Langsung ke konten utama

MEMBANGUN PLURALISME AGAMA MELALUI IDEOLOGI PANCASILA

MEMBANGUN PLURALISME AGAMA MELALUI IDEOLOGI PANCASILA

Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar nomor empat di dunia setelah China, India, dan Amerika. Jumlah penduduk Indonesia mencapai angka 237.641.326 jiwa,[1] yang menjadikan negara ini memiliki keragaman agama, suku, budaya, bahasa, sumber daya alam, serta sumber daya manusianya. Salah satu keberagaman yang dimiliki Indonesia adalah berkaitan dengan keragaman agama. Saat ini terdapat 6 agama besar yang telah diakui oleh Negara Indonesia, yaitu Islam, Kristen Protestan, Kristen katolik, Budha, Hindu, dan Khonghucu.
Namun demikian, permasalahan perbedaan pemahaman ini menjadi suatu probelamatika tersendiri ketika sering dikaitkan dengan kesesatan oleh pihak-pihak yang tidak suka akan keberagamaan dan pemahaman orang lain. Hal ini menjadikan sering terjadinya saling mengklaim bahwa dirinyalah yang paling benar sedangkan yang lain salah, dan tidak berhenti hanya di situ diskriminasi dalam berbagai bentuk.
Di Indonesia, pengaruh agama tidak saja ada di dalam kehidupan sosial masyarakat melainkan juga di dalam produk perundang-undangan dan kebijakan pemerintah.[2]Seringkali pengaruh agama di masyarakat menjadi sebab terjadinya pelangggaran hak kebebasan beragama berupa kekerasan dan ancaman terhadap kelompok-kelompok agama tertentu. Pendirian tempat ibadah, ritual agama syiar agama, dan beberapa manifestasi keagamaan lainnya seringkali menjadi sebab ‘rasa curiga’ antara pemeluk agama yang pada akhirnya menyebab terjadinya konflik antar agama.
Dengan demikian, posisi agama memang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Agama tidak hanya berisi norma hukum melainkan sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan karena menjadi way of life bagi orang yang mempercayainya. Klausula tersebut bisa memberikan ruang bagi kelompok mayoritas untuk memberikan diskriminasi kepada kelompok minoritas.
Kembali Pada Pancasila
Pancasila merupakan konsensus nasional di bawah kepemimpinan para founding fathersBangsa Indonesia. Oleh karena itu Pancasila menjadi pandangan hidup (way of life) dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai pandangan hidup, Pancasila merupakan kristalisasi dari nilai-nilai yang dimiliki bangsa Indonesia. Dengan demikian, sudah seharusnya Pancasila menjadi pegangan teguh bagi seluruh rakyat Indonesia.
Dalam hal ini, Pancasila berfungsi sebagai pemersatu bagi pluralisme dan multikulturalisme. Pancasila memiliki semboyan Bhineka Tungggal Ika. Artinya Walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Makna dari semboyan ini adalah bahwa masing-masing dari kita saling berbeda-beda namun satu dalam kebersamaan cita-cita dan paham bernegara sebagai sesama wargangara. Oleh karena itu Pancasila adalah asas bersama yang tunggal bagi seluruh warganegara yang bhineka, yang menjadikannya identitas bangsa ini. Pancasila merupakan platform nasional yang dengan penuh toleransi diterima semua agama sebagai konsensus nasional. Sehingga, sudah seharusnya Pancasila dijadikan sebagai paham pemersatu sekaligus kebijakan nasional untuk mempertahankan persatuan nasional.
DAFTAR PUSTAKA
Al Khanif, Konsep Kebebasan Beragama Berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (Antara Teori dan Praktek), Pusat Kajian Konsitusi Universitas Jember Bekerjasama dengan Mahkamah Konsitusi, Jember, 2011.
Anonim, Badan Pusat Statistik – sensus penduduk tahun 2010, http://bps.go.id/ diakses pada 29 Juni 2015.
[1] Anonim, Badan Pusat Statistik – sensus penduduk tahun 2010, http://bps.go.id/ diakses pada 29 Juni 2015.
[2] Al Khanif, Konsep Kebebasan Beragama Berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (Antara Teori dan Praktek), Pusat Kajian Konsitusi Universitas Jember Bekerjasama dengan Mahkamah Konsitusi, Jember, 2011, hlm. 9.

PLURALISME DI INDONESIA


Sejarah Pluralisme Indonesia



Saat awal Kemerdekaan di awal  Perubahan dari Organisme ke Pluralisme
Gagasan mendominasi pemikiran para pemimpin bangsa pada awal kemerdekaan Indonesia tahun 1945 sepanjang menyangkut peranan negara dan peranan maysarakat adalah gagasan pluralisme. Lembaga-lembaga negara yang dapat menjadi aparatur demokrasi yang pluralisti belum mungkin dibentuk pada waktu itu maka aturan peralihan UUD 1945 memberikan legitimasi untuk sementara bagi tampilnya organisme dengan memberikan kekuasaan MPR, DPR, DPA kepada presiden dengan bantuan komite nasional selama lembaga-lembaga tersebut belum dapat dibentuk sesuai dengan perintah UUD.
Pada rapat tanggal 16 Oktober 1945, KNPI mengusulkan agar komite tersebut diserahi kekuasaan legislatif dan menetapkan garis-garis besar haluan negara. Karena desakan KNPI itu maka wakil presiden Muh.Hatta yang bertindak atas nama presiden segera mengeluarkan maklumat yang kemudian dikenal dengan maklumat No. X Tahun 1945. dengan keluarnya maklumat itu jelas merupakan perubahan praktek ketatanegaraan tanpa ada perubahan kontitusi (UUD)-nya.
Perubahan selanjutnya, sistem presidentil digantikan oleh sistem parlementer terjadi dengan keluarnya maklumat pemerintah pada tanggal 14 November 1945. Maklumat ini didasari oleh gagasan demokrasi yang pluralistik karena ternyata selain mengubah sistem kabinet juga berisi rencana Pemilu untuk memberikan porsi besar kepada masyarakat melalui wakil-wakilnya dalam menjalankan politik pemerintah.
Sebelum itu ada satu maklumat lagi yang merupakan pencerminan pluralisme-liberal yaitu maklumat wapres tanggal 3 November 1945 berisi pemberian kesempatan kepada rakyat untuk mendirikan partai-partai politik dalam sitem multi-partai. Sebagai akibat dari sistem multi-partai ini maka kurun waktu 4 tahun (1945-1949) partai-partai politik mampu menjatuhkan pemerintah. Tercatat sampai tahun 1947 telah tiga kali perubahan kabinet.
Referensi : Prof.Dr.Moh.Mahfud MD,S.H.,S.U. 2000. Demokrasi dan Konstitusi di Indonesia. Rineka Cipta
Local Genius
Pada intinya Sikap lokal genius itu bisah di artikan sebagai “kearifan lokal” yaitu sikap yang bijak sana dengan memanfaatkan budaya lokal yang telah banyak di gunakan dan bermanfaat untuk banyak orang.

