Langsung ke konten utama

BAGAIMANA MENJADI FASILITATOR / PEMANDU PERTEMUAN YANG BAIK

BAGAIMANA MENJADI FASILITATOR YANG BAIK 


I. PENDAHULUAN.
Fasilitator adalah mereka yang ditugasi untuk melakukan fasilitasi dalam proses pembelajaran. Sebutan fasilitator biasanya digunakan dalam proses pembelajaran orang dewasa, dan metoda yang dipakai dalam proses ini adalah metoda andragogi. Metoda ini dirancang mengacu pada pendidikan orang dewasa, suatu model  pendidikan yang mengutamakan penggalian, pendalaman, pengembangan, pegejawantahan  pengalaman dan potensi individu secara optimal. 
Beberapa tahapan yang dilakukan dalam metoda ini yakni mengalami, mengemukakan, mengolah, melakukan simpulan, serta diakhiri dengan aplikasinya. Dalam akronim yang lebih mudah untuk diingat disingkat dengan  AKOSA (Alami, Kemukakan, Olah, Simpulkan dan Aplikasikan ).
 
Dengan kata lain tugas fasilitator dalam sebuah proses pembelajaran orang dewasa hakekatnya mengantarkan peserta didik untuk menemukan sendiri isi atau materi pelajaran yang ditawarkan atau yang disediakan melalui /oleh penemuannya sendiri. 
 
Sudah barang tentu untuk dapat menemukaan substansi materinya, perlu dibimbing atau dirangsang oleh orang lain utamanya fasilitator maupun anggota lain dalam kelompok tersebut. Peserta belajar sendirilah yang menemukan dan mengolahnya. 
 
Kolb menegaskan bahwa belajar hakekatnya merupakan proses membangun pengetahuan melalui transformasi pengalaman. Suatu proses belajar dapat dikatakan berhasil bila dalam diri individu terbentuk pengetahuan, sikap, ketrampilan atau kebiasaan baru yang secara kualitatip lebih baik dari sebelumnya melalui sebuah proses yang disebut dengan proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang baik adalah proses pembelajaran yang memungkinkan para pembelajar aktif melibatkann diri secara keseluruhan proses baik  secara mental maupun secara fisik. 
 
Untuk menawarkan dan menyediakan materi ajar dalam mengantarkan peserta didik agar dapat menemukan substansi materinya, kemampuan fasilitator melakukan komunikasi dan mempresentasikan pemikirannya dalam sebuah proses pembelajaran sangat penting. Tanpa kemampuan komunikasi yang baik, serta kemampuan melakukan peresentasi yang baik, proses transfer ide tidak akan terjadi sehingga niscaya prosess itu akan berhasil. 
 
Di dalam melakukan komunikasi itulah nampaknya juga diperlukan cara atau strategi yang harus digunakan agar tujuan pembelajaran bagi orang dewasa dapat tercapai. Penguasaan strategi belajar mengajar harus dikuasai dengan benar. 
 
Strategi pembelajaran berkaitan dengan teknik-teknik penyajian pelajaran  (Roestiyah : 2001 :v), suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan dalam rangka proses pembelajaran. Kesemuanya itu tentunya berangkat dari etika dan moral baik sebagai prasyarat mutlak yang harus dipunyai oleh seorang fasilitator.
Etika dan moral berkaitan sekali dengan aspek sikap dan perilaku. Sikap dan perilaku dapat dilihat dari manifestasi kepemimpinan, disiplin, integritas, kerjasama dengan peserta didik serta prakarsa untuk mengelola kelas dengan baik agar tujuan pembelajaran dapat dicapai.
 
Dikaitkan dengan organisasi yang   mampu berkembang seiring dengan perkembangan lingkungan yang senantiasa berubah dimana organisasi harus selalu mampu untuk mengembangkan kapasitasnya untuk menciptakan masa depan yang baik, maka  tujuan akhir pembelajaran hakekatnya adalah menciptakan organisasi pembelajar (learning organization) yang oleh Peter Senge (1990) didefinisikan sebagai “suatu organisasi dimana orang-orangnya secara terus menerus meningkatkan kapasitas mereka untuk mencapai tujuan yang mereka dambakan, dimana pola pikir baru dipelihara, aspirasi kolektif dibiarkan bebas, dan dimana orang-orang secara terus menerus belajar untuk bagaimana belajar besama-sama”.
 
Dengan demikian pertanyaan bagaimana menjadi fasilitator yang baik  ?.
Nampaknya jawaban yang paling sederhana adalah bahwa ada 2 (dua) variabel determinan yang mempengaruhi  yakni :
1. Sikap dan perilaku fasilitator
2. Kemampuan akademik fasilitator. 
Sikap dan perilaku berkaitan dengan etika dan moral fasilitator dengan indikator :  
1.   
1. Disiplin, kepemimpinan; 
2. Integritas; 
3. Kerjasama dan prakarsa; 
Kemampuan akademik berkaitan dengan :
a.     Penguasaan  substansi mata ajar yang dipilihnya.
b.     Mampu berkomunikasi dengan baik, serta dapat mentransfer buah pikirannya kepada orang lain melalui kemampuan melakukan presentasi yang baik. 
c.      Menguasai strategi pembelajaran yang memungkinkan para pembelajar aktif melibatkan diri dalam keseluruhan proses baik secara mental maupun fisik, yang dikenal sebagai pembelajaran interaktif.
Dan tujuan akhir pembelajaran adalah mampu memberikan motivasi menuju tercapainya organisasi pembelajar ( learning organization).
II. SIKAP PERILAKU DAN KOMPETENSI AKADEMIK
1. SIKAP DAN PERILAKU FASILITATOR
Secara garis besar sikap dan perilaku fasilitator berkaitan dengan disiplin dan kepemimpinan, bagaimana fasilitator mengolah waktu, tanggung jawab, membangun jejaring kerja serta bagaimana memperlakukan peserta didik secara proporsional. 
Faktor integritas berkaitan dengan kejujuran, ketegasan dan kepatuhan pada norma dan etika, sedangkan kerjasama dan prakarsa berkaitan sekali dengan bagaimana fasilitator mau menerima pendapat yang berkembang dalam proses belajar mengajar, tidak mendikte atau mendominasi kelas, mampu mengajukan pertanyaan dan memberikan saran secara berimbang, mampu mengendalikan diri sesuai dengan situasi dan lingkungan. 
 
Pemahaman terhadap sikap dan perilaku yang baik akan bermuara pada pencapaian tujuan pembelajaran sebagaimana yang diharapkan dalam proses belajar mengajar orang dewasa.
 
2. KOMPETENSI AKADEMIK
 a. Penguasaan substansi materi ajar.
Sebagaimana telah diuraikan dalam pendahuluan bahwa agar peserta didik dapat menemukan sendiri isi materinya, terlebih dahulu seorang fasilitator berkewajiban untuk menyampaikan/memberikan materi pelajaran, baik dalam pengertian yang lengkap maupun secara garis besar dari content materi yang ada. Untuk dapat menawarkan materi tersebut secara baik tentunya substansi materi ajar harus dikuasai. 
 
