangi suatu doa yang singkat, diambil dari mazmur atau teks kitab suci lain. Sepanjang hari mereka mengulangi doa yang sama yaitu waktu mereka berdoa, makan maupun kerja. Bukan untuk dipikirkan, melainkan untuk meng-ARAH-kan kerinduan hati dan perhatian budi mereka kepada Allah. Mungkin cara ini tak banyak berbeda dengan metode mantra lain. Tetapi tujuannya ialah meningkatkan kerinduan akan Allah, sehingga Dia menentukan hidup kita seterusnya atau dengan kata lain: seperti Yesus, kita pun mau dibimbing oleh Roh Allah dalam hidup kita, dalam doa dan pekerjaan, dalam kesendirian dan pergaulan, dimana saja dan kapan saja. 

Pastor John Main mengajarkan Meditasi Kristiani untuk membantu orang orang sibuk di era globalisasi ini. Ia menjadi seorang pembimbing rohani ternama, mungkin terbesar dalam abad ke-20, kata Pastor Bede Griffith, OSB. Pastor Laurence Freeman menjadi penerusnya dan membentuk wadah yang disebut 'World Community for Christian Meditation', bukan suatu organisasi, melainkan suatu ikatan antar meditator diseluruh dunia untuk saling meneguhkan, saling membantu dan menyebarkan ajaran Pastor John Main: Meditasi Kristiani. 

Dalam "Meditasi Kristiani", kita dibantu untuk mengatasi segala macam pengalaman yang timbul baik yang menyenangkan maupun yang mengejutkan. Tetapi justeru karena itu sangat bergunalah kalau cara berdoa yang sederhana ini, juga dilakukan dalam kelompok. Kita akan dibantu oleh pengalaman orang lain yang lebih dahulu menekuni Meditasi Kristiani. Salain itu dapat juga dibantu oleh buku dan sarana audio visual lainnya tentang Meditasi Kristiani. Ini tidak hanya berguna pada saat kita mulai berdoa dengan cara ini, tetapi juga kalau kita sudah melangkah maju di jalan ini. 

Bila anda tertarik pada cara berdoa seperti yang diajarkan oleh Pastor John Main, sebaiknya bergabung dalam kelompok yang sudah ada di berbagai kota di Indonesia. Anda bisa juga mengikuti program 6 minggu yang diadakan secara berkala, lalu putuskan apakah anda pun mau memperdalam hidup kristiani anda dengan cara berdoa ini. 
Sekian. Terima kasih. 


Komunitas Doa Hening: Penyembuhan Luka Batin



Rabu sore, ketika matahari mulai meredup, 18 orang duduk melingkar di Ruang St Thomas Aquinas, Paroki Katedral Kristus Raja Purwokerto, Jawa Tengah. Tepat pukul 18.00, mereka mendaraskan doa Malaikat Tuhan.

Selanjutnya, mereka mulai melakukan meditasi di bawah bimbingan Pastor Xaverius Raymond Kawalo MSC. Mereka dituntun masuk ke dalam suasana meditasi dengan melatih konsentrasi. Pastor Raymond mengajak para peserta melakukan penyadaran diri; menyadari berbagai suara yang terdengar di sekitar mereka. Pastor Raymond juga mengajak peserta merasakan irama denyut nadi dalam tubuh mereka masing-masing.

Lampu yang menyala perlahan diredupkan. ”Ketika kita bermeditasi, kita belajar menguasai badan kita sendiri,” kata Pastor Raymond dalam pengantar penjelasan meditasi. Menurut pastor rekan Paroki Katedral ini, badan dapat dikuasai dengan melatih konsentrasi.

Manfaat meditasi
Meski terlihat sederhana, muncul berbagai efek positif dari doa dan meditasi jika terus-menerus dilakukan. G. Margono adalah salah seorang yang merasakannya. ”Saya menjadi lebih sabar. Dulu, kalau tersinggung sedikit, saya langsung marah. Sekarang, tidak,” ujarnya.

Selain itu, Margono bisa berhenti merokok. ”Waktu saya bertugas di Timor Leste, satu hari bisa habis empat sampai lima bungkus rokok. Ketika berlatih doa hening, perlahan-lahan saya bisa mengurangi merokok dan bahkan berhenti sama sekali,” jelasnya.

Selama bermeditasi, pensiunan Brimob ini memilih tekun mempelajari doa Yesus. Doa ini ia daraskan setiap saat dalam berbagai aktivitas. Perlahan-lahan, kalimat pendek yang menurutnya tidak bisa diberitahu kepada orang lain itu muncul dengan sendirinya setiap kali mau beraktivitas. ”Lama-lama doa itu muncul sendiri. Mau tidur, mau pergi, saya mengucapkan doa itu,” ungkapnya.