PLURALISME INDONESIA
Permasalahan utama bangsa Indonesia bersumber pada kemajemukan masyarakat. Masih banyaknya konflik antar suku, agama, bahkan diantara pemeluk dalam satu agama merupakan bukti nyata bahwa masyarakat Indonesia saat ini belum bisa menerima pluralisme, yakni pandangan yang menghargai kemajemukan dan penghormatan terhadap yang berbeda disertai kesediaan membuka diri terhadap berbagai keyakinan, kerelaan untuk berbagi dan keterbukaan untuk saling belajar. Pemahaman terhadap pluralisme adalah sesuatu yang penting agar masyarakat tidak terkotak-kotak karena perbedaan suku, agama, maupun status social
Realitas Pluralisme Di Indonesia
sejarah bangsa ini berdiri, dari mulai zaman Kutai Kartanegara, Majapahit, Sriwijaya maupun sampai Mataram hingga pada zaman-zaman kemerdekaan dan lahirlah Indonesia. Indonesia tidak terbentuk begitu saja kemudian bukan tanpa sebab kenapa negara ini berdiri. Indonesia terentuk karena semangat kebangsaannya, semangat keberagamannya yang kemudian bercita-cita membentuk satu tatanan hidup yang mampu menciptakan rasa aman dan nyaman bagi setiap pengharapnya. Hingga yang menjadi penegasan adalah bangsa ini terbentuk atas keberagaman, baik ras, suku maupun agama yang memiliki cita-cita luhur untuk ber-Indonesia bersama.
Kemudian yang saat ini menjadi satu keprihatinan adalah generasi penerus bangsa yang semakin tergerus oleh arus globalisasi, yakni hilangnya rasa ke-indonesiaan yang terpengaruh oleh dampak globalisasi. Inilah bentuk penjajahan gaya baru yang tidak lagi penjajahan secara fisik, namun penjajahan secara mindset, bagaimana tidak? Saat ini gaya hidup hedonisme, konsumerisme sudah menjadi bagian dari pengaruh globalisasi. Ketika disadari bersama bahwa Indonesia adalah bangsa besar yang terbentuk oleh seni dan budaya yang telah mengkristal dari sebuah perjalanan panjang pencarian apa itu Indonesia sendiri. Ketika generasi penerus bangsa ini tidak memiliki satu kesadaran akan pentingnya seni dan budaya, pasti bangsa ini hanya akan menjadi sejarah yang dahulu pernah memiliki lokalitas-lokalitas yang arif sebagai ruh dalam berbangsa dan bernegara yang telah hilang ditelan waktu. 
Bukan permasalahan globalisasi saja yang menjadi permasalahan dewasa ini. Akan tetapi permasalahan pluralitas yang dewasa ini justru menjadi salah satu unsur perpecahan yang seharusnya pluralitas adalah unsur pemersatu dalam membangun bersama negeri ini., karena ketika mampu disadari bersama bahwa bangsa ini terbentuk akan keberagaman. Permasalahan yang timbul dari pluralitas ini adalah kurang adanya rasa saling menghargai, toleransi dan juga rasa membangun bersama ditengah-tengah perbedaan yang ada. Akan tetapi ketika melihat bahwa tujuan hidup bernegara itu adalah sama yakni, rasa membangun cita-cita akan hidup nyaman dan tentram pasti permalahan pluralitas justru akan turut serta membangun bangsa ini menjadi bangsa yang besar dalam menghadapi segala tantangan zaman yang ada, terlebih lagi tantangan semakin tergerusnya eksistensi seni dan budaya di tengah-tengah arus globalisasi.
Dari sudut kacamata pluralisme dan juga seni dan budaya, rasa-rasanya perlu adanya sebuah semangat baru dalam membangun bangsa ini. Membangun bangsa ini mulai dari cara pandang untuk membangun bangsa ini bukan semata-mata bangsa yang hanya kaku dengan tata negara, akan tetapi bangsa yang tetap memiliki keluwesan ruh-ruh kearifan lokal, yakni lokalitas-lokalitas yang beragam dari suku, etnis, bahasa dan budaya yang kemudian mempu mensinergiskan itu semua sehingga eksistensi seni dan budaya di Indoneseia mampu terus ada di tengah-tengah derasnya globalisasi. Terlebih lagi rasa kepeduliaan akan Indonesia yang semakin luntur. Untuk itu dbutuhkan generasi-generasi penerus bangsa yang berbasis kearifan lokal, yang mampu terus mengawal dan menjaga keberadaan seni dan budaya Indonesia yang adi luhung.
Pengertian Pluralitas dan Pluralisme
Istilah Pluralitas bermakna kenyataan atau fakta bahwa terdapat keanekaragaman. Misalnya terdapat keanekaragaman suku bangsa, bahasa, ras, agama, dll.
Istilah ”Pluralisme” berasal dari dua kata, yaitu kata ”plural” yang bermakna harfian jamak/lebih dari satu macam/tidak seragam, dan kata ”isme” yang bermakna harfiah ajaran/keyakinan/gerakan. Jadi Pluralisme dapat dipahami sebagai suatu ajaran atau keyakinan atau gerakan yang menerima keanekaragaman sebagai suatu fakta/realitas. Fakta tersebut tidak akan dibiarkan sebagai faktor yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan, melainkan diolah sedemikian rupa menjadi suatu kekuatan yang dapat melahirkan suatu sinergi yang  dasyat.
Pluralitas di Indonesia
Indonesia dalam kenyataannya amat beraneka ragam dalam banyak hal. Semboyan negara kita adalah ”Bhinneka Tunggal Ika.”  Bangsa atau negara Indonesia mengakui fakta keanekaragaman. Keanekaragaman di Indonesia sungguh amat kompleks. Terdapat banyak suku bangsa di Indonesia. Aneka bahasa merupakan kenyataan yang tak dapat ditampik. Agama-agama di Indonesia berkembang dengan maraknya. Upacara-upacara ritual agama dan kebudayaan dapat disaksikan oleh khalayak luas, yang juga dapat dijadikan sebagai upaya untuk menarik para wisatawan baik domestik maupun dari manca negara. 
Problematika di seputar Pluralitas dan Pluralisme
Realita pluralitas di Indonesia dapat perjalanan sejarah bangsa tidak dapat disangkal memang menimbulkan aneka problem yang berkepanjangan. Namun demikian secara kuantitas problem yang ditimbulkannya relatif tidak begitu besar. Bangsa Indonesia terkenal dengan semangat kebersamaan, semangan tenggang rasa, dan toleransi antar umat beragama. Konflik-konflik antar agama, antar etnis memang masih terus-menerus terjadi sampai masa kekinian. Tapi syukurlah pemerintah dengan aparaturnya bertindak dengan tegas terhadap oknum-oknum pelaku kerusuhan yang seringkali menimbulkan korban-korban jiwa dan kerugian material yang tidak sedikit. 
Oleh sebab itu dibutuhkan pertemuan-pertemuan antar etnis, antar umat beragama, juga dengan membuat program-progaram yang dapatmenghilangkan perasaan salah paham dan sikap curiga antara sesama anak bangsa. Kegiatan-kegiatan yang bernuansa sosial dan kemanusiaan tentu dapat dijadikan jembatan yang strategis untuk membangun kebersamaan yang otentik, dan yang tidak terkesan dipaksakan oleh pemerintah/penguasa. Biarlah masyarakat plural yang terlibat langsung dari tahap perencanaan sampai dengan pelaksanaan kegiatan-kegiatan.