Untuk dapat melakukan pengajaran dengan baik sehingga muatan substansinya dapat terarah sesuai dengan tujuannya, maka seorang fasilitator harus mampu membuat skenario pembelajaran agar dapat  melakukan penyajian secara sistematis dengan cara menyusun :
1.     Garis-Garis Besar Program Pembelajaran (GBPP) yang merupakan uraian-uraian pokok setiap materi ajar dan mengandung komponen-komponen deskripsi singkat, tujuan pembelajaran, pokok bahasan, indikator hasil belajar, metode, media, waktu yang dibutuhkan, serta sumber kepustakaan.
2.     Satuan Angka Pelatihan (SAP), merupakan jabaran lebih rinci dari GBPP diatas yang memuat mata pelatihan, deskripsi singkat, tujuan pembelajaran, pokok dan sub pokok bahasan, alokasi waktu, serta strategi penyajian yakni kegiatan yang berisi langkah-langkah penyajian tiap materi, alokasi waktu yang dibutuhkan tiap langkah,  serta media yang dipakai.
Dengan menyusun GBPP dan SAP diharapkan fasilitator dapat mengantarkan materi ajar dengan baik dan tidak kehilangan materi ajar karena waktu.
 
b. KEMAMPUAN MELAKUKAN KOMUNIKASI & PRESENTASI.
b.1.   KEMAMPUAN MELAKUKAN KOMUNIKASI 
Komunikasi secara umum dapat diartikan sebagai proses penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikan dengan menggunakan media dan cara penyampaian informasi yang difahami oleh kedua fihak, serta saling memiliki kesamaan arti lewat transmisi pesan secara simbolik ( Marpaung : 5). Sebagai suatu proses penyampaian informasi, para individu yang terlibat dalam kegiatan komunikasi khususnya komunikator perlu merancang dan menyajikan informasi yang benar dan tepat sesuai setting komunikasi, dan informasi tersebut disajikan dengan mengunakan bahasa yang sesuai dengan situasi komunikasi dan tingkat nalar penerimaan lawan komunikasi.
 
Dalam tataran awal pembelajaran, komunikasi awal yang dilakukan adalah menghilangkan “barier komunikasi” antar peserta  dalam kelompok belajar dengan menciptakan komitmen belajar dalam kelompok. Dengan komitmen belajar ini dapat diciptakan suasana pembelajaran yang lebih kondusif sehingga semua fihak memperoleh manfaat yang optimal dari proses pembelajaran yang berlangsung sehingga tercipta proses pembelajaran yang berkualitas.
Untuk lebih meningkatkan jalinan komunikasi, akan lebih baik lagi apabila fasilitator mengetahui kecenderungan gaya belajar para peserta, sehingga dapat memanage peserta dengan lebih baik.
Berdasarkan buku Kajian Paradigma ada 4 (empat) gaya belajar (Kajian Paradigma 2005:16) yakni :
1.         Diverger, dengan gaya belajar ini sangat tepat dalam melihat situasi konkrit dari berbagai sudut pandang. Pendekatan yang dilakukan lebih pada mengamati daripada mengambil langkah tindakan.
2.         Assimilator, dengan gaya belajar ini lebih tepat dalam memahami sejumlah besar informasi dan mengartikannya ke dalam bentuk yang konkrit dan logik.
3.         Converger, dimana gaya belajar ini lebih tepat menemukan penggunaan-penggunaan praktis atas ide-ide dan teori-teori.
4.         Accomodator, yaitu tipe yang mempunyai kemampuan untuk belajar dari pengalaman lainnya.
 
Dengan memahami gaya belajar peserta, fasilitator akan mengetahui kelemahan dan kekuatan  dan kemudian akan mendapatkan manfaat yang besar.
 
Berkaitan dengan kemampuan melakukan komunikasi, secara umum keberhasilan komunikasi dipandang dari ketercapaian tujuan komunikasi yang dapat dinilai dari :
1.         Kepercayaan penerima pesan terhadap komunikator serta ketrampilan komunikator berkomunikasi sesuai tingkat nalar komunikan.
2.         Daya tarik pesan dan kesesuaian pesan dengan kebutuhan komunikan.
3.         pengalaman yang sama tentang isi pesan antara komunikator dengan komunikan.
4.         Kemampuan komunikan menafsirkan pesan, kesadaran, dan perhatian komunikan akan kebutuhannya atas pesan yang diterima.
5.         Setting komunikasi yang kondusif (nyaman, menyenangkan dan menantang).
6.         Sistem penyampaian pesan berkaitan dengan metoda dan media yang sesuai dengan jenis indera penerima pesan.
Penguasaan komunikasi yang baik antara fasiliator dengan peserta didik yang dilatar belakangi gaya belajar masing-masing akan mengantarkan pada tujuan pembelajaran sebagaimana yang diharapkan.
 
b. 2.  KEMAMPUAN MELAKUKAN PRESENTASI.
Presentasi khususnya presentasi lisan merupakan bagian komunikasi dimana dalam proses komunikasi ini ada inti yang dikomunikasikan (content), ada proses komunikasi (metoda), dan media penyajian ( alat bantu). Presentasi adalah komunikasi antara penyaji (presenter) dengan sekelompok pendengar (audience) dalam situasi teknis, saintifik atau profesional untuk satu tujuan tertentu dengan menggunakan teknik sajian dan media presentasi yang terencana ( Marpaung :13).
 
Kegagalan utama dalam presentasi biasanya terjadi karena bahan/data sajian kurang lengkap, urutan dan pengorganisasian serta isi penyajian tidak jelas, pemilihan kata, pengucapan dan intonasi bahasa kurang jelas, penjelasan isi yang bertele-tele kurang fokus akibat penyaji tidak meringkas sari presentasi, data tidak tepat dan bahkan sudah out of date, penyaji kurang menguasai teknik presentasi dengan baik karena kurang latihan serta gangguan suara lain pada saat dilakukan presentasi.  
Sebaliknya bagaimanakah agar presentasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan ?.  
Untuk memaksimalkan suatu presentasi penyaji harus mengusahakan agar presentasinya menarik peserta sejak awal, sajikan presentasi secara sistematis dan jelas. Penjelasan yang diberikan diberikan harus sesuai dengan tingkat nalar pendengar, sajikan dengan bukti yang cukup dan berikan contoh yang dapat mendukung argumentasi penyaji, dan tentukan tindak lanjut.
Beberapa tahapan yang dilakukan :
1. Tahapan persiapan.
2. Tahapan penyajian lesan.
 
Pada tahap persiapan  dilakukan analisis  pendengar dan situasi penyajian lesan. Analisis pendengar berkaitan dengan siapa dan bagaimana kaitannya dengan pendengar ( kelompok usia, latar belakang pendidikan, jumlah peserta), sedangkan situasi penyajian berkaitan dengan situasi (setting) tempat penyajian yang akan digunakan (setting waktu, alat bantu yang tersedia).
 
Tahap penyajian lesan berkaitan dengan bagaimana menentukan tujuan presentasi dari aspek kebutuhan pendengar (apakah bidang seni, pengetahuan, politik atau yang lainnya). Berkaitan dengan alokasi waktu prioritaskan mana yang “must know, should know dan nice to know”.
Kembangkan tujuan yang SMART sesuai dengan latar belakang pendengar dan hasil yang ingin dicapai.
 