Pastor Raymond menambahkan berbagai manfaat meditasi. Ia mengatakan, sebagian anggota kelompok ini adalah guru. Beberapa di antaranya adalah dosen. Menurutnya, meditasi penting bagi para guru. ”Apa yang akan kita sampaikan kepada para murid akan lebih fokus. Meditasi memperkuat daya perhatian dan konsentrasi kita,” jelasnya.

Menurutnya, meditasi akan melatih daya ingat otak menjadi lebih baik. Semakin tua, fungsi otak menurun. Tetapi, dengan tetap berlatih meditasi, daya ingat berjalan dengan baik. ”Manfaat terbesar meditasi dalam hidup rohani adalah hidup kita menjadi lebih ilahi. Apa yang kita lakukan menjadi semakin lebih bernilai di mata Tuhan,” ujarnya.

Tumbuh dari awam
Komunitas tersebut bernama Doa Hening, dibentuk di Paroki Katedral Kristus Raja delapan tahun lalu. Empat orang terlibat dalam proses berdirinya komunitas latihan doa ini. Mereka adalah Th. J. Soesilo Santoso, Ag. Hantoro Djoko Rahardjo, G. Margono, dan A.Y. Himawan Mardiko.

Kelompok Doa Hening tumbuh dari kalangan awam. Meskipun demikian, komunitas ini didampingi imam. Sesekali juga menghadirkan biarawan dan biarawati dalam pertemuan. Kegiatan kelompok berpusat pada latihan doa. 

Sejak delapan tahun lalu, setidaknya ada 200 orang yang pernah tercatat mengikuti kegiatan kelompok ini. ”Tidak ada semacam kartu anggota. Kami hanya mengenalkan metode doa. Kalau sudah mengenal, mereka bisa melakukannya di rumah,” kata Soesilo.

Soesilo, salah satu penggagas kelompok doa tersebut, adalah pensiunan karyawan perbankan. Saat masih aktif bekerja dan tinggal di Jakarta, ia menyempatkan diri untuk mengikuti bimbingan doa meditasi dengan seorang Yesuit. Pengalaman itulah yang kemudian ia tularkan ketika kembali ke kampung halaman.

Sekali waktu kelompok ini mengundang narasumber secara khusus. Biasanya ini dilakukan pada saat merayakan ulang tahun kelompok. Pada ulang tahun ketiga, Kelompok Doa Hening mengadakan sarasehan yang menghadirkan Uskup Purwokerto Mgr Julianus Sunarka SJ dan Pastor Agustinus Handoko MSC sebagai pembicara. Pastor Handoko mengenalkan metode yoga.

Pelayanan keluar
Kelompok ini tak hanya sibuk dengan urusan doa. Mereka juga melakukan pelayanan keluar dengan menjenguk para narapidana dan para lansia di Panti Jompo Catur Nugraha yang dikelola suster-suster Cinta Kasih Putri Maria dan Yosef (PMY) di Kaliori, Banyumas, Jawa Tengah.

Para anggota kelompok ini juga melayani penyembuhan luka batin bagi mereka yang membutuhkan. Saat mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan Purwokerto, mereka mengajak para narapidana belajar berdoa dalam keheningan, sekaligus menyembuhkan luka-luka batin. 

Menurut Soesilo, luka batin adalah keadaan jiwa seseorang yang tidak sehat sehubungan dengan penderitaan yang terjadi dalam hidupnya. Luka batin yang dibiarkan berlarut-larut akan berakibat pada perilaku dan pola pikir seseorang. Ia akan menjadi minder, sangat agresif, atau tidak peduli pada orang lain dan lingkungannya.

”Jika dibiarkan berlama-lama, luka batin menimbulkan sakit fisik, seperti meningkatnya tekanan darah dan kepala pusing,” imbuhnya. Soesilo mengungkapkan, metode inner healing atau penyembuhan luka batin merupakan penyembuhan dengan meneliti ke dalam diri untuk mengurai berbagai beban batin yang tidak disadari penderita. Dengan bimbingan seorang terapis, beban tersebut dibuang dari alam bawah sadar.

