Langsung ke konten utama

WASIAT UNTUK HIDUP HEMAT

http://edukasi.kompasiana.com/2012/05/14/wasiat-untuk-hidup-hemat/

beberapa waktu lalu saya seach di google menemukan ini  http://news.detik.com/read/2012/05/10/210639/1914481/608/ninasapti-partowidagdo-jalankan-wasiat-hidup-hemat-sang-suami?.

 Pesan apa yang bisa kita petik ?

Sudah jamak kebanyakan keluarga Indonesia, terutama perantauan - entah merantau antar kota, antar propinsi, antar pulau, maupun bahkan lintas negara-, beliau-beliau dengan cara mereka masing-masing akan berusaha sedemikian rupa agar tidak besar pasak dari pada tiang. Maksudnya tentu masih ada selisih pengghasilan yang bisa di sisihkan untuk di tabung,bahkan untuk investasi di masa mendatang.
Era tahun 2000-an ekonomi mulai membaik, walaupun dengan berbagai  hasil variannya dengan tiap-tiap tahun pemerintah,semacam BPS, Bank Dunia dan semacamnya selalu melaporkan hasil-hasil pertumbuhan ekonomi membawa dampak terhadap ekomoni keluarga dan pola hidup dari masing-masing kita, keluarga kita, masyarakat kita.
Salah satunya adalah pola hidup komsumtif kita, masyarakat kita. Sebagian dari kita, penghasilan sudah habis untuk komsumsi dan kebutuhan remeh-temeh sekalipun suami istri bekerja.Maka  pesan untuk hidup hemat rasa-rasanya  layak untuk kita ketengahkan di tengah-tengah ketidak pastian kenaikan harga BBM ini to? Pemerintah rasanya kedodoran dalam hal BBM ini, maka tidak ada salahnya bahwa kita sebagai masyarakat bangsa ini ikut berpartisipasi dalam hal penghematan, salah satunya dalam hal penggunaan BBM, misalnya dengan jalan kaki kalau jarak yang kita tuju hanya dekat, macan pak Dahlan Iskan; bersepeda kalau agak jauh-sekalian olah raga tentunya, dan seterusnya.  Bagi ibu-ibu sesekali bolehlah berbelanja ke pasar tradisional hitung-hitung sambil bersosaslisasi dengan masyarakat sekitar untuk bisa mengghemat beberapa rupiah agar bisa di sisihkan untuk di tabung.



 Kembali ke sebagian dari kita warga perantauan, sebenarnya telah kita amini bersama bahwa warga JABODETABEK ini awalnya adalah perantauan. Dengan etos kerja yang sedemikian rupa dan berkat kegigihannya dalam berhemat menjadikan kemampuan ekonominya merangkak naik. Cuma barangkali ketika ekonomi kita telah baik, hal-hal positif dari apa-apa yang kita miliki semacam, perilaku hemat, gemar menabung,berivestasi,membuat jejaring dengan kawan-kawan dan saudara-saudara semacam arisan,koperasi,tabungan bersama, undangan hajata, dll lupa kita ajarkan kepada anak-anak kita, sehingga perilaku konsumtif anak kita semakin menjadi-jadi.
Pola hidup hemat yang di ungkapkan Ibu Ninasapti Partowidagdo layak kita ajarkan kepada anak-anak kita agar menajdi generasi emas seperti gerakan MENDIKNAS kemarin di Jln. Sudirman dalam acara ulang tahunnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN )

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN ) Prabu Dasamuka menyerahkan Dewi Sinta yang diculiknya, di bawah pengawasan Dewi Trijata di Taman Argasoka, kemenakannya. Sementara Regawa alias Rama terus mencari istrinya yang hilang. Ia sudah mendapat petunjuk dari Jatayu bahwa Sinta diculik raja Alengka bernama Prabu Dasamuka. Perjalan Rama ke Alengka disertai Laksamana, adiknya, dan Prabu Sugriwa serta seluruh bala tentara Kerajaan Guwakiskenda. Setelah membangun perkemahan di daerah Mangliawan, Ramawijaya mengutus Anoman untuk menjadi duta, menemui Dewi Sinta di Keraton Alengka. Hal ini membuat iri Anggada, sehingga terjadi perkelahian dengan Anoman. Rama kemudian menyadarkan Anggada, bahwa nanti akan ada tugas penting lainnya bagi Anggada. Perjalanan Anoman ke Alengka ternyata penuh hambatan. Mulanya ia berjumpa dengan Dewi Sayempraba, salah seorang istri Prabu Dasamuka. Anoman dirayu, dan diberi hidangan buah-buahan beracun. Akibatnya Anoman menjadi buta. Untunglah ia ditol

DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA

 Download Kumpulan MP3 Gending Jawa dan Lagu Jawa DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA MP3 GENDHING JAWA http://piwulangjawi.blogspot.com/p/mp3-gending-jawi.html GENDHING-GENDHING JAWA DALAM FORMAT MP3  DIPERSILAHKAN KEPADA STRISNO BUDAYA JAWA UNTUK MENGUNDUH ANEKA GENDHING JAWA KLASIK I : 001.  BENDRONGAN – PUCUNG RUBUH – GANDRUNG MANIS – DANDANGGULA BANJET – ASMARADANA JAKALOLA.mp3 002.  BW. GAMBUH LGM. LELO LEDHUNG – LDR. SARAYUDA – LAGU ONDHE-ONDHE Pl. Br.mp3 003.  BW. LEBDAJIWA – KUTUT MANGGUNG Pl. Br.mp3 004.  BW. MUSTIKENGRAT – GENDHING CANDRA -LDR. SRI HASCARYA – LDR. WESMASTER Sl.9.mp3 005.  BW. SEKAR AGENG SUDIRAWARNA – UDAN BASUKI – LIPUSARI – GAMBUH Sl. Mny.mp3 006.  BW. SUDIRAWARNA – GENDHING WIDASARI – LDR. LIPUR SARI Sl. Mny.mp3 007.  GENDHING BANDILORI – LDR. ELING-ELING – KTW. PRANA ASMARA – SLEPEG MAWA PALARAN Pl. Br.mp3 008.  GENDHING BONANG SLEBRAK PL.5.mp3 009.  GENDHING BUDHENG-BUDHENG – LDR. SARAYUDA Pl.6.mp3 010.  GENDHING