Beberapa langkah yang harus dilakukan adalah :
1. Tahap pengumpulan bahan penyajian lesan.
2. Tahap seleksi dan penentuan inti presentasi.
3. Tahap memilih, mengembangkan dan menggunakan alat bantu.
4. Tahap pengembangan pembukaan presentasi.
5. Tahap penutup suatu penyajian lesan.
6. Tahap latihan  penyajian “gladi bersih”.
7. Tahap penyajian presentasi lisan.
 
Pada saat penyajian berlangsung senantiasa pikirkan isi penyajian (content), siapa pendengar anda (audience) dan apa tujuan penyajian anda (purpose).
Gunakan kartu anda, berikan perhatian kepada seluruh audience, sajikanlah presentasi yang hidup, antusias, bersahabat dan sikap yang tulus. Jadilah anda diri sendiri, sesuaikan volume dengan kapasitas ruangan, tukarlah posisi selama penyajian, variasikan antara duduk, berdiri dan bergerak, bicaralah lambat, variasikan kecepatan bicara anda, volume suara dan intonasi, sajikan isi informasi berdasarkan kemampuan peserta. 
 
Awali dengan perkenalan secara singkat, fokuskan pada tema penyajian serta latar belakang judul, sebab saat itulah anda memotivasi pendengar terhadap sajian anda. Sajikan dengan urutan focusing tentang topik yang akan disajikan, Informing tentang isi topik sajian, dan defocusing yakni rangkuman apa yang baru dsajikan.
Gunakan alat bantu yang telah dipersiapkan dan dikuasai penggunaanya, dan akhiri ucapan terima kasih.
 
Waktu yang disediakan agar dialokasikan:
a.     Pembukaan (introduction) sekitar 10 % dari total waktu.
b.     Paparan inti penyajian (content of talk) 75 – 85 % dari total waktu.
c.      Penutup (closing)  5 % dari total waktu.
d.     Tanya jawab dapat pada saat presentasi atau akhir penyajian.
c. PENGUASAAN STRATEGI PEMBELAJARAN.
Roestiyah dalam “Strategi belajar mangajar” menyatakan bahwa salah satu langkah untuk memiliki strategi harus menguasai teknik penyajian, yang biasanya juga disebut sebagai metode mengajar.Teknik penyajian adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh instruktur, atau teknik yang dipergunakan untuk menyajikan bahan pelajaran agar dapat dipahami oleh peserta didik.
 
Dalam pendidikan orang dewasa dimana pengajar berfungsi sebagai fasilitator / teman belajar (co-learner), proses pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang memungkinkan para pembelajar aktif melibatkan diri dalam keseluruhan proses baik secara mental maupun secara fisik, yang lebih dikenal dengan pembelajaran interaktif.
Model pembelajaran ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Adanya variasi kegiatan klasikal, kelompok dan perorangan;
2. Keterlibatan mental (pikiran dan perasaan) siswa/ peserta didik tinggi;
3. Dosen/ Instruktur/Tutor berperan sebagai fasilitator, narasumber serta manajer kelas yang demokratis;
4. Menerapkan pola komunikasi banyak arah;
5. Suasana klas yang fleksibel, demokratis, menantang dan tetap terkendali oleh tujuan;
6. Potensial dapat menghasilkan instruksional dan dampak pengiring lebih efektif;
7. Dapat digunakan di dalam dan di luar kelas/ ruangan.
 
Teknik penyajian  atau model penyajian adalah sebagai berikut :
1.      Model berbagi informasi yang tujuannya menitik beratkan pada proses komunikasi dan diskusi melalui interaksi argumentatif yang sarat penalaran. Termasuk dalam rumpun ini adalah Model orientasi, model Sidang Umum, model Seminar, model Konferensi kerja, Simposium, model Forum dan model  Panel.
2.      Model belajar melalui pengalaman yang tujuannya menitik beratkan pada proses pelibatan dalam situasi yang memberi implikasi perubahan perilaku yang sarat nilai dan sikap sosial. Termasuk di dalamnya adalah Model Simulasi, model bermain peran (role playing), model sajian situasi.
3.      Model pemecahan masalah yang tujuannya menitik beratkan pada proses pengkajian dan pemecahan masalah melalui interaksi dialogis dalam situasi yang sarat penilaian induktif. Termasuk dalam rumpun ini adalah model Curah pendapat, model Riuh Bicara, model Diskusi Bebas, model Kelompok, model Okupasi, dan model Studi kasus.
Dalam proses pembelajaran ini akan dicontohkan beberapa model yang berkaitan model berbagi informasi, model belajar melalui pengalaman, dan model pemecahan masalah yaitu :
1. Model Seminar.
2. Model Panel.
3. Model Simulasi, Model Bermain Peran
4.  Model Curah Pendapat, Model Diskusi Bebas.
 
1. MODEL SEMINAR.
Seminar adalah kegiatan belajar mengajar yang melibatkan sekelompok orang yang mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang mendalam atau dianggap mendalam tentang sesuatu hal, dan membahas hal tersebut bersama-sama dengan tujuan agar setiap peserta dapat saling belajar dan berbagi pengalaman dengan rekannya.
Dengan demikian maka kata kunci seminar adalah :
1. Sekelompok orang (peserta didik, pakar, pengajar);
2. Memiliki pengatahuan dan pengalaman mendalam (expert)
3. Saling belajar dan berbagi pengalaman.
Dalam proses belajar mengajar penekanan pada “belajar untuk dapat menjadi seorang expert dengan segala sifat dan atributnya”.
 
l      Mengapa model ini dipilih?
Ada beberapa hal yang ditemukan apabila model ini dipilih yaitu berpikir runtut dan logis, dialog secara rasional dan tidak emosional, memiliki keberanian mengemukakan pendapat di depan umum. 
 
Secara teoritik seminar lebih banyak dipengaruhi oleh teori belajar kognitif dimana belajar merupakan proses yang melibatkan perubahan persepsi dan pemahaman tentang sesuatu hal dalam diri peserta didik. Seminar juga banyak dipengaruhi teori humanistik yang sangat mementingkan pengalaman dalam proses penumbuhan pengetahuan dan sikap peserta.
 