LURALISME BUDAYA DI INDONESIA
BAB I
PENDAHULUAN
1.LATAR BELAKANG
Negara Indonesia adalah sebuah Negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama, dan istiadat. Negara Indonesia memiliki banyak daerah dimana setiap daerah memiliki ciri khas budaya tersendiri. Dengan semakin beragamnya masyarakat dan budaya tentunya akan semakin banyak perbedaan keinginan antara satu kelompok orang dengan kelompok orang lainnya. Bangsa Indonesia selalu menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan, menjunjung tinggi dasar negara Pancasila serta semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Meskipun Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, ras, etnis, agama, dan kebudayaan namun bangsa Indonesia mempunyai semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang artinya adalah “meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua” jadi meskipun bangsa Indonesia beranekaragam, mereka harus tetap bersatu ,saling toleransi, saling menghormati antara agama satu dengan agama lainnya, budaya satu dengan budaya lainnya agar semua masyarakat dapat hidup berdampingan secara damai tanpa terjadinya konflik akibat perbedaan budaya.
Sebagai bangsa dengan masyarakat majemuk, tentunya kita harus benar-benar memahami makna suku bangsa, ras,agama dalam suatu masyarakat agar kita tetap sadar bahwa kita tetap satu yaitu Bangsa Indonesia. Oleh karena itu pentinglah bagi suatu bangsa untuk mempelajari dan mengamalkan pluralisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia agar kehidupan rakyat berjalan sesuai dengan cita-cita bangsa dan hidup damai dengan toleransi antardaerah.



2.RUMUSAN MASALAH
1. Apa yang dimaksud dengan pluralisme budaya di Indonesia?
2. Bagaimana konsep ilmu pengetahuan tentang pluralisme budaya?
3. Bagaimana membangun rasa pluralisme di Negara Indonesia yang memiliki banyak    keberagaman budaya?
4. Bagaimana mewujudkan nilai-nilai pluralisme berdasarkan Pancasila?
5. Bagaimananilai-nilaiPancasiladalammemeliharakeberagamanbudayanasional Indonesia?
3.TUJUAN
1. Untuk mengetahui maksud pluralisme budaya di Indonesia
2. Untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dengan keberagaman budaya
3. Untuk mengajak masyarakat agar mampu memahami dan mengamalkan nilai-nilai pluralisme berdasarkan Pancasila
4. MANFAAT
Manfaat dari pembuatan makalah ini adalah:
1. Masyarakat dapat mengetahui pentingnya menjaga keberagaman budaya di Negara Indonesia
2. Mengajak warga negara agar dapat membangkitkan sifat penghargaan antara satu ras dengan ras lainnya,antara suku yang satu dengan suku lainnya,antara pengikut agama yang satu dengan pengikut agama lainnya