R. Sutriyono





C ARA BERMEDITASI

Oleh: Venerable Piyananda
Alih bahasa: Jinapiya Thera

Mengapa Bermeditasi ?
Dalam dunia ini, apakah yang dicari oleh kebanyakan orang dalam hidupnya? Sebenarnya, mereka ingin mencari ketenangan batin dan keselarasan hidup. Tidak sedikit di antara mereka berusaha mencarinya, walau mungkin mereka tidak mengetahui dengan jelas apa yang hendak dicarinya, atau mungkin cara mendapatkannya.
Mereka sering merasa bingung, merasa banyak menjumpai kekacauan dan kekalutan batin. Mereka diserang oleh bermacam-macam perasaan yang tidak memuaskan atau yang kurang menyenangkan hatinya. Secara singkat mereka ini tidak mendapatkan ketenangan dan kesejahteraan dalam batinnya.
Kebanyakan mereka ini kemudian menempuh cara yang salah untuk mendapatkan ketenangan batin dan keselarasan hidup ini. Mereka cenderung melihat dan mencari di luar dirinya sendiri. Akibatnya, dunia ini merupakan sumber semua kegelisahan.
Mereka mencari penyelesaian persoalannya dalam keluarganya, di dalam pekerjaannya,atau di dalam pergaulan dan sebagainya. Mereka beranggapan kalau dapat mengubah keadaan sekelilingnya, mereka akan menjadi tenang dan bahagia.
Sekarang sudah banyak dijumpai orang yang telah menyadari kenyataan dan berpaling, yaitu menunjukkan perhatiannya kepada sumber yang sebenarnya dari kebahagiaan dan kegelisahan, ialah PIKIRANNYA SENDIRI. Menunjukkan perhatian ke dalam diri sendiri, dalam pikirannya sendiri, inilah yang dinamakan dengan meditasi.
Dewasa ini meditasi telah banyak dipraktekkan oleh orang-orang dari berbagai bangsa dan agama. Mengapa demikian?
Karena kerja pikiran itu tanpa memakai corak bangsa atau agama tertentu. Jadi tugas meditasi adalah untuk mengerti atau menghayati sifat pikiran di dalam kehidupan sehari-hari. Pikiran adalah kunci kebahagiaan, sebaliknya juga merupakan sumber penderitaan / malapetaka.
Untuk mengetahui dan mengerti perihal pikiran dan menggunakannya dengan seksama tidaklah hubungannya dengan agama. Jadi meditasi dapat dilaksanakan oleh setiap orang tanpa menghiraukan corak agamanya.