Sebagai proses belajar bersama  yang memberikan sajian, peserta bertanya peserta lain mendengarkan, dan pada akhir ada kesimpulan dan bahkan ada rekomendasi sepanjang ada sesuatu yang harus ditindak lanjuti.
Pada saat disampaikan pandangan, ada yang meminta penjelasan dan klarifikasi, ada yang mendengarkan dan menyimak, sebagian menyetujui dan bahkan ada yang berpendapat lain menyangkut pandangan. Seminar hakekatnya adalah teori belajar kognitif.
l      Kekuatan dan kelemahan model seminar.
         Kekuatan:
1)     Membantu pengajar melatihkan pertumbuhan sikap positif dalam diri peserta didik, sekaligus memperkaya pengetahuan mereka disuatu bidang ilmu.
2)     Memberikan kesempatan untuk berinteraksi secara kreatif dengan orang lain.
           Adapun kelemahan:
1)     Model ini hanya dapat dilakukan apabila peserta didik telah mengatahui teori-teori tentang topik seminar.
2)     Sulit digunakan dalam kondisi yang tidak kondusif (suasana tidak demokratis, peserta cenderung diam).
l      Pengorganisasian dalam seminar  :
1)     Topik pembicaraan yang diangkat dari tema dan tujuan.
2)     Ada penyaji/pembicara, pembahas dan peserta.
3)     Moderator yang bertugas sebagai pengatur lalu lintas pembicaraan serta penyimpul kesimpulan.
4)     Notulis
5)     Narasumber
6)     Pembicara tamu (keynote speaker).
 
l      Langkah-langkah:
a.     Moderator memperkenalkan topik seminar, pembicara dan menjelaskan aturan main.
b.     Pembicara menyajikan makalah.
c.      Moderator mengatur dialog dan tanya jawab, peserta bertanya, pembicara menanggapi.
d.     Moderator menyimpulkan hasil diskusi.
e.     Notulis merangkum hasil.
 
2. MODEL PANEL.
Diskusi panel merupakan salah satu bentuk diskusi yang melibatkan beberapa pembicara kunci yang disebut panelis. Dengan dipandu oleh Moderator, para panelis mencoba membahas masalah-masalah kontroversial yang potensial mengundang pendapat yang bertentangan.
Pengertian kontroversial adalah masalah yang timbul yang menimbulkan berbagai tanggapan dilihat dari berbagai segmen tertentu. Dengan demikian untuk menyatakan sesuatu sebagi kontroversial harus mempunyai dasar teori tertentu.
Model ini dapat dilakukan dalam bentuk yang rieel maupun simulatip bergantung pada hakikat masalah yang dibahas.
 
·              Mengapa diskusi panel ?
Latar belakang pengetahuan dan lingkungan akan mempengaruhi seseorang dalam melihat suatu permasalahan, sehingga tidak dapat dihindari adanya kontroversi pendapat atau lebih dikenal dengan pendapat yang saling bertentangan.
 
Kemampuan kontroversial ini perlu dilatihkan dan dibiasakan agar nantinya menjadi dapat warganegara yang toleran terhadap perbedaan pendapat. Hasil ini merupakan esensi dari nilai demokratis yang  harus ditumbuh kembangkan dalam masyarakat.
 
¨            CIRI model Diskusi Panel.
1. Topik berbagai masalah yang kontroversial.
2. Jumlah peserta 20 – 40 orng.
3. Panelis ditunjuk dari peserta dan sebagai pembicara (bisa 2 orang).
4. Ada moderator yang mengatur lalu lintas pembicaraan.
5. Panelis dan moderator dipilih floor.
6. Ada peserta yang ditunjuk sebagai pengamat.
 
Langkah-langkah.
1)     Pada tahap pendahuluan moderator memperkenalkan topik dan panelis serta menjelaskan aturan main.
2)     Moderator menyampaikan ilustrasi masalah sesuai topik, meminta pendapat kepada semua panelis dan menggali lebih dalam pendapat panelis terhadap pertanyaan.
3)     Moderator mengundang pendapat peserta dan memandu respon dari panelis terhadap semua pertanyaan peserta.
4)     Moderator menyimpulkan hasil diskusi dan menutup diskusi. 
5)     Pengamat memberikan pandangan tentang jalannya diskusi.
 
3. Model SIMULASI.
Model ini bertujuan untuik melatih peserta untuk mengembangkan berbagai ketrampilan baik intelektual, sosial, motork melaui situasi buatan sehingga bebas resiko.
Simulasi adalah melakukan peragaan, visualisasi, mempraktekkan, sehingga dilihat dari partisipasi sangat tinggi.
Tujuan simualsi untuk mempraktekkan tanpa mendapatkan resiko.
Bentuk simualsi ditentukan oleh tujuan yaitu skills yang diharapkan.
¨                  CIRI
1)     Peserta 5 – 10 orang
2)     Topik ketrampilan.
3)     Persiapan dengan menentukan ketrampilan yang akan disimulasikan.
4)     Menyusun skenario dan prosedur kegiatan.
5)     Menyiapkan alat-alat, membagi kelompok dan menyiapkan lembar kerja.
6)     Pada tahap pelaksanaan menjelaskan skenario simulasi.
7)     Melakukan kegiatan inti yakni menyajikan model ketrampilan yang akan disimulasikan.
8)     Diakhiri dengan kelompok mendemonstrasikan ketrampilan yang dilatih dan kelompok lain mengamati dan memberikan komentar. 
 
 
 
 
4. Model CURAH PENDAPAT.
Curah pendapat atau brainstorming adalah cara mendapatkan ide yang banyak dari sekelompok orang dalam waktu singkat.
Tujuan mengembangkan daya imajinasi dan juga mengembangkan daya kreativitas berpikir.
Berpikir kreatif adalah cara berpikir dengan menggunakan berbagai alternatif.
 
Dalam berpikir kreatif dikenal dua model yaitu divergent dan convergent.
Divergent berpikir dengan kegiatan analytical yaitu temuan baru, sedangkan convergent pertanyaanya adalah bagaimana kita melaksanakan.
¨                  CIRI.
1)     Jumlah peserta tidak terlalu besar, paling besar 15 orang.
2)     Setiap peserta bebas mengemukakan gagasan yang muncul di benaknya.
3)     Stiap gagasan akan diterima dan diinvetarisasi dan peserta lain tidak boleh memberikan komentar langsung.
4)     Semua peserta mendiskusikan dan mengevaluasi gagasan yang sudah diinventarisir.
5)     Selanjutnya ditemukan gagasan tertentu yang dianggap baik (feasible).
6)     Inventarisasi gagasan dengan [pengelompokan gagasan yang feasible dilakukan, gagasan yang layak diperhatikan dan gagasan yang kontroversial.
7)     Waktu 45 – 60 menit.
 
Dengan strategi pembelajaran yang dikuasai oleh fasilitator sebagaimana tersebut diatas akan memungkinkan para pembelajar aktif melibatkan diri dalam keseluruhan proses baik secara mental maupun fisik.
KESIMPULAN. 
Dari berbagai penjelasan diatas dapatlah disimpulkan hal-hal sebagai berikut:
1. Pengertian fasilitator yang baik hakekatnya sangat ditentukan oleh bagaimana sikap dan perilaku fasilitator yang berkaitan dengan etika dan moral fasilitator dalam melaksanakan proses belajar mengajar dalam sebuah kegiatan diklat.
2. Disamping etika dan moral sebagai landasan dasar yang fundamental, variabel kompetensi akademik merupakan determinan yang lain.
3. Penguasaan substansi materi, kemampuan menyajikan bahan ajar dan gagasan, kemampuan berkomunikasi dengan baik serta penguasaan strategi pembelajaran yakni model-model pembelajaran interaktif sebagai akibat diterapkannya metoda pembelajaran andragogi merupakan indikator dari kompetensi akademik.
4. Dengan penguasaan dua varibel pokok tersebut diatas, maka proses belajar mengajar diharapkan akan dapat menghasilkan organisasi pembelajaran yakni   “suatu organisasi dimana orang-orangnya secara terus menerus meningkatkan kapasitas mereka untuk mencapai tujuan yang mereka dambakan, dimana pola pikir baru dipelihara, aspirasi kolektif dibiarkan bebas, dan dimana orang-orang secara terus menerus belajar untuk bagaimana belajar besama-sama”.
 