BAB II
PEMBAHASAN
A.Pengertian Pluralisme dan Kebudayaan
Secara etimologi Pluralisme merupakan kata serapan dari bahasa inggris yang terdiri dari dua kata yakni, Plural yang berarti ragam dan isme yang berarti faham. Jadi pluralisme bisa diartikan sebagai berbagai faham, atau bermacam-macam faham. Secara terminology pluralisme merupakan suatu kerangka interaksi yang mana setiap kelompok menampilkan rasa hormat dan toleran satu sama lain, berinteraksi tanpa konflik atau asimilasi.
Sedangkan Pluralisme dalam perspektif filsafat budaya merupakan konsep kemanusiaan yang memuat kerangka interaksi dan menunjukkan sikap saling menghargai, saling menghormati, toleransi satu sama lain dan saling hadir bersama atas dasar persaudaraan dan kebersamaan,dilaksanakan secara produktif dan berlangsung tanpa konflik sehingga terjadi asimilasi dan akulturasi budaya. Sebenarnya pluralisme merupakan cara pandang yang bersifat horisontal, menyangkut bagaimana hubungan antarindividu yang berbeda identitas harus disikapi. Macam-macam Pluralisme diantaranya :
1. Pluralisme (Etnik) adalah koeksistensi atau pengakuan terhadap kesetaraan dalam social budaya antra beragam kelompok etnik yang ada dalam suatu masyarakat.
2. Pluralisme politik adalah merupakan suatu pengakuan terhadap kesetaraan dalam distribusi kekuasaan kepada berbagai kelompok interest, kelompok penekan, etnik dan ras, organisasi dan lembaga politik dalam masyarakat.
3. Pluralisme kekuasaan yang pluralistic adalah sebuah system yang mengatur pembagian hak kepada semua kelompok yang beragam dalam suatu masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan.
4. Moel pluralis adalah analisis sistim politikyang memandang bahwa kekuasaan merupakan perluasaan dari persaingan antara berbagai kelompok interest.
5. Pluraslime Media
Dalam studi media :
Pluralisme merupakan pandangan bahwa media masa mempunyai kebebasan dan kemerdekaan yang sangat besar dan di akui oleh Negara, partai politik dan kelompok-kelompok penekan dalam masyarakat.
Media masa harus di pandang sebagai media untuk melakukan control social karena itu media harus dikelola oleh sebuah menejemen yang professional sehingga dapat menjalankan tugas dan fungsinya yang ideal bagi kebebasan dan kemerdekaan berpendapat rakyatnya.
Didalam pluralisme media, audiens tidak boleh di lihat sebagai sasaran yang dapat dimanipulasi media. Audiens harus dipertimbangkan dalam relasi yang setara dengan media audiens. Merupakan sumber pemberitaan dan sasaran bisnis.
Pluralisme juga memandang bahwa media masa merupakan agen terciptanya kebebasan berpendapat dari suatu masyarakat demokrasi, karena itu institusi media harus dibiarkan bebas untuk mengontrol pemerintahan dan berhubungan dengan audiens dimana audiens bebas memilih informasi yang bermanfaat bagi mereka.
Sementara kebudayaan dapat dimaknai sebagai fenomena material, sebagai keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar (Koentjaraningrat, 1980 : 193). Kebudayaan dipelajari dan dialami bersama secara sosial oleh para anggota suatu masyarakat. Sehingga suatu kebudayaan bukanlah hanya akumulasi dari kebiasaan (folkways) dan tata kelakuan (mores ), tetapi suatu sistem perilaku yang terorganisasi.Penggalian budaya nasional bukan diarahkan konformisme budaya, tetapi lebih diarahkan pada totalitas nilai dan perilaku yang mencerminkan hasrat dan kehendak masyarakat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara sehingga mempunyai dua arah pokok yaitu fungsi pelestarian dan fungsi pengembangan. Fungsi pelestarian diarahkan pada pengenalan dan pendalaman nilai-nilai luhur budaya bangsa yang bersifat universal, dan merupakan kekayaan budaya bangsa yang tak ternilai harganya, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan dan memperkokoh rasa cinta tanah air dan kebanggan nasional. Dalam fungsi pengembangan diarahkan pada perwujudan budaya nasional yaitu perpaduan keragaman budaya tradisional ditambah dengan nilai-nilai baru yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai universal yang berlaku dalam budaya masyarakat, guna memperkaya budaya bangsa dan memperkukuh jati diri dan kepribadian bangsa.
 B.Pluralisme budaya dalam konsep ilmu pengetahuan
1. Pluralisme merupakan sebuah model politik yang memungkinkan terjadinya perluaan peran individu/kelompok yang beragam dalam masyarakat untuk terlibat dalam proses politik bagi lahirnya demokrasi terbuka. Jika ini tercapai akan hadir sebuah spectrum social atas kekuasaan yang lebih demokratis, karena kekuasaan berada di tangan beberapa individu dari beragam kelompok yang berbeda-beda.
2. Pluralisme juga menggambarkan suatu keadaan masyarakat di mana setiap individu atau kelompok yang berbeda-beda dapat memperkaya peran mereka dalam suatu masyarakat sebagaisocial fabric.
3. Pluralisme merupakan salah satu pandangan bahwa, sebab dari sebuah peristiwa social, misalnya sebab dari perubahan social, harus dapat di uji melalui interaksi dengan beragam factor dan bukan di analisis hanya dari satu factor itu adalah factor kebudayaan. Inilah yang membedakan pandangan Weber bahwa kebudayaan immaterial mendorng perubahan social, dari pandangan Karl Marx bahwa perubahan social bersumber dari kebudayaan materiil.
4. Pluralisme merupakan pandangan postmodern yang mengatakan bahwa semua kebudayaan manusia harus di hargai dan diperhaitkan. Tak ada satu kebudayaan atau masyarakat pun yang superior terhadap kebudayaan atau masyarakat yang lain; bahwa setiap kebudayaan mempunyai kontribusi tertentu terhadap proses memanusiakan orang lain.
Pandangan ini wajar, karena dalam masyarakat kenyataannya sering kali kata menemukan adanya kebudayaan dan sepakat kebudayaan dari komunitas atau masyarakat tertentu yang tidak kita ketahui secar pasti.
Dari beberapa pengertian di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa secara teoritis pluralisme (budaya) merupakan sebuah konsep yang menerangkan ideal (ideology) kesetaraan kekuasaan dalam satu masyarakat multikultur dimana kekuasaan terbagi secara merata diantara kelompok-kelompok etnik yang bervariasi sehingga mampu mendorong pengaruh timbal balik diantara meraka, dan masyarakat multikultur dapat menikmati hak-hak meraka yang sama dan seimbang, yang dapat memilik dan melindungi diri mereka sendiri karena mereka menjalankan kebudayaan (Suziki, 1984).
Pluralisme menggambarkan kenyataan bahwa dalam masyarakat terdapat kelompok-kelompok etnik tidak teraktualisasi ke dalam identitas budaya etniknya pada umumnya, kelompok ini memiliki perilaku yang berbeda contohnya; berbicara dengan bahasa yang lain dari bahasa etniknya, memeluk agama yang berbeda dari mayoritas agama yang di peluk etniknya, dll. Dan terbentuknya pluralism yang menjadi struktur dalam masyarakat yang menggambarkan perbedaan budaya di antara kelompok-kelompok etnik dan perbedaan tersebut hanya terletak pada wilayah struktur social yang mempunyai unsur budaya yang sama dengan budaya dominannya mereka selalu tampil dengan budaya tertentu (subkultur) yang terpisah dari kelompok dominan.





1. C. Membangun Rasa Pluralisme di Negara Indonesia yang Memiliki Banyak    Keberagaman Budaya

Manusia merupakan makhluk sosial dimana dalam melakukan sesuatu  seseorang pasti akan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Negara merupakan lembaga manusia yang paling luas, yang berfungsi untuk menjamin agar manusia dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang melampaui kemampuan lingkungan-lingkungan social lebih kecil. Indonesia memiliki berbagai macam budaya dimana kesemua perbedaan itu menjadi satu karena adanya rasa pluralisme dan patriotisme yang telah tertanam di tiap-tiap diri bangsa Indonesia itu sendiri.Karena adanya berbagai macam perbedaan itu muncul rasa saling menghormati dan toleransi yang mengakibatkan semakin kuatnya rasa pluralisme suatu bangsa itu. Sehingga muncul kemudahan terhadap masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya dengan dibantu oleh masyarakat lain sehingga muncul hubungan timbal balik antar sesama masyarakat dalam hal pemenuhan kebutuhan hidupnya.
Kita ketahui Indonesia memiliki beberapa agama, dimana masyarakatnya sendiri memiliki keyakinan yang kuat tentang agamanya masing-masing, selain itu masalah agama dan kepercayaan ini telah di atur dalam UUD 1945 pasal 29, jadi setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban terhadap agama yang diyakininya. Kewajiban dari setiap manusia adalah melaksankan perintah dan syara’ sesuai dengan apa yang mereka yakini, kemudian haknya adalah masyarakat itu harus menghormati dan menghargai apa-apa yang yang diyakini dan dipedomani oleh masyarakat yang memiliki beda keyakinan dengan mereka.
Beberapa cara untuk membangun rasa pluralisme di Indonesia diantaranya adalah :
1. Mengadakan sosialisasi kepada masyarakat agar mereka mengetahui pentingnya toleransi dan saling menghormati antar adat dan budaya
2. Mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbudaya
3. Terus mengembangkan dan melestarikan budaya tradisional daerah masing-masing

