Langsung ke konten utama

RENUNGAN UNTUK ADVENT 2018: KELUARGA BERBICARA



RENUNGAN UNTUK ADVENT 2018: KELUARGA BERBICARA
*Hanya ambil dari sana-sini)
 
1. CEPAT MENDENGAR LAMBAR BERBICARA
Markus 7: 31-37; Yakobus 1: 19 – 21
“…ingatlah hal ini: Setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah; sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.”  (Yak. 1: 19-20)
Saudara yang dikasihi Tuhan Yesus kristus,
Ada hal yang menarik dari kisah Markus 7: 31-37, yaitu pada saat Yesus berada di daerah Dekapolis Ia diminta untuk menyembuhkan seorang yang tuli dan bisu. Kemudian Yesus memasukkan jariNya ketelinga orang itu lalu meludah dan meraba lidah orang itu. Kemudian Yesus berkata, “Efata” yang artinya ‘terbukalah.’
Saudara, mengapa untuk menyembuhkan orang bisu dan tuli ini Yesus terlebih dahulu menyembuhkan telinganya? Mengapa justru telinga yang pertama kali dibuka dan bukan lidahnya? Sebab dalam proses belajar yang normal orang pertama kali belajar melalui telinganya; baru setelah itu ia dapat belajar dan mengucapkan kata-kata. Kalau telinga tidak berfungsi dengan baik maka mulut pun tidak akan dapat berbicara dengan baik. Sebab itulah Yesus pertama-tama menyembuhkan telinga orang itu. Ayat 35 mengatakan, “terbukalah telinga orang itu…maka ia dapat berkata-kata dengan baik.” 
Saudara, ketika telinga kita mau mendengar dengan baik maka kita dapat berbicara dengan baik juga. Oleh sebab itulah dalam Yakobus 1: 19-21, kita diingatkan untuk cepat mendengar tetapi lambat berkata-kata. Mendengar yang dimaksudkan di sini ialah bukan sekedar  asal dengar tetapi mendengar dengan penuh perhatian, kita membuka hati dan pikiran kita serta mencoba menangkap apa yang disampaikan oleh lawan bicara kita.
Apa yang diperlihatkan Yesus dan yang dikatakan Yakobus merupakan prinsip yang sangat tepat dalam menjalin relasi/hubungan baik dengan siapapun. Coba kita perhatikan betapa banyak pertengkaran yang terjadi antara suami-istri hanya karena keduanya lebih cepat berbicara tetapi lambat atau sama sekali tidak mau mendengar; berapa banyak kita berselisih dengan tetanga, saudara atau rekan kerja hanya karena kita lebih suka berbicara dan berbicara. Sebab lebih suka berbicara tanpa mau mendengar terlebih dahulu apa yang orang lain katakan dengan baik  hanya akan mengakibatkan:
· Kita salah mengerti/salah paham
· Ucapan kita malah melukai atau semakin melukai perasaan orang lain
· Ucapan kita mematahkan semangat hidup/kerja orang lain
· Ucapan kita tidak didasari fakta yang benar. Sehingga kita menjadi pembuat gosip dan penyebar gosip. Padahal sekali gosip disebar maka dengan cepat tersebar luas dan susah diperbaiki.
Saudara, dalam suatu pertengkaran/pertikaian sebenarnya tidak ada yang bahagia. Baik yang merasa dirinya menang apalagi yang merasa dirinya dikalahkan/disalahkan. Keduanya sama-sama terluka hati dan perasaannya. Dan untuk memulihkan rasa sakit hati ini diperlukan waktu yang cukup lama.
Tetapi sebaliknya, betapa banyak persahatan bisa berjalan langgeng karena kita mau mendengar; betapa banyak pasangan yang dapat menikmati kerukunan dan kebahagiaan karena semua yang terlibat mau mendengarkan yang lain. 
Apabila kita diminta untuk cepat mendengar tetapi lambat bicara ini tidak berarti bahwa kita tidak boleh marah ! Menurut saya, kita boleh saja marah apalagi apabila menjumpai ketidak benaran, ketidak adilan. Tetapi marah yang kita lakukan adalah untuk memperbaiki keadaan, memperbaiki kelakuan seseorang. Marah yang kita lakukan bukan untuk memuaskan amarah kita sendiri  melainkan untuk kepentingan orang lain. Coba kita perhatikan apa yang dikatakan oleh Amsal 16: 23-24, ”Hati orang bijak menjadikan mulutnya berakal budi, dan menjadikan bibirnya lebih dapat meyakinkan. Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang.”
Apa yang Yesus dan Yakobus tuntut memang bukanlah hal yang mudah; tetapi tidak berarti hal itu tidak dapat kita lakukan. Kita dapat melakukannya apabila kita dapat menguasai diri kita. Nah, untuk dapat menjadi orang yang dapat mengendalikan dirinya sendiri maka orang itu harus menjadi pelaku firman. Hanya orang yang mau menjadi pelaku firman yang dapat mengendalikan dirinya. Sehingga kehidupannya adalah kehidupan yang berbahagia.
Saudara yang dkasihi Tuhan
Marilah kita menjadi orang yang cepat mendengar tetapi lambat berbicara. Sehingga kita mempunyai hubungan baik dengan siapapun; baik dengan suami/istri, anak, teman, tetangga dan lain sebagainya. Dan setiap ucapan kita dapat menjadi berkat bagi orang lain. Amin.
2.PERBEDAAN ITU MUDAH
Pengantar
Perbedaan antara religius dengan spiritual
Fenomena yang terjadi saat ini sangat memprihatinkan. Kita dikenal sebagai bangsa yang religius, banyak orang taat beragama, tempat ibadah ada dimana-mana. Tapi ternyata kejahatan terus terjadi, korupsi dan fitnah merajalela. Hal ini menunjukkan bahwa kita tidak mampu membawa perbedaan antara yang beragama dengan yang tidak. Kita masih terpaku pada “religius”, bukan “spiritual”.
 
