Langsung ke konten utama

Jokowi Berevolusi Mental: Semar Mbangun Kahyangan

Dalam kisah pewayangan, ada dua lakon yang paling saya sukai. Kedua lakon itu adalah Bima Suci dan Semar mBangun Kayangan. Bagi saya, kedua lakon ini memiliki kekuatan pesan dan filosofi yang demikian mendalam. Dalam lakon Bima Suci, digambarkan Bima atau Werkudara yunior berjuang untuk mencari air perwitasari. Sebuah perjuangan yang luar biasa, bahkan ketika nyawa harus dipertaruhkan. Happy end.



Pun pula dengan kisah Semar mBangun Kayangan. Adalah Semar yang memiliki keinginan untuk mbangun Kahyangan. Ide dan gagasan ini tentu saja menggemparkan. Tidak hanya menggemparkan dunia, tetapi para dewa pun ikut gempar. Ide dan gagasan Semar menimbulkan goro-goro, chaos. Semar dianggap membangkang. Oleh karena itu, halal darah Semar tertumpah.
Persoalan utamanya adalah kesalahan memahami dan mengerti apa yang dimaksud oleh Semar. Yang mengherankan, Kresna dan Arjuna pun salah mengerti dan justru menjadi tokoh utama yang menentang keinginan Semar. mBangun Kahyangan diartikan sebagai membangun tempat para dewa. Padahal yang dimaksudkan adalah masuk ke dalam batin dan membangun kerohanian. Inilah yang kemudian mengubah cara berpikir dan cara bertindak.

Mengingat lakon Semar mBangun Kahyangan ini, saya teringat dengan revolusi mental yang ingin dibangun oleh Jokowi. Ada pemahaman yang keliru berkaitan dengan revolusi mental ini. Kekeliruan utama adalah menganggap revolusi mental sebagai sebuah gerakan yang melulu rohani atau batin yang sungguh terpisah dari kehidupan senyatanya. Pemahaman yang keliru tentu akan berpengaruh besar. Akibtanya bisa macam-macam. Misalnya salah mengimplementasikan atau bahkan bisa menimbulkan kekacauan (minimal perdebatan yang takselesai).


Dalam kisah Semar mBangun Kahyangan, Semar bermaksud membangun mentalitas tuannya (pendawa), baik batin maupun kehidupan. Ini pula yang saya tangkap dari gagasan revolusi mental ala Jokowi. Melalui gerakan revolusi mental ini, sebuah gerakan pembatinan dan perubahan hidup hendak dicapai. Gerakan revolusi mental ini terbingkai dalam sebuah pola kebudayaan. Melalui gerakan revolusi mental ini hendak dicapai sebuah habitus baru. Ada habitus baru tentu ada habitus lama. Dan berbicara soal habitus lama-baru, dibicarakan sebuah kebudayaan.
Berbicara tentang kebudayaan tidak hanya berbicara soal seni. Berbicara soal budaya berarti berbicara soal cara berpikir, rasa, dan sekaligus cara bertindak. Semuanya iniyang terungkap dalam tindakan, praktik dan kebiasaan kita sehari-hari.

Oleh karenanya, berbicara tentang revolusi mental sebenarnya berbicara tentang hidup sehari-hari. Berbicara mengenai revolusi mental kita berbicara tentang cara berpikir, cara merasa, dan sekaligus cara bertindak kita. Dan inilah yang harus dibatinkan. Inilah yang harus direka ulang sehingga terjadi perubahan konkret dari habitus lama ke habitus baru. Arah dari gerakan ini adalah terciptanya sebuah keadaban publik. Bangsa Indonesia ini semakin beradab.

Semudah membalik telapak tangan? Tentu tidak. Hanya dunia pewayangan yang mampu membuat perubahan dari habitus lama ke habitus baru itu dalam hitungan menit. Selalu ada tantangan dan perjuangan untuk menggapai buah revolusi mental. Perjuangan tidak menjadi mudah. Bahkan ketika Semar harus berhadapan dengan Arjuna dan Kresna. Meski terbayang betapa besar tantangannya, namun selalu ada pengharapan. Sebuah contoh kecil adalah peristiwa yang terjadi dalam setelah konser dua jari: gerakan membersihkan sampah sesudah pentas akbar. Luar biasa? Jika diliat, terlihat biasa dan sederhana. Namun ketika direnungkan, peristiwa sederhana itu ternyata berarti sangat besar.