1. D. Mewujudkan Nilai-Nilai Pluralisme Berdasarkan Pancasila

Sebagai pedoman dan dasar Negara Indonesia, Pancasila harus dijadikan pedoman dalam  berbagai kegiatan dan dalam setiap pengambilan keputusan. Setiap tindakan bangsa Indonesia harus selalu berdasarkan nilai-nilai Pancasila yang mencerminkan kepribadian bangsa.
Sebagai nilai, pancasila memuat suatu daya tarik bagi manusia untuk diwujudkan, mengandung suatu keharusan untuk dilaksanakan. Nilai merupakan cita-cita yang menjadi motivasi bagi segala sikap, tingkah laku, dan segala manusia yang mendukungnya. Oleh karena itu sikap pluralisme terhadap bangsa sangat diperlukan karena tanpa adanya sikap itu, maka masyarakat hanya mementingkan dirinya sendiri saja kemudian muncul sikap egois dan berkurangnya sikap toleransi serta sikap saling menghargai antar sesama, walaupun itu dalam lingkungan keluarga sendiri.
Setelah memahami nilai-nilai pancasila, sebagai yang harus diwujudkan serta pedoman untuk melaksanakannya, kita masih perlu menata dan menyusun serta mengatur sistem kehidupan bangsa Indonesia bagi terwujudnya nilai-nilai pancasila. Misalnya dalam mengusahakan persatuan bangsa Indonesia, kita perlu menyusun dan mengatur interaksi antar warga Negara yang terdiri dari beraneka ragam suku, golongan, agama serta budaya. Demikian juga bagaimana mengatur kehidupan beragama agar kebebasan kehidupan beragama bisa terjamin.
Seperti halnya semboyan Negara kita yaitu “Bhinneka Tunggal Ika”, walaupun berbeda tetapi tetap satu jua. Dengan adanya perbedaan itu muncul suatu rancangan baru yang pada akhirnya terbentuklah rasa nasionalisme dan rasa patriotisme terhadap tanah air Indonesia. Usaha-usaha ekstern, yang diharapkan bagi pelaksanaan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bersama bangsa indoneasia.
Bila telah di tangkap atau dipahami serta tampak bernilai bagi bangsa Indonesia, nilai-nilai tersebut akan memberi daya tarik bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkannya. Namun nilai-nilai pancasila tampaknya masih terlalu umum dan abstrak untuk dapat di tangkap oleh bangsa Indonesia pada umunya, maka masih perlu dijabarkan agar mudah di pahami dan tampak bernilai bagi bangsa Indonesia.

1. NilaiPancasiladalamMemeliharaKeberagamanBudaya Indonesia

Pancasila sebagai nilai dasar mengandung arti bahwa nilai-nilai Pancasila harus dijadikan landasan pokok,landasan fundamental bagi pengaturan serta penyelenggaraan Negara. Dalam sila kedua pancasila “Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab” mengandung maka bahwa setiap orang berhak melakukan dan memutuskan sesuatu sesuai dengan kehendak hati nuraninya dan menjalankan sesuatu seperti sebagaimana mestinya sehingga  setiap orang berhak menjalankan kebudayaannya sesuai dengan hati nuraninya tanpa ada gangguan dan berhak dihormati oleh orang lain dalam menjalankan budaya daerahnya. Sedangkan dalam sila ketiga Pancasila, “Persatuan Indonesia” memiliki makna bahwa bangsa Indonesia harus senantiasa berusaha kearah bersatu dan kebulatan rakyat untuk membina Nasionalisme dalam Negara.Untuk mengamalkan nilai sila ketiga dari Pancasila salah satunya dengan terus bertoleransi dan menjunjung tinggi nilai pluralism agar senantiasa tercapai persatuan dan rasa nasionalisme antarmasyarakat daerah. Negara Indonesia juga telah menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya. Negara wajib menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional (UUD 1945 Pasal 32). Identitas budaya dan hak masyarakat tradisional dihormati selaras dengan perkembangan zaman dan peradaban (UUD 1945 Pasal 28I ayat 3).
  
BAB III
PENUTUP
1. KESIMPULAN
Dari makalah ini dapat disimpulkan bahwa pluralisme adalah konsep kemanusiaan yang memuat kerangka interaksi dan menunjukkan sikap saling menghargai, saling menghormati, toleransi satu sama lain dan saling hadir bersama atas dasar persaudaraan dan kebersamaan,dilaksanakan secara produktif dan berlangsung tanpa konflik sehingga terjadi asimilasi dan akulturasi budaya dan Pancasila sebagai dasar negara dan pedoman hidup bangsa harus diterapkan dalam menjaga keutuhan bangsa dan persatuan serta kesatuan bangsa dan negara.
1. SARAN
Berdasarkan makalah tersebut, saran dari penulis mengenai pluralisme budaya di Indonesia adalah masyarakat harus senantiasa saling toleransi dan saling menghargai meskipun berbeda agama,berbeda budaya, dan berbeda kebiasaan. Meskipun banyak keberagaman budaya antar masyarakat kita harus senantiasa ingat bahwa kita menjunjung tinggi semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” , meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

BAB IV
DAFTAR PUSTAKA

Prof. Dr. H.A.T. Soegito, S.H.,M.M.,dkk.2010.Pendidikan Pancasila.Semarang : PusatPengembangan MKU-MKDK UNNES.
Prof.Dr.Suyahmo,M.Si. 2014. FilsafatPancasila. Yogyakarta: Magnum.
H.A.R. Tilaar. 2007. MengindonesiaEtnisitasdanBangsa Indonesia. Jakarta: PT RinekaCipta.
Simatupang, Maurits. Budaya Indonesia yang Supraetnis. Jakarta: Papas Sinar Sinanti.
23 Oktober 2015 pukul 11.49
http://andrieirawan89.blogspot.co.id/2009/09/pluralisme-budaya-dan-tantangan-arus.html
23 Oktober 2015 pukul 11.46


