Langsung ke konten utama

Saling Menyindir Soal Agama Itu Memuakkan

Saling Menyindir Soal Agama Itu Memuakkan

Katedrarajawen

Tidak di sana, tidak di sini. Tidak di dalam rumah-rumah ibadah. Tidak di dunia maya. Tidak  juga di Kompasiana. Selalu saja ada kasus sindir-menyindir soal agama. Entah apa maunya. Entah apa tujuannya.

Apakah merasa hebat bisa saling menyindir keburukan soal agama lain? Apakah akan menjadikan agama kita  tambah agung dengan bisa menyindir agama orang lain?
Apapun agama kita dengan tindakan-tindakan menyindir, merendahkan, dan menghinakan agama lain. Hal itu justru akan mempertontonkan kepada dunia tentang kebodohan kita dalam beragama. Tentang ketidak-mengertian kita dalam hal agama yang kita anut.

Menunjukkan kualitas pribadi kita sebagai umat beragama ada di level berapa. Orang-orang yang benar-benar beragama, tidak mungkin akan melontarkan caci-maki dan menghina agama lain. Tidak akan pernah.

Yang lebih menyedihkan lagi,  apa yang kita lakukan justru merendahkan agama kita sendiri. Apakah kita bangga dan merasa hebat? Memalukan!
Apakah para nabi ada mengajarkan umatnya untuk saling bermusuhan dan berperang? Ada mengajarkan kita untuk saling membenci dengan orang yang berbeda agama?

Sekarang pun atas nama agama masih terjadi peperangan. Senjatanya adalah kata-kata. Medianya di dunia maya. Kebencian semakin membara. Lupa akan keagungan ajaran agamanya.
Saling menyindir dan hina. Saling menyalahkan dan ujung-ujung saling menuduh sebagai pihak yang memulai. Sebenarnya sama saja bila kebencian dan ketidak-senangan berdiam di dada.

Boleh saja kepintaran kita setinggi langit dan merasa mumpuni dalam ilmu agama. Tetapi masih ada keinginan untuk menghina selain agama yang kita anut. Maaf, kalau dikatakan masih sebagai manusia bebal. Bukankah agama itu untuk menjadikan kita tercerahkan?

Ada yang tersinggung? Syukurlah. Artinya masih ada kesadaran. Ada yang marah? Silahkan perdalam lagi ilmu agama. Ada yang mau caci-maki?. Tolong tertawakan diri sendiri terlebih dahulu.

http://sosbud.kompasiana.com/2013/06/11/saling-menyindir-soal-agama-itu-memuakkan-564079.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN )

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN ) Prabu Dasamuka menyerahkan Dewi Sinta yang diculiknya, di bawah pengawasan Dewi Trijata di Taman Argasoka, kemenakannya. Sementara Regawa alias Rama terus mencari istrinya yang hilang. Ia sudah mendapat petunjuk dari Jatayu bahwa Sinta diculik raja Alengka bernama Prabu Dasamuka. Perjalan Rama ke Alengka disertai Laksamana, adiknya, dan Prabu Sugriwa serta seluruh bala tentara Kerajaan Guwakiskenda. Setelah membangun perkemahan di daerah Mangliawan, Ramawijaya mengutus Anoman untuk menjadi duta, menemui Dewi Sinta di Keraton Alengka. Hal ini membuat iri Anggada, sehingga terjadi perkelahian dengan Anoman. Rama kemudian menyadarkan Anggada, bahwa nanti akan ada tugas penting lainnya bagi Anggada. Perjalanan Anoman ke Alengka ternyata penuh hambatan. Mulanya ia berjumpa dengan Dewi Sayempraba, salah seorang istri Prabu Dasamuka. Anoman dirayu, dan diberi hidangan buah-buahan beracun. Akibatnya Anoman menjadi buta. Untunglah ia ditol

DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA

 Download Kumpulan MP3 Gending Jawa dan Lagu Jawa DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA MP3 GENDHING JAWA http://piwulangjawi.blogspot.com/p/mp3-gending-jawi.html GENDHING-GENDHING JAWA DALAM FORMAT MP3  DIPERSILAHKAN KEPADA STRISNO BUDAYA JAWA UNTUK MENGUNDUH ANEKA GENDHING JAWA KLASIK I : 001.  BENDRONGAN – PUCUNG RUBUH – GANDRUNG MANIS – DANDANGGULA BANJET – ASMARADANA JAKALOLA.mp3 002.  BW. GAMBUH LGM. LELO LEDHUNG – LDR. SARAYUDA – LAGU ONDHE-ONDHE Pl. Br.mp3 003.  BW. LEBDAJIWA – KUTUT MANGGUNG Pl. Br.mp3 004.  BW. MUSTIKENGRAT – GENDHING CANDRA -LDR. SRI HASCARYA – LDR. WESMASTER Sl.9.mp3 005.  BW. SEKAR AGENG SUDIRAWARNA – UDAN BASUKI – LIPUSARI – GAMBUH Sl. Mny.mp3 006.  BW. SUDIRAWARNA – GENDHING WIDASARI – LDR. LIPUR SARI Sl. Mny.mp3 007.  GENDHING BANDILORI – LDR. ELING-ELING – KTW. PRANA ASMARA – SLEPEG MAWA PALARAN Pl. Br.mp3 008.  GENDHING BONANG SLEBRAK PL.5.mp3 009.  GENDHING BUDHENG-BUDHENG – LDR. SARAYUDA Pl.6.mp3 010.  GENDHING