Menurut definisi awam, orang religius adalah orang yang agamis, rajin ibadah, terkadang dari penampilannya terlihat (sengaja diperlihatkan), menampilkan simbol-simbol agama. Orang spiritual adalah orang yang baik, bukan hanya dalam menjalankan perintah agama saja, atau di tempat ibadah saja, tapi ia baik dimanapun berada.

Ada 5 perbedaan antara religius dengan spiritual:
1. Orang religius adalah orang yang percaya bahwa Tuhan itu ada. 
Sedangkan orang spiritual adalah orang yang percaya bahwa Tuhan itu hadir. Orang melakukan perbuatan tidak baik karena ia berpikir Tuhan hanya ada, tapi tidak hadir. Sedangkan orang spiritual berpikir bahwa Tuhan ada di manapun dia berada.
2. Orang religius adalah orang yang merasa paling suci dan paling benar. 
Orang spiritual adalah orang yang melihat semua orang adalah setara, semua punya kelebihan dan kekurangan.
3.  Orang religius adalah orang yang mudah melihat perbedaan, dan sensitif dengan perbedaan. 
Orang spiritual adalah orang yang mudah melihat persamaan, mau menerima perbedaan, mau mendengarkan orang lain.
4. Orang religius adalah orang yang hanya mementingkan simbol-simbol agama dan ritual agama saja. 
Orang spiritual adalah orang menyembunyikan ibadahnya dari orang lain, dan mempraktekkan keagamaannya dimanapun dan kapanpun.
5. Orang religius adalah orang yang baik dalam urusan ibadah saja. 
Orang spiritual adalah orang yang baik dalam semua urusan, karena menganggap semua urusan adalah ibadah.
Tanpa spiritual, ibadah yang dilakukan hanya menjadi ritual semata. Ritual agama diperlukan, tapi harus dilakukan dengan kesadaran dan cinta kepada Tuhan. Religius adalah cara untuk meraih spiritual. 
 
Kita bisa menjadi spiritual tanpa melakukan hal-hal yang religius. Tapi hal itu tidaklah lengkap, karena beragama tanpa ibadah tidaklah lengkap. 
 
Untuk menjadi orang yang spiritual kita harus ingat dengan esensi dan hakekat kita ada di dunia ini, dan mencari makna dari setiap yang kita lakukan.
 
Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga (Matius 5:20)
Persatuan dan kesatuan merupakan sebuah cara hidup yang sering sulit untuk dijalani. Apalagi mempersatukan sebuah perbedaan. Tidak mudah dan memang butuh proses-perjuangan ekstra.
Kita bersyukur karena bangsa Indonesia dalam keberbedaan itu memiliki Pancasila sebagian dasar untuk mempersatukan.
Hal terpenting yang mau disampaikan di sini ialah bahwa kualitas sebuah persatuan dan kesatuan itu sangat ditentukan oleh kemampuan dan ketulusan hati setiap kita untuk meninggalkan segala sesuatu untuk ‘bersatu dengan yang lain.
Kesulitan pertama yang sering sulit kita lakukan ialah meninggalkan EGO DIRI kita; meninggalkan masa lalu dan kebiasaan diri kita yang buruk; meninggalkan ada kita yang sebelumnya kental dengan kemapanan eksklusif atau secara ringkas boleh dibilang meninggalkan manusia lama dan rela mengenakan manusia baru.
Untuk menyatukan dua diri apalagi banyak diri, orang harus mengurangi, bahkan mengosongkan dirinya yang penuh, supaya yang lain bisa mengisi, ibarat sebuah gelas yang sudah penuh air, bagaimana kita dapat mengisinya.
Orang harus mampu mengosongkan diri atau lebih pasnya merendahkan diri untuk bersatu dengan ada yang lain. Itulah sikap hidup yang harus dimiliki, supaya kita dengan mudah menggalang persatuan dan kesatuan.
Lebih jauh dari itu, supaya persatuan dan kesatuan kita kokoh maka model, dasar persatuan dan kesatuan kita harus bersumber dari, oleh dan untuk Allah Tritunggal.
Jika kita sungguh dekat dan selalu bersatu dengan Tuhan dalam doa, ekaristi dan dalam seluruh rutinitas hidup , maka kita pun dimampukan untuk bersatu dengan semua.
Prinsipnya: persatuan dan kesatuan kita dengan Tuhan menentukan persatuan dan kesatuan kita dengan sesama dan alam sekitar, dan sebaliknya persatuan dan kesatuan kita dengan sesama dan alam sekitar, menentukan persatuan dan kesatuan kita dengan Tuhan.
‘Cintailah persatuan dan kesatuan kita di dunia. Sebab apa yang kita ikat di dunia ini akan terikat pula di Surga dan apa yang kita lepaskan di dunia ini akan terlepas juga di surga . 
3. BELAJAR DARI KELUARGA  ALLAH

Keluarga Kristen Sebagai Anggota Keluarga Allah

Bacaan Kitab Suci : Efesus 2 : 11-22
 
Nats : Efesus 2 : 19
Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah.
Pada waktu saya masih kecil, menjadi salah satu anggota Gerakan Pramuka adalah suatu hal yang membanggakan, karena pada waktu itu organisasi diluar sekolah formal hampir dapat ikatakan tidak ada.
Selain kebanggan yang saya nikmati ternyata terdapat juga kewajiban-kewajiban yang melekat kepada setiap anggota yang harus dilaksanakan dengan suka cita, konsekuen dan konsisten.
Demikian juga Keluarga Kristen sebagai anggota keluarga Allah wajib mempunyai kebanggan yang sangat tinggi dan spesifik.
Tetapi perlu diingat bahwa sebagai anggota keluarga Allah, kita juga mempunyai tanggungjawab atau kewajiban-kewajiban yang melekat dan harus kita laksanakan dengan sukacita, tidak menggerutu dan dengan hati yang tulus, ikhlas.
Karenanya kita :
1. Bukan lagi orang asing atau pendatang, artinya kita tidak boleh masa bodoh terhadap permasalahan yang terjadia dalam keluarga Allah, dimaksud, kita harus mengambil peran aktif dalam setiap penyelesaian permasalahan yang ada.
2. kawan sewarga dari orang-orang kudus, artinya kita dituntut untuk senantiasa hodup kudus seturut kehendak Allah.
3. Anggota keluarga Allah, artinya setiap keluarga Kristen senantiasa untuk hidup berkeluarga dengan penuh kasih dan kemesraan yang mendalam, apapun permasalahan yang timbul harus diselesaikan berdasarkan cinta kasih supaya terbentuk suatu keluarga kristiani yang selalu diberkati Tuhan.
Oleh karena itu Keluarga Kristen sebagai Anggota Keluarga Allah, marilah senantiasa selalu minta pertolongan Tuhan agar kita diperbaharui setiap saat sehingga hidup kita bgenar-benar layak dan dilayakkan sebagai Anggota Keluarga Allah seperti yang dikehendaki Allah.
Mari berefleksi sejenak, dptkah kita temukan contoh2 Keluarga Allah, dalam Alkitab? Yang dengan caranya masing2, mereka mejalani kehidupan dengan penuh iman dan perjuangan . Namun berkat kesetiaan dan imannya mereka-mereka lulus dalam ujian hidup.
 