MULTIKULTURALISME DAN PLURALISME

Author: InformationRetrieval2012 | Filed under: Uncategorized
Multikulturalisme merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan pandangan seseorang tentang ragam kehidupan di dunia, ataupun kebijakan kebudayaan yang menekankan tentang penerimaan terhadap realitas keragaman, dan berbagai macam budaya (multikultural) yang ada dalam kehidupan masyarakat menyangkut nilai-nilai, sistem, budaya, kebiasaan, dan politik yang mereka anut. Sedangkan pluralisme merupakan salah satu ciri khas masyarakat modern dan kelompok sosial yang paling penting, dan mungkin merupakan pengemudi utama kemajuan dalam ilmu pengetahuan, masyarakat dan perkembangan ekonomi.
A.    Pengertian Multikulturalisme dan Pluralisme
Multikulturalisme adalah sebuah filosofi yang juga terkadang ditafsirkan sebagai ideologi yang menghendaki adanya persatuan dari berbagai kelompok kebudayaan dengan hak dan status sosial politik yang sama dalam masyarakat modern. Istilah multikultural juga sering digunakan untuk menggambarkan kesatuan berbagai etnis masyarakat yang berbeda dalam suatu negara.
Multikulturalisme berasal dari dua kata, multi (banyak/beragam) dan kultural (budaya atau kebudayaan), yang secara etimologi berarti keberagaman budaya. Budaya yang mesti dipahami, adalah bukan budaya dalam arti sempit, melainkan mesti dipahami sebagai semua bagian manusia terhadap kehidupannya yang kemudian akan melahirkan banyak wajah, seperti sejarah, pemikiran, budaya verbal, bahasa dan lain-lain.
Istilah multikulturalisme dengan cepat berkembang sebagai objek perdebatan yang menarik untuk dikaji dan didiskusikan karena memperdebatkan keragaman etnis dan budaya, serta penerimaan kaum imigran di suatu negara, yang pada awalnya hanya dikenal dengan istilah pluralisme yang mengacu pada keragaman etnis dan budaya dalam suatu daerah atau negara. Baru pada sekitar pertengahan abad ke-20, mulai berkembang istilah multikulturalisme. Istilah ini setidaknya memiliki tiga unsur, yaitu: budaya, keragaman budaya, dan cara khusus untuk mengantisipasi keanekaragaman budaya tersebut. Secara umum, masyarakat modern terdiri dari berbagai kelompok manusia yang memiliki status budaya dan politik yang sama.
Kesadaran akan adanya keberagaman budaya disebut sebagai kehidupan multikultural. Kesadaran akan adanya keberagaman mesti ditingkatkan lagi menjadi apresiasi dan ditanggapi secara positif. Pemahaman ini yang disebut sebagai multikulturalisme. Multikulturalisme bertujuan untuk kerjasama, kesederajatan dan mengapresiasi dalam dunia yang kian kompleks dan tidak monokultur lagi.
Multikulturalisme adalah sebuah ideologi dan sebuah alat untuk meningkatkan derajat manusia dan kemanusiaannya. Untuk dapat memahami multikulturalisme diperlukan landasan pengetahuan yang berupa bangunan konsep-konsep yang relevan dan mendukung keberadaan serta berfungsinya multikulturalisme dalam kehidupan manusia. Berbagai konsep yang relevan dengan multikulturalisme antara lain adalah demokrasi, keadilan dan hukum, nilai-nilai budaya dan etos, kebersamaan dalam perbedaan yang sederajat, sukubangsa, kesukubangsaan, kebudayaan sukubangsa, keyakinan keagamaan, ungkapan-ungkapan budaya, domain privat dan publik, HAM (Hak Asasi Manusia), hak budaya komuniti, dan konsep-konsep lainnya yang relevan.
Multikulturalisme ini akan menjadi acuan utama bagi terwujudnya masyarakat multikultural, karena multikulturalisme sebagai sebuah ideologi akan mengakui dan mengagungkan perbedaan dalam kesederajatan baik secara individual maupun secara kebudayaan. Dalam model multikulturalisme ini, sebuah masyarakat (termasuk juga masyarakat Indonesia) mempunyai sebuah kebudayaan yang berlaku umum dalam masyarakat tersebut yang coraknya seperti sebuah mosaik. Di dalam mosaik tercakup semua kebudayaan dari masyarakat-masyarakat yang lebih kecil yang membentuk terwujudnya masyarakat yang lebih besar, yang mempunyai kebudayaan seperti sebuah mosaik. Dengan demikian, multikulturalisme diperlukan dalam bentuk tata kehidupan masyarakat yang damai dan harmonis meskipun terdiri dari beraneka ragam latar belakang kebudayaan.
Konsep multikulturalisme tidak dapat disamakan dengan konsep keanekaragaman secara sukubangsa atau kebudayaan sukubangsa yang menjadi ciri masyarakat majemuk, karena multikulturalisme menekankan keanekaragaman kebudayaan dalam kesederajatan. Ulasan mengenai multikulturalisme mau tidak mau akan mengulas berbagai permasalahan yang mendukung ideologi ini, yaitu politik dan demokrasi, keadilan dan penegakan hukum, kesempatan kerja dan berusaha, HAM, hak budaya komuniti dan golongan minoritas, prinsip-prinsip etika dan moral, dan tingkat serta mutu produktivitas.
Sedangkan pluralisme adalah sebuah kerangka dimana ada interaksi beberapa kelompok-kelompok yang menunjukkan rasa saling menghormat dan toleransi satu sama lain. Mereka hidup bersama (koeksistensi) serta membuahkan hasil tanpa konflik asimilasi. Sebenarnya berbicara tentang konsep pluralisme, sama halnya membicarakan tentang sebuah konsep ‘kemajemukan atau keberagaman”, dimana jika kita kembali pada arti pluralisme itu sendiri bahwa pluralisme itu merupakan suatu “kondisi masyarakat yang majemuk”. Kemajemukan disini dapat berarti kemajemukan dalam beragama, sosial dan budaya. namun yang sering menjadi issu terhangat berada pada kemajemukan beragama. Pada prinsipnya, konsep pluralisme ini timbul setelah adanya konsep toleransi. jadi ketika setiap individu mengaplikasikan konsep toleransi terhadap individu lainnya maka lahirlah pluralisme itu. Dalam konsep pluralisme-lah bangsa Indonesia yang beraneka ragam ini mulai dari suku, agama, ras, dan golongan dapat menjadi bangsa yang satu dan utuh.
Pluralisme sering diartikan sebagai paham yang mentoleransi adanya ragam pemikiran, agama, kebudayaan, peradaban dan lain-lain. Kemunculan ide pluralisme didasarkan pada sebuah keinginan untuk melenyapkan ‘klaim keberanan’ (truth claim) yang dianggap menjadi pemicu munculnya sikap ekstrem, radikal, perang atas nama agama, konflik horisontal, serta penindasan atas nama agama. Menurut kaum pluralis, konflik dan kekerasan dengan mengatasnamakan agama baru sirna jika masing-masing agama tidak lagi menganggap agamanya yang paling benar.
Lahirnya gagasan mengenai pluralisme (agama) sesungguhnya didasarkan pada sejumlah faktor. Dua di antaranya adalah: Pertama, adanya keyakinan masing-masing pemeluk agama bahwa konsep ketuhanannyalah yang paling benar dan agamanyalah yang menjadi jalan keselamatan. Masing-masing pemeluk agama juga meyakini bahwa merekalah umat pilihan. Menurut kaum pluralis, keyakinan-keyakinah inilah yang sering memicu terjadinya kerenggangan, perpecahan bahkan konflik antarpemeluk agama. Karena itu, menurut mereka, diperlukan gagasan pluralisme sehingga agama tidak lagi berwajah eksklusif dan berpotensi memicu konflik. Kedua, faktor kepentingan ideologis dari Kapitalisme untuk melanggengkan dominasinya di dunia. Selain isu-isu demokrasi, hak asasi manusia dan kebebasan serta perdamaian dunia, pluralisme agama adalah sebuah gagasan yang terus disuarakan Kapitalisme global yang digalang Amerika Serikat untuk menghalang kebangkitan Islam.
Dalam sebuah masyarakat otoriter atau oligarkis, ada konsentrasi kekuasaan politik dan keputusan dibuat oleh hanya sedikit anggota. Sebaliknya, dalam masyarakat pluralistis, kekuasaan dan penentuan keputusan (dan kemilikan kekuasaan) lebih tersebar. Dipercayai bahwa hal ini menghasilkan partisipasi yang lebih tersebar luas dan menghasilkan partisipasi yang lebih luas dan komitmen dari anggota masyarakat, dan oleh karena itu hasil yang lebih baik. Contoh kelompok-kelompok dan situasi-situasi di mana pluralisme adalah penting ialah: perusahaan, badan-badan politik dan ekonomi, perhimpunan ilmiah.
Bisa diargumentasikan bahwa sifat pluralisme proses ilmiah adalah faktor utama dalam pertumbuhan pesat ilmu pengetahuan. Pada gilirannya, pertumbuhan pengetahuan dapat dikatakan menyebabkan kesejahteraan manusiawi bertambah, karena, misalnya, lebih besarkinerja dan pertumbuhan ekonomi dan lebih baiklah teknologi kedokteran. Pluralisme juga menunjukkan hak-hak individu dalam memutuskan kebenaran universalnya masing-masing.
B.     Multikulturalisme dan Pluralisme dalam Undang-Undang Indonesia