Luar biasakah contoh itu? Bagi saya lebih luar biasa perjuangan seorang anak kecil yang mematikan televisi ketika acara yang disenanginya masih berlangsung lalu bergegas menuju ke kamarnya dan belajar. Atau lebih luar biasa ketika ada seorang yang biasa menyerang tulisan orang lain tanpa membacanya lalu tergerak untuk membaca, mengerti gagasannya, lalu memberikan tanggapannya dengan kepala dingin.

Revolusi mental adalah gerakan dari dalam diri dan keluar untuk mencapai keadaban publik. Karenanya bisa dimulai dengan sesuatu yang kecil dan biasa terjadi dalam hidup sehari-hari. Kuncinya: bangkit dan bergeraklah. Angkat pantat dan mulai berubah untuk sebuah habitus baru dalam cara berpikir, cara merasa, dan cara bertindak.

http://filsafat.kompasiana.com/2014/07/06/jokowi-berevolusi-mental-semar-mbangun-kahyangan-662715.html




Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN )

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN ) Prabu Dasamuka menyerahkan Dewi Sinta yang diculiknya, di bawah pengawasan Dewi Trijata di Taman Argasoka, kemenakannya. Sementara Regawa alias Rama terus mencari istrinya yang hilang. Ia sudah mendapat petunjuk dari Jatayu bahwa Sinta diculik raja Alengka bernama Prabu Dasamuka. Perjalan Rama ke Alengka disertai Laksamana, adiknya, dan Prabu Sugriwa serta seluruh bala tentara Kerajaan Guwakiskenda. Setelah membangun perkemahan di daerah Mangliawan, Ramawijaya mengutus Anoman untuk menjadi duta, menemui Dewi Sinta di Keraton Alengka. Hal ini membuat iri Anggada, sehingga terjadi perkelahian dengan Anoman. Rama kemudian menyadarkan Anggada, bahwa nanti akan ada tugas penting lainnya bagi Anggada. Perjalanan Anoman ke Alengka ternyata penuh hambatan. Mulanya ia berjumpa dengan Dewi Sayempraba, salah seorang istri Prabu Dasamuka. Anoman dirayu, dan diberi hidangan buah-buahan beracun. Akibatnya Anoman menjadi buta. Untunglah ia ditol

DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA

 Download Kumpulan MP3 Gending Jawa dan Lagu Jawa DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA MP3 GENDHING JAWA http://piwulangjawi.blogspot.com/p/mp3-gending-jawi.html GENDHING-GENDHING JAWA DALAM FORMAT MP3  DIPERSILAHKAN KEPADA STRISNO BUDAYA JAWA UNTUK MENGUNDUH ANEKA GENDHING JAWA KLASIK I : 001.  BENDRONGAN – PUCUNG RUBUH – GANDRUNG MANIS – DANDANGGULA BANJET – ASMARADANA JAKALOLA.mp3 002.  BW. GAMBUH LGM. LELO LEDHUNG – LDR. SARAYUDA – LAGU ONDHE-ONDHE Pl. Br.mp3 003.  BW. LEBDAJIWA – KUTUT MANGGUNG Pl. Br.mp3 004.  BW. MUSTIKENGRAT – GENDHING CANDRA -LDR. SRI HASCARYA – LDR. WESMASTER Sl.9.mp3 005.  BW. SEKAR AGENG SUDIRAWARNA – UDAN BASUKI – LIPUSARI – GAMBUH Sl. Mny.mp3 006.  BW. SUDIRAWARNA – GENDHING WIDASARI – LDR. LIPUR SARI Sl. Mny.mp3 007.  GENDHING BANDILORI – LDR. ELING-ELING – KTW. PRANA ASMARA – SLEPEG MAWA PALARAN Pl. Br.mp3 008.  GENDHING BONANG SLEBRAK PL.5.mp3 009.  GENDHING BUDHENG-BUDHENG – LDR. SARAYUDA Pl.6.mp3 010.  GENDHING