Demikian paparan singkat dalam menjawab sebuah pertanyaan “bagaimanakah menjadi fasilitator yang baik ?”. 
Semoga ada manfaatnya.
 
                                              kota beribadat, medio maret duaribuenam.
DAFTAR KEPUSTAKAAN
 
Suparman, Atwi, 1997, Model-model Pembelajaran Interaktif, STIA LAN, Jakarta.
 
Roestiyah, 2001, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.
 
Senge, Peter, 2002, Disiplin Kelima, buku pegangan, Interaksara, Batam.
 
NN, 2006, Kajian Paradigma modul Dklatpim II, Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.
 
Depdagri, 2001, Himpunan Referensi Penyusunan Modul Pembelajaran, Jakarta.
 
Tips Sederhana Menjadi Fasilitator Yang Menarik
 
Fasilitator itu apaan sih?

Fasilitator adalah seseorang yang membantu sekelompok orang memahami tujuan bersama mereka dan membantu mereka membuat rencana guna mencapai tujuan tersebut tanpa mengambil posisi tertentu dalam diskusi.

Beberapa fasilitator akan mencoba untuk membantu kelompok dalam mencapai konsensus pada setiap perselisihan yang sudah ada sebelumnya atau muncul dalam rapat sehingga memiliki dasar yang kuat untuk tindakan di masa depan. (wikipedia.org)

Fasilitator biasanya akan tampil di acara-acara diskusi seperti pelatihan, seminar, workshop, dan lain-lain untuk menyampaikan suatu materi.

Baca juga: Menjadi Pembicara Yang Baik Dalam Forum

Kenapa fasilitator harus tampil menarik?

Fasilitator dengan seorang artis merupakan dua figur berbeda namun memiliki banyak kesamaan. Jika seorang artis akan tampil di panggung untuk bernyanyi atau di depan kamera untuk berakting, seorang fasilitator tampil adalah untuk menyajikan materi pelatihan.

Seorang artis akan melakukan berbagai upaya untuk menarik perhatian para penontonnya, begitu juga fasilitator harus berupaya menarik perhatian bagi para peserta pelatihan.

Sebagai publik figur (pusat perhatian) bagi para peserta, seorang fasilitator haruslah tetap menarik dilihat kapanpun dan dimanapun. Tentu teknik menarik perhatian bagi seorang fasilitator akan berbeda dengan seorang artis.

Seorang fasilitator yang baik harus memiliki ketrampilan dalam hal memimpin sebuah pertemuan termasuk juga ketepatan waktu, mengikuti agenda yang sudah disepakati, merangkum pembicaraan, menengahi pertentangan.
Selain itu fasilitator juga harus memiliki ketrampilan untuk mendengarkan termasuk kemampuan untuk menghentikan pembicaraan yang sudah menyimpang, serta memastikan semua orang berpartisipasi.

Apa saja yang harus dilakukan agar menjadi seorang fasilitator yang menarik?

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjadi seorang fasilitator yang baik dan menarik di hadapan para peserta pelatihan.

1. Penampilan

Gunakan pakaian yang pantas dan rapi. Tidak usah terlalu berlebihan, buat diri anda menjadi sedap dipandang. Jangan buat audiens "ilfill" melihat penampilan anda yang acak-acakan.

2. Buatlah Kesan Awal Yang Menantang

Bukalah sesi dengan sesuatu yang cukup menarik perhatian, misalnya ajukan sebuah pertanyaan atau katakan pernyataan yang menantang. Teknik  ini terbukti menarik perhatian peserta pelatihan di saat awal menyiapkan mentalnya.

3. Tahu Kapan Saatnya Harus Serius atau Menyisipkan Humor

Selingi setiap materi dengan humor-humor segar. Anda harus dapat melihat situasi ketika peserta mulai merasa jenuh dengan materi yang disampaikan. Seorang fasilitator harus belajar kapan saatnya menyelingi pembicaraan dengan humor dan canda.

Banyak sekali jokes yang bisa dijadikan bahan candaan, kita bisa memperolehnya dari buku-buku atau situs-situs humor di internet.

4. Tampil Secara Profesional dan Spesial

Tampilkan kesan bahwa anda memang menguasai materi yang disampaikan, gunakan media yang dapat membantu dan mempermudah dalam penyampaian presentasi, seperti OHP, LCD, White Board, Kertas Plano, Alat Tulis serta alat peraga lainnya.

Berbicaralah dengan jelas dan tidak tergesa-gesa. Setiap kali menyajikan materi, tampilkan sesuatu yang berbeda termasuk dalam menyajikan materi yang sama dalam waktu yang berbeda.

Penutup

Itulah sedikit tips sederhana yang dapat kita terapkan ketika menjadi seorang fasilitator, jangan merasa puas dengan kemampuan yang kita miliki, terus belajar dan menambah jam terbang anda agar segalanya bisa anda lakukan dengan lebih mudah.
 

Fungsi dan Peran Fasilitator 

FUNGSI DAN PERAN FASILITASI


A. APA ITU FASILITASI

Apakah fasilitasi menjadi kecenderungan baru ?
Konsep fasilitasi dan fasilitator sudah ada sejak jaman purba. Sejarah telah mencatat adanya peran-peran seupa di jaman nenek moyang kita. Minat terhadap fasilitasi akhir-akhir ini sesungguhnya mengajak kita kembali ke akar dengan cara memberikan apresiasi pada nilai-nilai dan proses-proses yang terjadi pada masa lalu. Sekedar pembanding filosofi, cara berpikir, dan keterampilan fasilitasi mempunyai banyak kesamaan dengan pendekatan-pendekatan yang digunakan oleh tokoh-tokoh agama terkemuka dan mereka yang terlibat dalam gerakan-gerakan anti kekerasan selama berabat-abat yang lalu. 

Apakah tujuan fasilitasi dalam pengelolaan proses-proses partisipasi ?
Ada dua pelajaran penting yang harus disadari untuk mencapai pengelolaan proses partisipatif yang efektif: 
- salah satu kunci utama kesuksesan pengelolaan proses partisipasi yang efektif adalah niat baik dan kapasitas semua pihak yang berkepantingan dengan isu yang dibahas.
- Jika para pihak tidak berpartisipasi dalam mencari solusi bagi masalah-masalah mereka sendiri atau tidak menjadi bagaian dalam proses pengambilan keputusan, maka dalam situasai terbaik sekalipun implementasi akan dilakukan dengan setengah hati, mungkin tidak dipahami, bahkan kemungkinan besar akan gagal sama sekali.