Faedah Meditasi
Sungguh banyak yang dapat dikerjakan oleh setiap orang untuk mendapatkan kesenangan duniawi dalam lingkungan yang penuh dengan kesibukan dan kekacauan ini. Jika memang benar demikian halnya………, mengapa kita harus bermeditasi? Apakah gunanya kita membuang waktu untuk duduk diam bersila dengan bermalasan?
Sesungguhnya apabila Anda dapat melaksanakan meditasi dengan cara yang benar, maka meditasi akan dapat memberikan banyak manfaat untuk diri sendiri:
Beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan langsung adalah:
1. 
Bila Anda seorang pedagang yang selalu sibuk, meditasi menolong membebaskan diri Anda dari ketegangan sehingga Anda menjadi relaks.
2. 
3. 
Kalau Anda sering berada dalam kebingungan, meditasi akan menolong menenangkan diri Anda dari kebingungan dan meditasi membantu Anda untuk mendapatkan ketenangan yang bersifat sementara maupun permanen.
4. 
5. 
Bila Anda mempunyai banyak persoalan yang seolah-olah tidak putus-putusnya, meditasi dapat menolong Anda untuk menimbulkan ketabahan dan keberanian serta mengembangkan kekuatan untuk mengatasi persoalan tersebut.
6. 
7. 
Bila Anda tergolong orang yang kurang mempunyai kepercayaan pada diri sendiri, meditasi dapat menolong Anda untuk mendapatkan kepercayaan terhadap diri sendiri yang sangat dibutuhkan. Memiliki kepercayaan terhadap diri sendiri adalah kunci rahasia kesuksesan Anda.
8. 
9. 
Kalau Anda mempunyai rasa ketakutan dan keraguan, meditasi dapat menolong Anda untuk mendapatkan pengertian yang benar terhadap keadaan yang menyebabkan ketakutan itu, dengan demikian, Anda dapat mengatasi rasa takut tersebut.
10. 
11. 
Jika Anda selalu merasa tidak puas terhadap segala sesuatu dalam kehidupan ini atau yang berada dalam lingkungan Anda, meditasi akan memberi Anda perubahan dan perkembangan pola pikir sehingga menumbuhkan rasa puas dalam batin Anda.
12. 
13. 
Jika Anda ragu-ragu dan tidak tertarik terhadap agama, meditasi akan dapat menolong Anda mengatasi keragu-raguan itu sehingga Anda dapat melihat nilai-nilai praktis dalam bimbingan agama.
14. 
15. 
Jika pikiran Anda kacau dan putus asa karena kurang mengerti sifat kehidupan dan keadaan dunia ini, meditasi akan dapat membimbing dan menambah pengertian Anda bahwa pikiran kacau itu sebenarnya tidak ada gunanya.
16. 
17. 
Kalau Anda seorang pelajar, meditasi dapat menolong menimbulkan dan menguatkan daya ingat Anda sehingga apabila Anda belajar akan lebih seksama dan berguna.
18. 
19. 
Kalau Anda seorang yang kaya, meditasi dapat menolong Anda untuk melihat sifat kekayaan dan mampu menggunakannya dengan sewajarnya, untuk kebahagiaan Anda sendiri maupun kebahagiaan orang lain.
20. 
21. 
Jika Anda seorang yang miskin, meditasi dapat menolong Anda agar memiliki kepuasan dan ketenangan batin. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari keinginan untuk melampiaskan rasa iri hati Anda kepada orang lain yang lebih mampu atau yang lebih berada daripada Anda.
22. 
23. 
Kalau Anda seorang pemuda yang kebingungan sehingga tidak mampu menentukan jalan hidup ini, meditasi dapat menolong Anda untuk mendapatkan pengertian tentang kehidupan sehingga Anda dapat menempuh salah satu jalan yang benar untuk mencapai tujuan hidup Anda.
24. 
25. 
Kalau Anda seorang yang telah lanjut usia dan merasa bosan terhadap kehidupan ini, meditasi akan menolong Anda untuk mengerti secara mendalam mengenai hakekat kehidupan ini sehingga timbullah semangat hidup Anda.
26. 
27. 
Kalau Anda seorang pemarah, dengan bermeditasi Anda dapat mengembangkan kekuatan kemauan untuk mengendalikan kemarahan, kebencian, rasa dendam dsb.
28. 
29. 
Kalau Anda seorang yang bersifat iri hati, dengan meditasi Anda akan menyadari bahaya yang timbul dari sifat iri hati itu.
30. 
31. 
Jika Anda seorang yang selalu diperbudak oleh kemelekatan panca inderia, meditasi dapat menolong Anda mengatasi nafsu dan keinginan tersebut.
32. 
33. 
Kalau Anda seorang yang selalu ketagihan minuman keras / sesuatu yang memabukkan, dengan bermeditasi Anda dapat menyadari dan melihat cara mengatasi kebiasaan yang berbahaya itu. Kebiasaan yang memperbudak dan mengikat Anda.
34. 
35. 
Kalau Anda seorang yang pintar ataupun tidak, meditasi memberi Anda kesempatan untuk mengenal diri sendiri dan mengembangkan pengetahuan yang sangat berguna bagi kesejahteraan sendiri, keluarga serta handai taulan.
36. 
37. 
Kalau Anda dengan sungguh-sungguh melaksanakan latihan meditasi ini, maka semua nafsu emosi Anda tidak mempunyai kesempatan untuk berkembang.
38. 
39. 
Kalau Anda seorang yang bijaksana, meditasi akan membawa Anda menuju ke kesadaran yang lebih tinggi dan mencapai “Penerangan Sempurna”, Anda akan melihat segala sesuatu menurut apa adanya (sewajarnya).
40. 
Inilah beberapa faedah praktis yang dapat dihasilkan dalam latihan meditasi. Faedah ini tidak dapat dijumpai atau ditemukan dalam buku, apalagi dapat dibeli di warung. Uang tidak dapat dipakai untuk mendapatkannya. Anda mendapatkannya sebagai hasil menjalankan latihan meditasi. Anda temukan dalam diri sendiri yaitu dalam PIKIRAN Anda.

Persiapan untuk Belajar Meditasi
TEMPAT
Bila Anda termasuk seorang yang sedang belajar meditasi, sebaiknya pilihlah tempat yang sesuai untuk berlatih meditasi. Hindarkanlah tempat yang terlalu ramai, penuh dengan kesibukan pekerjaan sehari-hari. Tempat tersebut misalnya dapat berupa kamar, kebun, atau tempat lain yang cukup terang. Berusahalah berlatih di tempat yang sama dan jangan sering berpindah tempat. Kalau Anda sudah maju, maka Anda dapat berlatih meditasi di mana saja, bahkan di tempat Anda menyelesaikan pekerjaan.

WAKTU
Waktu meditasi dapat dipilih sendiri. Sesungguhnya, setiap waktu adalah baik. Namun, biasanya orang menganggap bahwa waktu terbaik bermeditasi adalah pagi hari antara jam 04.00 sampai dengan jam 07.00. Atau sore hari antara jam 17.00 sampai dengan jam 22.00. Kalau Anda sudah menentukan waktu bermeditasi, pergunakanlah waktu itu sebaik-baiknya. Selama waktu itu, Anda ‘HARUS’ mempergunakan kekuatan kemauan Anda untuk meninggalkan sementara segala kesibukan sehari-hari seperti, pekerjaan, kesenangan, kesedihan dan kegelisahan.
Sewaktu melatih meditasi, jangan berikan kesempatan atau melayani bentuk-bentuk pikiran keduniawian masuk ke dalam pikiran Anda. Betekadlah agar tekun dalam melakukan latihan meditasi dengan teratur setiap harinya. Bila meditasi Anda telah maju, setiap waktu adalah baik untuk berlatih meditasi. Kalau Anda telah mencapai tingkatan ini, maka meditasi merupakan bagian hidup Anda sehari-hari. Dengan kata lain, meditasi telah menjadi kebiasaan hidup Anda.