 
 
 
 
4. SUKA CITA DALAM KELUARGA
LUKAS 3:10-18 ~ Bergembira dan Bersukacitalah
Injil hari ini merupakan satu kesatuan dengan injil minggu lalu. Minggu lalu Yohanes Pembaptis menyerukan dalam kotbahnya, “Bertobatlah dan berilah dirimu di baptis”. Kotbah yang tegas dan keras ini sungguh mengejutkan banyak orang. Maka mereka bertanya kepada Yohanes Pembabtis, “Kalau begitu apakah yang perlu kami buat? Tegasnya, “Apakah inti dan muatan pertobatan dan baptisan itu?
Kepada orang banyak ia mengatakan, “Jika kamu punya dua helai baju hendaklah ia memberinya kepada orang yang tidak punya. Dan siapa yang mempunyai makanan, hendaknya ia melakukan hal yang sama. Kepada pemungut cukai ia mengatakan, “Janganlah menagih lebih dari yang telah ditentukan. Dan kepada para tentara, “Jangan merampas dan jangan memeras. Cukupkanlah dirimu dengan gajimu dan puaslah dengan itu.
Dua pesan mendasar dari injil hari ini yakni; keadilan dan aksi kasih (karitatif). Karena itu setiap dari kita sungguh diingatkan supaya jangan menggunakan jabatan, pekerjaan, kekayaan, posisi atau status untuk menyelewengkan keadilan. Jangan juga itu kita gunakan untuk menekan orang lain. Atau dengan kata lain semunya itu bisa sebagai sumber ketidak adilan dan pemerasan orang kecil, hina dan papa.
Para sahabatku terkasih, Hari ini kita merayakan minggu advent yang ketiga. Minggu ketiga advent disebut juga Gaudete atau momen suka cita karena kedatangan Yesus sudah dekat. Karena itu ajakan kepada kita ialah bergembira dan bersukacitalah. Bergembiralah dan bersukacitalah, bila kamu mampu bersikap adil terhadap sesama. Bergembira dan bersuka citalah bila kamu pada masa advent itu mampu berbagi kasih. Bergembira dan bersukacitalah karena Yesus tetap mengasihimu walau kamu mempunyai banyak kelemahan. Bergembira dan bersuka citalah karena Ia tidak pernah melupakanmu, Ia tetap setia. Bergembira dan bersukacitalah karena kedatangan-Nya sudah dekat.
Mari kita melihat ke kedalaman hati kita masing-masing, apakah kamu sungguh bergembira dan bersuka cita sebagai pribadi karena kamu mempunyai keluarga yang sungguh menggembirakanmu, kamu mempunyai pekerjaan dan gaji yang cukup, atau juga karena anakmu sukses dalam pekerjaan dan ujian? Fakta lain banyak orang yang masih jauh dari rasa gembira dan suka cita itu karena berbagai masalah seperti masalah ekonomi, karena kehilangan orang yang dicintai, masalah tertekan secara fisik dan batin, atau juga karena penyakit yang terus menggerogoti. Untuk ini mungkin kamu bertanya apa arti natal nanti untukmu?
Ada suatu kisah nyata yang indah bertajuk uang tidak akan bisa membeli kegembiraan. Seorang suami sedang menghadiri pertemuan orang tua dengan para guru di SMU Chicago, Amerika. Dalam pertemuan itu ia sangat merasa sedih dan bahkan hampir menangis saat berbicara dengan salah satu guru puteranya. Saat berhasil menenangkan diri ia mengatakan kepada sang guru itu, “Saya tidak tinggal bersama lagi dengan puteraku tetapi saya masih sangat mengasihinya. Saya ingin tahu apakah ia baik-baik saja di sekolah ini. Ia menambahkan bahwa isterinya bersama empat anaknya meninggalkannya pada suatu sore beberapa bulan yang lalu.
Bapak itu adalah kontraktor yang sukses yang kerja sampai enam belas jam sehari. Namun serentak dengan itu ia akhirnya menyadari bahwa ia semakin jauh dari keluarganya. Keluarganya semakin terlalaikan oleh kesibukannya. Ia meneruskan bahwa ia sering berencana memberi keluarganya hadiah dengan uang bejibun yang ia miliki. Tetapi semua rencana dan keinginan itu tinggal dalam impian. Itu tidak pernah kesampaian karena kesibukannya. Ia menyadari bukan hadiah yang demikian yang mereka butuhkan. Akhirnya yang fatal pun terjadi. Keluarganya meninggalkannya. Di akhir penyesalannya ia menyadari bahwa seorang suami seharusnya berada di rumah pada malam hari dan memberi waktu untuk keluarganya, Berbicara dengan mereka.
Kisah nyata itu memberi arti yang kurang lebih sejalan dengan pesan advent. Kita begitu banyak terlibat dalam kesibukan tetapi kita sering lupa mengapa kita melakukan itu? Kita begitu intens melakukan pekerjaan tetapi kita lupa untuk siapa kita melakukan itu? Kita sering berpikir membeli hadiah dengan uang, tetapi kita sering lupa akan memberi sesuatu yang tidak bisa dibeli dengan uang yakni kegembiraan dann suka cita. Sama halnya dengan masa adven ini, kesibukan bisa saja membuat mu lupa hal yang terpenting, mempersiapkan hati untuk merayakan natal dan menyambut Dia. Kita sibuk mempersiapkan natal tetapi kadang kita lupa untuk SIAPA kita melakukan itu. Kesibukan bisa saja menutup hati kita akan kedatangan-Nya. Dengan itu kita tidak siap merayakan natal secara rohani.
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN )

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN ) Prabu Dasamuka menyerahkan Dewi Sinta yang diculiknya, di bawah pengawasan Dewi Trijata di Taman Argasoka, kemenakannya. Sementara Regawa alias Rama terus mencari istrinya yang hilang. Ia sudah mendapat petunjuk dari Jatayu bahwa Sinta diculik raja Alengka bernama Prabu Dasamuka. Perjalan Rama ke Alengka disertai Laksamana, adiknya, dan Prabu Sugriwa serta seluruh bala tentara Kerajaan Guwakiskenda. Setelah membangun perkemahan di daerah Mangliawan, Ramawijaya mengutus Anoman untuk menjadi duta, menemui Dewi Sinta di Keraton Alengka. Hal ini membuat iri Anggada, sehingga terjadi perkelahian dengan Anoman. Rama kemudian menyadarkan Anggada, bahwa nanti akan ada tugas penting lainnya bagi Anggada. Perjalanan Anoman ke Alengka ternyata penuh hambatan. Mulanya ia berjumpa dengan Dewi Sayempraba, salah seorang istri Prabu Dasamuka. Anoman dirayu, dan diberi hidangan buah-buahan beracun. Akibatnya Anoman menjadi buta. Untunglah ia ditol

DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA

 Download Kumpulan MP3 Gending Jawa dan Lagu Jawa DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA MP3 GENDHING JAWA http://piwulangjawi.blogspot.com/p/mp3-gending-jawi.html GENDHING-GENDHING JAWA DALAM FORMAT MP3  DIPERSILAHKAN KEPADA STRISNO BUDAYA JAWA UNTUK MENGUNDUH ANEKA GENDHING JAWA KLASIK I : 001.  BENDRONGAN – PUCUNG RUBUH – GANDRUNG MANIS – DANDANGGULA BANJET – ASMARADANA JAKALOLA.mp3 002.  BW. GAMBUH LGM. LELO LEDHUNG – LDR. SARAYUDA – LAGU ONDHE-ONDHE Pl. Br.mp3 003.  BW. LEBDAJIWA – KUTUT MANGGUNG Pl. Br.mp3 004.  BW. MUSTIKENGRAT – GENDHING CANDRA -LDR. SRI HASCARYA – LDR. WESMASTER Sl.9.mp3 005.  BW. SEKAR AGENG SUDIRAWARNA – UDAN BASUKI – LIPUSARI – GAMBUH Sl. Mny.mp3 006.  BW. SUDIRAWARNA – GENDHING WIDASARI – LDR. LIPUR SARI Sl. Mny.mp3 007.  GENDHING BANDILORI – LDR. ELING-ELING – KTW. PRANA ASMARA – SLEPEG MAWA PALARAN Pl. Br.mp3 008.  GENDHING BONANG SLEBRAK PL.5.mp3 009.  GENDHING BUDHENG-BUDHENG – LDR. SARAYUDA Pl.6.mp3 010.  GENDHING