Bagaimana mengamalkan konsef fasilitasi ?
Dengan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan aman, maka para peserta dapat:
- menemukenali dan menyelesaikan masalah
- mengatasi konflik-konflik mereka sendiri
- membuat keputusan-keputusan kolektif
- membuat perencanaan bersama
- segera mengatasi persoalan, dan
- mengelola dirinya sendiri. 


Apa itu fasilitasi
Menurut kamus, fasilitasi diterjemahkan making thing easy atau membuat sesuatu hal menjadi mudah.
Pada kehidupan sehari-hari di tempat-tempat kerja fasilitator senantiasa mejadikan sesuatu hal semakin mudah dengan cara menggunakan serangkaian teknik dan metode untuk mendorong orang memberikan yang terbaik pada waktu mereka bekerja dan berinteraksi untuk mencapai hasil.
Secara umum, fasilitaor diminta membantu orang untuk mengambil keputusan dan mencapai hasil pada suatu pertemuan, sesi pengembangan tim, pemecahan masalah secara berkelompok, dan kegiatan pelatihan.
Fasilitasi dapat dijelaskan dengan banyak cara . Beberapa definisi yang sering dipakai dadalah sebagai berikut:
1. Fasilitasi adalah memungkinkan atau menjadikan lebih mudah.
2. Fasilitasi adalah mendorong masyarakat membantu dirinya dengan cara hadir bersama mereka , mendengarkan mereka, dan menanggapi kebutuhan mereka.
3. fasilitasi adalah mendukung individu, kelompok atau organisasi melalui proses-proses partisipasi.

Karena focus pelatihan ini adalah fasilitasi pertemuan forum-forum multipihak , definisi yang digunakan adalah: 
Fasilitasi adalah proses sadar dan sepenuh hati membantu suatu kelompok multipihak supaya sukses mencapai tujuan kelompok dan kelompok benar-benar berfungsi sebagai kelompok dengan cara taat pada prinsip-prinsip partisipasi dan dinamika kelompok.

Bagaimana fasilitasi yang baik mendukung proses berbagi yang efektif dalam kelompok ?
Pada umumnya, gagasan dan pengalaman yang diungkapkan dalam pertemuan hanya beberapa yang memperoleh perhatian. Sisanya akan terabaikan , Mengapa hal ini bisa terjadi ?

Prisipnya begini, sebuah gagasan yang dingkapkan secara sederhana dan menarik akan ditanggapi secara lebih serius oleh lebih banyak orang. Sedangkan sebuah gagasan yang dinyatakan dengan tidak jelas atau menyinggung perasaan beberapa pihak akan sulit ditangkap atau diterima orang lain.
Dalam kebanyakan kelompok, orang biasanya ingin sekali menyampiakan pendapat, menceritakan gagasan, mendengarkan pengalaman orang lain dan mencari gagasan-gagasan baru yang menarik. Tetapi perbedaan kelas dan status sosial di dalam masyarakat akan menyebabkan proses tersebut tidak berjalan mulus. Misalnya, masyarakat desa lebih memperhatikan apa yang dikatakan kepala desa dari pada seorang perempuan muda dari kota.
Dengan teknik-teknik fasilitasi yang baik, seorang fasilitator dapat menjadi pendukung yang kuat bagi kelompok-kelompok macam begini.

Seorang fasilitator dapat :
1. Menyederhanakan apa yang dikatakan seseorang yang berbicara berulang-ulang sehingga membentu orang berpikir lebih focus (paraphrase).
2. membantu mereka yang bicaranya terpatah-patah dengan cara mengajak mereka megungkapkan secara perlahan atau probing (menggalai lebih dalam)
3. mengulang kembali gagasan yang dilontarkan peserta yang pemalu supaya mendapat perhatian dari semua orang ( mirroring), dan
4. Menangani interupsi dengan tegas dan hormat, dengan meyakinkan orang yang interupsi bahwa fasilitator akan mengangkat isu yang diangkat setelah selesai diskusi. 



B. PERAN FASILITATOR


1. Kekuatan Seorang Fasilitator yang Baik
Karakter utama seorang fasilitator yang baik adalah ia bersikap netral pada substansi (content neutral). Konten netral berarti ia tidak mengambil posisi pada isu yang sedang dibicarakan dan ia tidak memiliki kepentingan pda hasil yang dicapai pada proses diskusi tersebut.
Peran utama seorang fasilitator adalah menjadi pemandu proses (process guide). Ia selalu mencoba proses yang terbuka, inklusif, dan adil sehingga setiap individu berpartisipasi secara seimbang dan membangun situasi dan kondisi yang nyaman dan aman supaya semua pihak bisa secara sungguh-sungguh berpartisipasi.


Kekuatan seorang fasilitator adalah menjadi Content neutral dan Process guide
Tabel berikut dapat memberikan gambaran lebih kontras tentang perbedaan peran fasilitator dan peran-peran lain yang sering disandingkan sperti: penyuluh, pendamping, pengamat, dan nara sumber.

Fasilitator:
(bisa membantu formulasi pilihan solusi bila diminta) Penyuluh
(memberikan saran jika diminta)
Pengamat
(bisa memberikan umpan balik bila diminta) Narasumber
(menyediakan solusinya sendiri)

Tujuan dan Tantangan menjadi Conten Neutral
Mengapa penting menjadi content neutral ? Jika anda memfasilitasi hendaknya tidak memberikan nasehat khususnya jika tidak benar-benar diminta. Bahkan bila dimintapun , anda jangan sering-sering membantu/ bahkan tidak diperkenankan membantu. Memberikan nasehat berarti anda memberitahu kelompok apa yang menurut anda sebaiknya mereka lakukan (aatau tidak). Ketika memberikan nasehat, anda dipengaruhi oleh nilai-nilai pribadi anda, dan ada kesan bahwa apa yang anda sampaikan adalah lebih baik daripada pikiran kelompok. Dengan memberikan nasehat bersrti anda mengabaikan keragaman pendapat dalam kelompok. Keputusan yang diambil kelompok selalu berbeda-beda karena pengalaman anggota kelompok selalu berbeda-beda.
Apa tantangan menjadi content neutral ? Apa yang anda lakukan saat anda diminta memberikan nasehat sebagai seorang fasilitator ? Anda dapat menggunakan beberapa contoh tanggapan atau pertanyaan tidak langsung yang dinarasikan berikut ini:
- Apa ada pilihan-pilihan lain atau alternative yang bisa anda pikirkan ?
- Apa keuntungan dan kelemahan pilihan-pilihan ini menurut pendapat anda ?
- Saya menyarankan anda mencoba menjawab pertanyaan itu sendiri ?
- Apakah ada anggota kelompok yang ingin memberikan usulan ?
- Apakah ada meminta opini saya ? 