GURU
Mungkin Anda merasa memerlukan seorang guru atau pemimpin dalam melatih meditasi. Sebenarnya tidaklah mudah mencari guru yang pandai dan sesuai untuk mengajarkan meditasi kepada Anda. Kalau Anda mempunyai teman yang sudah berpengalaman bermeditasi, cobalah berdiskusi dahulu dengannya. Kalau Anda mempunyai buku mengenai meditasi, bacalah dahulu buku tersebut. Dia adalah guru Anda. Kalau Anda telah mendapatkan guru, ketahuilah bahwa guru hanyalah teman dan penunjuk jalan Anda. Dia tidak dapat melakukan meditasi untuk Anda. Dia tidak dapat membebaskan diri Anda, Kalau Anda sudah dapat mengatur dan memusatkan pikiran, kemudian mengembangkan KESADARAN yang kuat, itulah yang akan menjadi guru Anda. Sesungguhnya, guru Anda saat ini telah berada dalam diri Anda sendiri.

SIKAP DUDUK
Dalam melatih meditasi, Anda bebas memilih sikap duduk. Anda dapat bersila dengan bersilang, bertumpuk atau sejajar. Anda juga dapat melipat kaki ke samping. Yang penting, kaki hendaknya tidak kaku, harus kendur dan santai. Sebaiknya, ambillah sikap duduk yang paling enak dan paling mudah. Duduklah dengan santai, jangan bersandar, punggung harus tegak lurus namun tidak kaku atau tegang, badan harus lurus dan seimbang, leher tegak lurus, mulut dan mata tertutup. Sikap duduk selama meditasi harus selalu waspada agar tidak lekas mengantuk.