Tujuan dan Tantangan Menjadi Pemandu Proses ( Process Guide)
Mengapa peran sebagai pemandu proses penting ? Kebanyakan kelompok memiliki kecenderungan focus pada substansi dan hasil, karena itu mereka mau berkumpul. Tetapi, jika pertemuan yang diadakan tidak rutin, maka sering kali hasil yang diinginkan tidak tercapai. Banyak kelompok tidak menyadari ataupun menyadari pentingnya proses. Mereka tidak tahu bagaimana cara memandu proses atau mereka tidak berada pada posisi untuk melakukan itu. Fasilitator, karena ia bersikap content neutral, memiliki posisi sebagai pengelola proses. Dalam melakukan fasilitasi dibutuhkan juga seni memobilisasi kekuatan suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Apa tantangan menjadi pemandu proses ?
Terkadang kebanyakan kelompok yang anda fasilitasi memiliki pandangan berbeda tentang peran atau pekerjaan sebagai fasilitator. Untuk itu pada saat diminta membatu kelompok tersebut , anda perlu melakukan beberapa hal berikut:
- Memastikan adanya kejelasan harapan anggota kelompok atas peran anda.
- Menciptakan pemahaman bersama tentang peran seorang fasilitator.
- Memberi penjelasan tentang peran anda sebagai fasilitator.

Peran Penting Lainnya
Selain berperan sebagai pemandu proses, Fasilitator memiliki peran penting lainnya sebagai Tool Giver atau pemberi alat Bantu. Untuk memudahkan sebuah proses mencapai tujuannya, fasilitator bica menciptakan atau membuat alat-alat Bantu sederhana agar proses dialaog atau diskusi menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Biasanya alat-alat Bantu itu berupa pertanyaan-pertanyaan kunci yang sederhana dan bisa membantu peserta mulai saling berdialog dan berdiskusi.
Selain sebagai pemberi alat bantu, peran fasilitator juga sebagai Process Educator. Pada kehidupan sehari-hari orang senantiasa mengejar tuannya masing-masing. Pada gilirannya seringkali para penyewa tenaga fasilitator lebih suka membicarakan hasil sebuah pertemuan daripada membicarakan sebuah prosesnya. Untuk peran penting fasilitator adalah berdakwah tentang proses. Mengapa ?, karena sistem pendidikan yang kita anut lebih cenderung mengajarkan tentang hasil. Sebagi contoh, 4 X 4 = berapa ??, bukan bagaiman anda cara menghitung untuk memperoleh angka 16. demikian pula pad proses pertemuan atau lokakarya, yang penting adalah mendidik para penyewa tenaga fasilitator bagaimana cara mencapai hasil yang diinginkan dalam suatu pertemuan.

Bagaimana dengan keahlian yang dimiliki seorang fasilitator ?
Jika anda tidak bisa membagi pengetahuan kepada mereka, lantas bagaimana dengan keahlian atau kepakaran yang anda miliki ? Adalah penting mengingatkan bahwa etika di atas tidak melarang sama sekali anda membagi keahl;ian atau kepakaran yang anda miliki kepada kelompok. Jika ada seorang sarjana ekonomi dan diminta kelompok untuk menjelaskan tentang seluk-beluk pasar bebas atau globalisasi, anda bisa berbagi pengetahuan dengan mereka. Tetapi, dalam kasus ini anda bukan seoerang fasilitator.
 
 

Fasilitator: Membelajarkan 

Fasilitator: Membelajarkan
Apakah artinya membelajarkan? Agar Fasilitator dapat menjalankan peran dan tugasnya secara baik, mari kita mulai dengan mencoba memahami istilah ini.
• Membelajarkan, adalah upaya ‘seseorang’ untuk membantu ‘peserta‘ melakukan kegiatan belajar. Membelajarkan merupakan kegiatan sistematis dan dilakukan secara sengaja oleh seseorang (fasilitator) untuk membantu peserta agar melakukan kegiatan belajar.
• Belajar. Sebagai proses, adalah upaya sadar ‘peserta didik’ untuk melakukan perubahan atau penyesuaian tingkah laku. Sebagai hasil, adalah perubahan tingkah laku yang diperoleh peserta didik dari kegiatan belajar; perubahan tingkah laku mencakup pengetahuan – sikap – keterampilan (PSK). Belajar bisa juga dilakukan sendiri (tanpa pendidik).
Dalam pembelajaran kita menempatkan umat / peserta sebagai aktor (subyek), umat / peserta bukanlah hanya sasaran atau penerima manfaat pengajaran saja. Seorang praktisi fasilitator memiliki 2 peran utama, yaitu: sebagai salah satu pelaku komunikasi, dan pemberi fasilitas untuk membangun dialog, kerjasama, dan keterlibatan di antara berbagai umat / peserta. 
Sumber belajar bagi seorang fasilitator untuk menjalankan peran tersebut dapat berasal dari beragam pendekatan atau bidang studi (disiplin ilmu). Tugas seorang fasilitator bukanlah untuk mentransfer atau menyebarluaskan informasi, melainkan menggunakan komunikasi informasi untuk meningkatkan partisipasi umat / peserta dalam menggereja. Ini berarti peningkatan kapasitas umat / peserta untuk bisa berpartisipasi secara aktif. 
Pendidikan Orang Dewasa (POD)
Konsep pendidikan orang dewasa (POD) atau adult education merupakan istilah yang berkembang di kalangan universitas sejak tahun 1960-an –khususnya untuk bidang studi pendidikan dan pembangunan dan disebut juga ilmu andragogi (kebalikan dari pedagogi atau ilmu “mengajar anak”). 
Tugas fasilitator pembelajaran hadap masalah adalah mengembangkan proses sebagai berikut:
1. Mulai dari Pengalaman Peserta
Fasilitator mendorong peserta / umat untuk menyampaikan pengalamannya dengan cara menguraikan kembali rincian fakta, unsur-unsur, urutan kejadian, dll. dari kenyataan tersebut. Kemudian menggali tanggapan dan kesan peserta / umat atas kenyataan tersebut.
2. Lakukan Analisis
Fasilitator mendorong peserta / umat untuk menemukan pola dengan mengkaji sebab-sebab dan kaitan-kaitan permasalahan yang ada dalam realitas tersebut.
3. Tarik Kesimpulan
Fasilitator mengajak peserta / umat merumuskan makna realitas tersebut sebagai suatu pelajaran dan pemahaman atau pengertian baru yang lebih utuh, berupa prinsip-prinsip atau kesimpulan umum (generalisasi) dari hasil pengkajian atas pengalaman tersebut.
4. Terapkan
Kemudian fasilitator mengajak peserta / umat merumuskan dan merencanakan tindakan-tindakan baru yang lebih baik berdasarkan hasil pemahaman atau pengertian baru tersebut, sehingga sangat memungkinkan untuk menciptakan kenyataan-kenyataan baru yang lebih baik. Proses pengalaman belumlah lengkap, sebelum pemahaman baru penemuan baru tersebut dilaksanakan dan diuji dalam perilaku yang sesungguhnya. Tahap inilah bagian yang bersifat “eksperimental”.
Prinsip Fasilitator
Orang dewasa bukanlah ”gelas kosong” yang dengan mudah dapat dituangkan sesuatu ke dalamnya. Orang dewasa kaya pengalaman, punya pendirian dan sikap nilai tertentu. Dalam memfasilitasi pembelajaran dengan orang dewasa di atas, perlu diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
1. Prinsip pertama; tidak menggurui atau mengajari orang dewasa, tetapi ajaklah mereka BELAJAR bersama, karena:
o Orang dewasa menganggap dirinya mampu BELAJAR sendiri.
o Orang dewasa mampu mengatur dirinya sendiri (mandiri) dan tidak suka diajari apalagi diperintah kecuali jika mereka diberi kesempatan untuk bertanya mengapa? Dan mengambil keputusan sendiri. Sikap yang terkesan mengguruinya akan cenderung ditolaknya, atau dihindarinya.
2. Prinsip Kedua; jangan menyalahkan atau merendahkan pendapat umat / peserta (Orang Dewasa), karena:
o Harga diri sangat penting bagi orang dewasa. Dia menuntut untuk dihargai, terutama menyangkut diri dan kehidupannya.
o Orang dewasa memilki kesadaran akan dirinya dalam menanggapi penilaian orang lain.
3. Prinsip Ketiga; Kembangkan proses belajar dari pengalaman umat / peserta atau hubungkan antara teori dengan kehidupan sehari-hari karena:
o Orang dewasa lebih senang mengobrol dan diskusi pengalaman untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan diri mereka dan lingkungan
o Orang dewasa senang menceritakan pengalamannya dan senang mendengarkan pengalaman orang lain.
4. Prinsip Keempat; Berikan informasi yang memang dibutuhkan peserta / umat, karena:
o Setiap orang dewasa mengontrol proses belajarnya, karena ia selalu punya tujuan pribadi untuk belajar.
o Orang dewasa tidak suka belajar sesuatau yang tidak bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari (tidak suka TEORI yang tidak diaplikasikan)
o Orang dewasa cenderung ingin segera menerapkan pengetahuan dan keterampilan baru.
5. Prinsip Kelima; pertimbangan keterbatasan kemampuan belajar masyarakat (Orang Dewasa), karena kemampuan untuk menyerap informasi juga semakin kurang berdasar usia dan perubahan fisik.
MEMFASILITASI PROSES PEMBELAJARAN
Membelajarkan sebagai Kebalikan Mengajar
Guru bertugas untuk mengajar (teaching), sedang murid bertugas menerima pelajaran (diajar). Metode yang digunakan disebut metode mengajar (pedagogi) yang sifatnya adalah komunikasi searah (dari guru ke murid) sehingga mengembangkan hubungan hirarkis. 
Membelajarkan adalah mendorong peserta / umat untuk belajar dan saling belajar, bukan mengajari. Fasilitator menggunakan metode pembelajaran orang dewasa (andragogi) yang sifatnya adalah komunikasi multiarah (dari peserta / umat ke peserta / umat lainnya, dari fasilitator ke peserta / umat, dan sebaliknya) sehingga mengembangkan proses dialog dan hubungan kesetaraan. Tema-tema belajarnya adalah keseharian, sehingga belajar menjadi relevan dengan kehidupan dan realitas peserta / umat.