Obyek Meditasi
Meditasi dibedakan dalam dua macam, yaitu:
1. Meditasi untuk mencapai ketenangan.
2. Meditasi untuk mencapai pandangan terang.
Meditasi untuk mencapai ketenangan adalah suatu usaha melatih pikiran agar dapat menghasilkan ketenangan melalui PEMUSATAN PIKIRAN. Pemusatan pikiran adalah suatu keadaan ketika semua bentuk-bentuk batin terkumpul dan terpusat dikendalikan oleh kekuatan kemauan ditujukan ke suatu titik atau obyek. Jadi pikiran terpusat itu adalah pikiran yang dikonsentrasikan atau dikumpulkan ke suatu obyek. Dengan perkataan lain, pikiran itu tidak berhamburan, melamun kian kemari. Pada umumnya, pikiran itu berhamburan ke semua penjuru, tetapi jika mulai dipusatkan ke suatu obyek, maka kita akan mulai mengenal sifat yang sebenarnya dari obyek itu. Proses pemusatan pikiran itu membiasakan pikiran setingkat demi setingkat sehingga mampu dikendalikan agar terpusat pada satu titik atau obyek.
Apakah tujuan mengembangkan pemusatan pikiran itu?
Dengan melatih pikiran sedemikian ini, maka Anda akan mendapatkan ketenangan dan keseimbangan batin. Bahkan, akhirnya Anda dapat menghentikan pikiran yang melamun, berkeliaran menghabiskan tenaga dengan sia-sia. Pikiran tenang sebenarnya bukanlah tujuan akhir meditasi. Ketenangan pikiran hanyalah salah satu keadaan yang diperlukan untuk mengembangkan pandangan terang. Dengan perkataaan lain, ketenangan pikiran mutlak diperlukan bila Anda ingin mendapatkan PENGERTIAN BENAR mengenai diri sendiri dan dunia ini dengan semua proses dan persoalannya.
Meditasi ketenangan melatih pikiran sedemikian rupa ke dalam tingkat konsentrasi yang disebut ‘jhana’ untuk mengembangkan kekuatan batin atau kesaktian. Keadaan konsentrasi yang kuat demikian ini sebenarnya tidak praktis atau tidak perlu bagi seseorang yang hidup di jaman kemajuan yang penuh dengan kesibukan ini. Pada umumnya, dalam kehidupan sehari-hari, pikiran selalu berlompatan ke masalah yang telah lewat atau yang sekarang, juga ke masalah yang akan datang, dari satu tempat ke tempat yang lain. Sebenarnya, hal ini hanya menghabiskan banyak tenaga. Kalau kita dapat melatih mengendalikan pikiran dalam suatu konsentrasi yang diperlukan – tidak perlu yang tinggi – untuk dipergunakan dalam setiap tugas yang dihadapi disetiap saat kehidupan, hal semacam ini kiranya sudah cukup baik. Kalau Anda sedang membaca, jalan, duduk, bercakap-cakap, atau segala sesuatu yang sedang dilakukan di dalam kehidupan sehari-hari, usahakanlah SELALU SADAR. Dengan pikiran tenang, perhatian ditujukan ke segala sesuatu yang sedang dilakukan, yang sedang dihadapi. Belajarlah untuk memusatkan pikiran kepada setiap tugas yang sedang dihadapi. Dengan perkataan lain, HIDUPLAH SAAT SEKARANG INI.
Kalau Anda ingin mengembangkan konsentrasi, pertama-tama, berusahalah mendapatkan obyek yang cocok agar dapat membantu memperoleh ketenangan dan konsentrasi dengan cepat.
Terdapat 40 macam obyek meditasi. Untuk melakukan meditasi, Anda dapat memilih salah satu di antara obyek tersebut sesuai dengan sifat pribadi Anda. Kalau tidak ada guru yang dapat memberikan petunjuk untuk memilih salah satu obyek itu, ikutilah petunjuk di bawah ini:
1. Obyek harus netral. Kalau obyek menimbulkan perasaan negatif yang kuat, seperti: nafsu, benci, sedih, serakah, keragu-raguan, dan sebagainya, maka obyek tersebut tidak akan dapat menenangkan pikiran, sebaliknya hanya akan merangsang dan mengacau saja.
2. Obyek kadang kala juga terdapat dalam diri sendiri, misalnya: pernafasan, cinta kasih, belas kasihan dan sebagainya. Atau, obyek di luar diri, misalnya: bunga, tanah, api, warna dan sebagainya.
3. Obyek harus yang menyenangkan serta dapat diterima oleh pikiran. Kalau pikiran menolak obyek itu, maka konsentrasi akan menjadi lemah,
4. Perlu diketahui, obyek yang telah sesuai dan terbiasa Anda gunakan, tidak selalu dapat menimbulkan konsentrasi pikiran Anda. Misalnya, sehabis marah, obyek cinta kasih sangat sukar dipakai sebagai obyek meditasi. Pada saat tersebut, sebaiknya rasa marah dipakai sebagai obyek konsentrasi. Pikiran merenungkan segi-segi negatif kemarahan, dengan demikian akan menimbulkan pengertian terang yang dapat melepaskan pikiran dari cengkeraman kemarahan tadi. Demikian pula seterusnya diwaktu timbul perasaan sedih. Jika telah memilih suatu obyek meditasi, maka tugas Anda selanjutnya ialah memegang obyek tersebut dengan erat dalam pikiran bagaikan mengikat seekor kuda pada sebuah tonggak. Kunci latihan konsentrasi yaitu mengikat pikiran dengan sebuah obyek. Dengan memusatkan pikiran pada obyek tersebut, sedikit demi sedikit pikiran akan menjadi terpisah dan terlepas dari semua aktifitas dan lingkungan sehari-hari, akhirnya pikiran menjadi tenang.
Beberapa latihan meditasi yang dapat dikembangkan sebagai suatu latihan dasar serta merupakan bagian kesibukan Anda dalam kehidupan sehari-hari adalah:

LATIHAN UNTUK KESEHATAN
Kalau Anda sedang berjalan-jalan di suatu tempat, peganglah ketiga cita-cita ini dalam pikiran Anda, yaitu: BERBAHAGIA, SEHAT, dan KUAT. Ulangilah kata-kata terebut di dalam batin. Pusatkan pikiran pada kata-kata ini sehingga Anda dapat merasakan seolah-olah kata-kata tersebut terpeta pada seluruh tubuh Anda.

LATIHAN BERPIKIR
Jika Anda sedang berpikir mengenai sesuatu hal, pikiran harus sungguh-sungguh dipusatkan pada obyek yang sedang dipikirkan. Pertahankanlah pemusatan pikiran itu dalam obyek yang sedang direnungkan saja. Jangan beri kesempatan pikiran dimasuki oleh sesuatu hal lain atau yang tidak ada hubungannya dengan perenungan.

LATIHAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Kalau Anda sedang membaca buku, pusatkanlah pandangan mata dan pikiran pada buku tersebut. Kalau sedang membersihkan lantai, pusatkanlah pikiran Anda pada pekerjaan menyapu. Kalau sedang menulis surat, pusatkanlah pikiran Anda pada surat tersebut. Belajarlah memusatkan pikiran pada segala sesuatu yang sedang dikerjakan dari saat ke saat. Inilah yang disebut: “HIDUP SAAT INI” atau “HIDUP SAAT SEKARANG”.
Meditasi (Samadhi benar)
MEDITASI


meditasi berasal dari bahasa latin, meditatio, artinya hal bertafakur, hal merenungkan, memikirkan, mempertimbangkan, atau latihan atau pelajaran persiapan.

Macam-macam arti meditasi :
·        Kamus Teologi menjelaskan meditasi adalah doa batin, merenungkan kitab suci, atau tema-tema rohani yang lain, bertujuan untuk mencapai kesatuan dengan Tuhan dan memperoleh pemahaman atas kehendak Tuhan
·       Meditasi adalah pendekatan psikologis untuk pengembangan, pelatihan, dan pemurnian pikiran
·        Meditasi juga berarti pengembangan batin
·         Menurut KBBI (2001), meditasi artinya pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu.
·        Dalam bahasa Tibet, meditasi adalah gom (membiasakan diri kita dengan sikap-sikap yang positif, realistis, dan konstruktif. Ia membangun kebiasaan baik dari fikiran).
Semadi Benar

Semadi benar didefinisikan sebagai pikiran yang baik, tepatnya yaitu kesadaran (citta) dan corak batin (cetasika) yang baik, terpusat dengan mapanpada satu objek. Pikiran yang baik atau suci lebih penting dari pada terpusat, karena meskipun terkonsentrasi, pikiran yang buruk menghasilkan semadi yang salah.

Tiga Faktor Semadi

pemusatan pikiran membutuhkan syarat adanya daya upaya yang benar berupa Empat ketekunan usaha yang benar, dan ditandai perhatian berupa Empat Landasan Kesadaran. Jelas semadi adalah suatu keadaan yang positif, bukan pasif atau terhipnotis lupa diri
Usaha mencegah timbulnya pikiran buruk, yang tidak menguntungkan, yang menimbulkan kerinduan dan kesesalan, dengan cara menjaga, mengawasi, dan mengendalikan semua indera.
Usaha melenyapkan pikiran yang diliputi hawa nafsu yang sempat muncul, dengan mencampakkannya, mangakhirinya, mengalihkan pikiran pada sesuatu yang baru.
Usaha membangkitkan atau mengembanglkan faktor penerangan sempurna, melalui ketenangan, kelepasan, pengakhiran, dengan tujuan mencapai kebebasan.
Usaha mempertahankan objek konsentrasi yang telah berhasil dicapai.
 Perhatian benar yaitu Empat Landasan Kesadaran, berupa perenungan terhadap:
Badan jasmani
Perasaan
Fikiran
Fenomena dharma
Tiga Kelompok Satu Jalan

 “Para Biku, suatu yang tidak mungkin, menguasai semadi tanpa menguasai sila. Tidak mungkin pula menguasai kebijaksanaan tanpa menguasai semadi”. Semua faktor dari Jalan Mulia Berunsur Delapan, yang dikelompokkan sebagai sila, semadi, dan kebijaksanaan, membentuk satu jalan saja. Ketiga kelompok saling bergantung, bagaikan sebuah pot berkaki tiga, yang terbalik jika langsung patah salah satu kakinya.

Tujuan dan Manfaat Semadi


Menyatukan diri dengan makhluk ghaib atau keadaan tak sadarkan diri, kehilangan daya pikir, kehilangan daya pikir sendiri, bukanlah meditasi yang dimaksud dalam agama buddha. Meditasi Buddhis juga tidak ada hubungannya dengan mistik. Mistik menjauhkan diri kita dari kenyataan, meditasi mendekatkan kita pada kenyataan. Dengan meditasi kita dapat melihat secara langsung khayalan dan halusinasi, sehingga menyadarkan kita akan berbagai bentuk kebodohan dan pandangan yang kelliru.

Kemampuan Supernatural

Sejumlah Sutta mengungkapkan bahwa pemusatan pikiran menghasilkan kemampuan supernatural. Misal, Brahmajalla-sutta menguraikan adanya petapa dan Brahmana yang dapat mengingat riwayat hidupnya dan alam-alam kehidupannya yang lampau. Mahalli-suttamenjelaskan tentang Sunakkhata mendapatkan mata batin, sehingga dapat melihat berbagai bentuk yang menyenangkan, yang ada di alam dewa. Sesuai dengan pemusatan pemikiran yang dikembangkan, seseorang juga dapat memperoleh telinga batin.