“ILMU” SEORANG FASILITATOR: ANTARA TEORI DAN PRAKTEK
Tidak ada cara untuk menjadi seorang fasilitator yang handal, kecuali dengan belajar sambil bekerja secara terusmenerus. Tetapi, belajar dari pengalaman akan menjadi lebih bermakna apabila fasilitator juga belajar dari berbagai sumber yang menyumbang pengetahuan dan ketrampilannya. Cara kita memfasilitasi ditentukan oleh teori yang ada di dalam kepala kita. Kalau kita menggunakan teori komunikasi konvensional, maka umat / peserta akan menjadi OBYEK yang diperlakukan sebagai penerima informasi dari pihak luar. Kalau kita menggunakan teori komunikasi partisipatif, maka peserta / umat adalah SUBYEK dan proses yang dikembangkan adalah dialog dan pertukaran pengetahuan/informasi. pengembangan pendekatan partisipatif. 
Ada 3 hal yang selalu saling berkaitan dalam praktek atau cara kerja kita sebagai seorang fasilitator, yaitu: paradigma dan teori/filosofi pembelajaran yang kita gunakan, metodologi (mencakup pemilihan metode/teknik), serta instrument (mencakup penggunaan media). Kita mungkin juga jangan menjadi seorang penganut teori tertentu secara ‘fanatik’ karena ilmu yang paling relevan dalam menjalankan peran/tugas fasilitator adalah lapangan itu sendiri: umat / peserta dan lingkungan yang menjadi tempat fasilitator berkarya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Malam Pertama Pengantin | Goyang Karawang

Cerita Malam Pertama Pengantin | Goyang Karawang Ini ada beberapa cerita malam pertama pengantin baru , cerita dewasa ‘seks’ pernikahan sepasang pengantin baru, dimana sang mempelai wanita atau sang isteri begitu polosnya. Sehingga ketika malam pertama berlangsung sang suami harus membimbing dulu agar sang isteri paham. Namun setelah sang isteri paham, sang suami malah yang jadi kewalahan menghadapi isterinya di malam pertama tersebut. Cerita malam pertama pengantin ini seru dan menarik untuk dibaca. Mungkin ini bisa bermanfaat khususunya bagi para calon pengantin. Sebuah trik atau tips yang bisa diterapkan jika menghadapi situasi dan kondisi yang sama nantinya. Bagaimana cerita malam pertama pengantin baru ini, silahkan simak kisah selengkapnya berikut ini! Sepasang pengantin baru sedang bersiap menikmati malam pertama mereka. Pengantin perempuan berkata, “Mas, aku masih perawan dan tidak tahu apa-apa tentang seks. Maukah Mas menerangkannya lebih dulu sebelum kita melakukannya?”

DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA

 Download Kumpulan MP3 Gending Jawa dan Lagu Jawa DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA MP3 GENDHING JAWA http://piwulangjawi.blogspot.com/p/mp3-gending-jawi.html GENDHING-GENDHING JAWA DALAM FORMAT MP3  DIPERSILAHKAN KEPADA STRISNO BUDAYA JAWA UNTUK MENGUNDUH ANEKA GENDHING JAWA KLASIK I : 001.  BENDRONGAN – PUCUNG RUBUH – GANDRUNG MANIS – DANDANGGULA BANJET – ASMARADANA JAKALOLA.mp3 002.  BW. GAMBUH LGM. LELO LEDHUNG – LDR. SARAYUDA – LAGU ONDHE-ONDHE Pl. Br.mp3 003.  BW. LEBDAJIWA – KUTUT MANGGUNG Pl. Br.mp3 004.  BW. MUSTIKENGRAT – GENDHING CANDRA -LDR. SRI HASCARYA – LDR. WESMASTER Sl.9.mp3 005.  BW. SEKAR AGENG SUDIRAWARNA – UDAN BASUKI – LIPUSARI – GAMBUH Sl. Mny.mp3 006.  BW. SUDIRAWARNA – GENDHING WIDASARI – LDR. LIPUR SARI Sl. Mny.mp3 007.  GENDHING BANDILORI – LDR. ELING-ELING – KTW. PRANA ASMARA – SLEPEG MAWA PALARAN Pl. Br.mp3 008.  GENDHING BONANG SLEBRAK PL.5.mp3 009.  GENDHING BUDHENG-BUDHENG – LDR. SARAYUDA Pl.6.mp3 010.  GENDHING