Kesesuaian Jenis Watak

Pokok-pokok objek meditasidikembangkan sesuai dengan penggolongan watak manusia. Yaitu:
Watak yang penuh nafsu (raga-carita)
Watak yang penuh kebencian (dosa-carita)
Watak yang dungu (moha-carita)
Watak yang mudah percaya (saddha-carita)
Watak yang cerdas (buddhi-carita)
Watak yang spekulatif / melamun (vitakka-carita)
Pencapaian Konsentrasi

a.      Tingkatan konsentrasi

Ada tiga tingkatan konsentrasi, yaitu
Konsentrasi sesaat (khanika-samadhi)
Konsentrasi permulaan (upacara-samadhi)
Konsentrasi penuh (appana-samadhi)
b.      Gambaran Batin

Gambaran batin menunjukakan tigkat perkembangan perenungan pada suatu objek, yang dibedakan atas:
Gambaran batin selama pembacaan
Gambaran batin tercapai
Gambaran batin terkendali
c.       Faktor-Faktor Jhana

Jhana merupakan keadaan batin diluar aktivitas panca indera. Aktivitas panca indera berhenti, tidak muncul kesan-kesan yang datang dari semua indera itu, namun kesadaran tetap terpelihara, dan batin tetap aktif.
Dalam meditasi pandangan terang tidak diperlukan jhana. Orang yang melakukan vipassana-bhavana harus memulai dari konsentrasi permulaan sampai ia memiliki kebijaksanaan yang sempurna. Dengan itu ia

Rintangan Konsentrasi

a.      Lima rintangan Batin

Terdapat liima rintangan berupa kotoran batin, yang terdiri dari:
Nafsu keinginan akan objek indra yang menyenangkan
Niat atau kemauan jahat, dendam
Kemalasan dan kelesuuan
Kegelisahan dan kelesuan
Keraguan
b.      Rintangan Pandangan Terang


Yang menghambat perkembangan pandangan terang terdiri dari:
Sinar-sinar gemerlapan, kegiuran, ketenagan, kebahagiaan, keyakinan yang membawa gairah, usaha, ingatan yang tajam, pengetahuan langsung, keseiimbangan batin, perasaan puas terhadap objek-objek.
Praktik Meditasi

      a.      Persyaratan Internal Meditator
b.      Persyaratan Eksternal Meditator
c.       Persiapan Meditasi
d.      Posisi Tubuh



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN )

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN ) Prabu Dasamuka menyerahkan Dewi Sinta yang diculiknya, di bawah pengawasan Dewi Trijata di Taman Argasoka, kemenakannya. Sementara Regawa alias Rama terus mencari istrinya yang hilang. Ia sudah mendapat petunjuk dari Jatayu bahwa Sinta diculik raja Alengka bernama Prabu Dasamuka. Perjalan Rama ke Alengka disertai Laksamana, adiknya, dan Prabu Sugriwa serta seluruh bala tentara Kerajaan Guwakiskenda. Setelah membangun perkemahan di daerah Mangliawan, Ramawijaya mengutus Anoman untuk menjadi duta, menemui Dewi Sinta di Keraton Alengka. Hal ini membuat iri Anggada, sehingga terjadi perkelahian dengan Anoman. Rama kemudian menyadarkan Anggada, bahwa nanti akan ada tugas penting lainnya bagi Anggada. Perjalanan Anoman ke Alengka ternyata penuh hambatan. Mulanya ia berjumpa dengan Dewi Sayempraba, salah seorang istri Prabu Dasamuka. Anoman dirayu, dan diberi hidangan buah-buahan beracun. Akibatnya Anoman menjadi buta. Untunglah ia ditol

DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA

 Download Kumpulan MP3 Gending Jawa dan Lagu Jawa DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA MP3 GENDHING JAWA http://piwulangjawi.blogspot.com/p/mp3-gending-jawi.html GENDHING-GENDHING JAWA DALAM FORMAT MP3  DIPERSILAHKAN KEPADA STRISNO BUDAYA JAWA UNTUK MENGUNDUH ANEKA GENDHING JAWA KLASIK I : 001.  BENDRONGAN – PUCUNG RUBUH – GANDRUNG MANIS – DANDANGGULA BANJET – ASMARADANA JAKALOLA.mp3 002.  BW. GAMBUH LGM. LELO LEDHUNG – LDR. SARAYUDA – LAGU ONDHE-ONDHE Pl. Br.mp3 003.  BW. LEBDAJIWA – KUTUT MANGGUNG Pl. Br.mp3 004.  BW. MUSTIKENGRAT – GENDHING CANDRA -LDR. SRI HASCARYA – LDR. WESMASTER Sl.9.mp3 005.  BW. SEKAR AGENG SUDIRAWARNA – UDAN BASUKI – LIPUSARI – GAMBUH Sl. Mny.mp3 006.  BW. SUDIRAWARNA – GENDHING WIDASARI – LDR. LIPUR SARI Sl. Mny.mp3 007.  GENDHING BANDILORI – LDR. ELING-ELING – KTW. PRANA ASMARA – SLEPEG MAWA PALARAN Pl. Br.mp3 008.  GENDHING BONANG SLEBRAK PL.5.mp3 009.  GENDHING BUDHENG-BUDHENG – LDR. SARAYUDA Pl.6.mp3 010.  GENDHING