Model multikulturalisme sebenarnya telah digunakan sebagai acuan oleh para pendiri bangsa Indonesia dalam mendesain apa yang dinamakan sebagai kebudayaan bangsa, sebagaimana yang terungkap dalam penjelasan Pasal 32 UUD 1945, yang berbunyi “Kebudayaan bangsa (Indonesia) adalah puncak-puncak kebudayaan di daerah”.
Banyak undang-undang dan konstitusi di Indonesia yang mengatur tentang multikulturalisme dan pluralisme di Indonesia, yaitu misalnya Pasal 18 B ayat 2 yang berbunyi “Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang diatur dalam undang-undang”. Ada juga Pasal 32 ayat 1 yang berbunyi “Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya”.
Dalam keanekaragaman dan kejamakan bangsa Indonesia, negara melalui Undang-Undang telah menjamin hak-hak yang sama kepada seluruh rakyat Indonesia.
C.     Multikulturalisme dan Pluralisme di Indonesia
Menurut sebagian tokoh di negara kita, multikulturalisme dan pluralisme yang ditangkap dan diterapkan di negara kita memiliki pemahaman dan aplikasi yang berbeda-beda pada setiap individunya. Menurut Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, Adian Husaini, paham multikulturalisme dan pluralisme merupakan paham yang memberikan keadilan pada setiap orang yang berbudaya. Adian berpendapat bahwa multikulturalisme dan pluralisme yang difatwakan oleh MUI adalah salah. MUI menjabarkan definisinya dengan tidak boleh meyakini atau membenarkan bahkan melepaskan keyakinan agama. Adian tidak sependapat dengan fatwa yang dikeluakan MUI ini karena menurutnya paham ini membenarkan seluruh agama, tidak mengklaim agamanya yang paling benar.
Mantan Menteri Pendidikan Nasional kita, Malik Fajar, juga memiliki pendapatnya sendiri tentang paham multikulturalisme dan pluralisme di Indonesia. Malik Fajar  pernah mengatakan pentingnya pendidikan multikulturalisme di Indonesia. Menurutnya, pendidikan multikulturalisme perlu ditumbuhkembangkan, karena potensi yang dimiliki Indonesia secara kultural, tradisi, dan lingkungan geografi serta demografis sangat luar biasa. Karena itu di Indonesia perlu dikembangkan multikulturalisme dan pluralisme yang lurus dan seimbang agar tidak terjadi perbedaan persepsi dalam masyarakatnya.
Lain lagi dengan pendapat Mantan Presiden Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid atau lebih dikenal sebagai Gus Dur, saat ini menurutnya pluralisme sedang berada di tengah cobaan, banyaknya kejadian yang menjadi penghalang dalam kebersamaan, sehingga pluralisme perlu untuk dirawat. Gus Dur menyatakan menyatakan perlunya merawat kemajemukan dalam bernegara untuk memperkuat ikatan nasionalisme Indonesia yang sangat jamak. Beliau juga menilai, selama ini negara tidak mampu bertindak secara tegas terhadap para kelompok antimultikultural dan antipluralis yang melanggar hukum. Negara seolah membiarkan kesalahpahaman tentang makna multikulturalisme dan pluralisme di Indonesia terus berlanjut yang bahkan dapat menjurus ke perpecahan.
Multikulturalisme mempunyai peran yang besar dalam pembangunan bangsa. Indonesia sebagai suatu negara yang berdiri di atas keanekaragaman kebudayaan merasakan pentingnya multikulturalisme dalam pembangunan bangsa. Dengan multikulturalisme ini maka prinsip “bhineka tunggal ika” seperti yang tercantum dalam dasar negara akan menjadi terwujud. Keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia akan menjadi inspirasi dan potensi bagi pembangunan bangsa sehingga cita-cita untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera sebagaimana yang tercantum dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 dapat tercapai.
Kesadaran multikultur sebenarnya sudah muncul sejak Negara Republik Indonesia terbentuk. Pada masa Orde Baru, kesadaran tersebut dipendam atas nama kesatuan dan persatuan. Paham monokulturalisme kemudian ditekankan. Akibatnya sampai saat ini, wawasan multikulturalisme bangsa Indonesia masih sangat rendah. Ada juga pemahaman yang memandang multikultur sebagai eksklusivitas. Multikultur justru disalahartikan yang mempertegas batas identitas antar individu. Bahkan ada yang juga mempersoalkan masalah asli atau tidak asli.
Multikultur baru muncul pada tahun 1980-an yang awalnya mengkritik penerapan demokrasi. Pada penerapannya, demokrasi ternyata hanya berlaku pada kelompok tertentu. Wacana demokrasi itu ternyata bertentangan dengan perbedaan-perbedaan dalam masyarakat. Cita-cita reformasi untuk membangun Indonesia Baru harus dilakukan dengan cara membangun dari hasil perombakan terhadap keseluruhan tatanan kehidupan yang dibangun oleh Orde Baru.
Acuan utama bagi terwujudnya masyarakat Indonesia yang multikultural adalah multikulturalisme, yaitu sebuah ideologi yang mengakui dan mengagungkan perbedaan dalam kesederajatan baik secara individual maupun secara kebudayaan. Dalam model multikulturalisme ini, sebuah masyarakat dilihat sebagai mempunyai sebuah kebudayaan yang berlaku umum dalam masyarakat tersebut yang coraknya seperti sebuah mozaik. Di dalam mozaik tercakup semua kebudayaan dari masyarakat-masyarakat yang lebih kecil yang membentuk terwujudnya masyarakat yang lebih besar, yang mempunyai kebudayaan yang seperti sebuah mozaik tersebut.
Kemudian sebuah ideologi yang diharapkan mampu menjadi jalan tengah sekaligus jembatan yang menjembatani terjadinya perbedaan dalam negara Indonesia. Yaitu Pancasila, yang seharusnya mampu mengakomodasi seluruh kepentingan kelompok sosial yang multikultural, multietnis, dan agama ini. Termasuk dalam hal ini Pancasila haruslah terbuka. Harus memberikan ruang terhadap berkembangannya ideologi sosial politik yang pluralistik.
Pancasila adalah ideologi terbuka dan tidak boleh mereduksi pluralitas ideologi sosial-politik, etnis dan budaya. Melalui Pancasila seharusnya bisa ditemukan sesuatu sintesis harmonis antara pluralitas agama, multikultural, kemajemukan etnis budaya, serta ideologi sosial politik, agar terhindar dari segala bentuk konflik yang hanya akan menjatuhkan martabat kemanusiaan itu.
Upaya-upaya untuk mewujudkan kehidupan Indonesia yang lebih baik dari sebelumnya dapat dilakukan dengan menerapkan sikap-sikap sebagai berikut:
a.       Manusia tumbuh dan besar pada hubungan sosial di dalam sebuah tatanan tertentu, dimana sistem nilai dan makan diterapkan dalam berbagai simbol-simbol budaya dan ungkapan-ungkapan bangsa.
b.      Keanekaragaman Budaya menunjukkan adanya visi dan sistem makan yang berbeda, sehingga budaya satu memerlukan budaya lain. Dengan mempelajari kebudayaan lain, maka akan memperluas cakrawala pemahaman akan makna multikulturalisme.
c.       Setiap kebudayaan secara Internal adalah majemuk, sehingga dialog berkelanjutan sangat diperlukan demi terciptanya persatuan.
d.      Paradigma hubungan dialogal atau pemahaman timbal balik sangat dibutuhkan, untuk mengatasi ekses-ekses negatif dari suatu problem disintegrasi bangsa. Paradigma hubungan timbal balik dalam masyarakat multikultural mensyaratkan tiga kompetensi normatif, yaitu kompetensi kebudayaan, kemasyarakatan dan kepribadian.
e.       Integrasi sosial yang menjamin bahwa koordinasi tindakan politis tetap terpelihara melalui sarana-sarana hubungan antar pribadi dan antar komponen politik yang diatur secara resmi tanpa menghilangkan identitas masing-masing unsur kebudayaan.
f.       Sosialisasi yang menjamin bahwa konsepsi polotik yang disepakati harus mampu memberi ruang tindak bagi generasi mendatang dan penyelarasan konteks kehidupan individu dan kehidupan kolektif tetap terjaga.
Dapat dikatakan bahwa secara konstitusional negara Indonesia dibangun untuk mewujudkan dan mengembangkan bangsa yang religius, humanis, bersatu dalam kebhinnekaan. Demokratis dan berkeadilan sosial, belum sepenuhnya tercapai. Konsekuensinya adalah keharusan melanjutkan proses membentuk kehidupan sosial budaya yang maju dan kreatif; memiliki sikap budaya kosmopolitan dan pluralis, tatanan sosial politik yang demokratis dan struktur sosial ekonomi masyarakat yang adil dan bersifat kerakyatan.
Dengan demikian kita melihat bahwa semboyan ‘Satu bangsa, satu tanah air dan satu bahasa dan ‘Bhinneka Tunggal Ika’ masih jauh dari kenyataan sejarah. Semboyan tersebut masih merupakan mitos yang perlu didekatkan dengan realitas sejarah. Bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang kokoh, beranekaragam budaya, etnik, suku, ras dan agama, yang kesemuanya itu akan menjadikan Indonesia menjadi sebuah bangsa yang mampu mengakomodasi kemajemukkan itu menjadi sesuatu yang tangguh. Sehingga ancaman 
isintegrasi dan perpecahan bangsa dapat dihindari.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN )

RINGKASAN CERITA ANOMAN DUTA (SANG UTUSAN ) Prabu Dasamuka menyerahkan Dewi Sinta yang diculiknya, di bawah pengawasan Dewi Trijata di Taman Argasoka, kemenakannya. Sementara Regawa alias Rama terus mencari istrinya yang hilang. Ia sudah mendapat petunjuk dari Jatayu bahwa Sinta diculik raja Alengka bernama Prabu Dasamuka. Perjalan Rama ke Alengka disertai Laksamana, adiknya, dan Prabu Sugriwa serta seluruh bala tentara Kerajaan Guwakiskenda. Setelah membangun perkemahan di daerah Mangliawan, Ramawijaya mengutus Anoman untuk menjadi duta, menemui Dewi Sinta di Keraton Alengka. Hal ini membuat iri Anggada, sehingga terjadi perkelahian dengan Anoman. Rama kemudian menyadarkan Anggada, bahwa nanti akan ada tugas penting lainnya bagi Anggada. Perjalanan Anoman ke Alengka ternyata penuh hambatan. Mulanya ia berjumpa dengan Dewi Sayempraba, salah seorang istri Prabu Dasamuka. Anoman dirayu, dan diberi hidangan buah-buahan beracun. Akibatnya Anoman menjadi buta. Untunglah ia ditol

DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA

 Download Kumpulan MP3 Gending Jawa dan Lagu Jawa DOWNLOAD KUMPULAN MP3 GENDING JAWA DAN LAGU JAWA MP3 GENDHING JAWA http://piwulangjawi.blogspot.com/p/mp3-gending-jawi.html GENDHING-GENDHING JAWA DALAM FORMAT MP3  DIPERSILAHKAN KEPADA STRISNO BUDAYA JAWA UNTUK MENGUNDUH ANEKA GENDHING JAWA KLASIK I : 001.  BENDRONGAN – PUCUNG RUBUH – GANDRUNG MANIS – DANDANGGULA BANJET – ASMARADANA JAKALOLA.mp3 002.  BW. GAMBUH LGM. LELO LEDHUNG – LDR. SARAYUDA – LAGU ONDHE-ONDHE Pl. Br.mp3 003.  BW. LEBDAJIWA – KUTUT MANGGUNG Pl. Br.mp3 004.  BW. MUSTIKENGRAT – GENDHING CANDRA -LDR. SRI HASCARYA – LDR. WESMASTER Sl.9.mp3 005.  BW. SEKAR AGENG SUDIRAWARNA – UDAN BASUKI – LIPUSARI – GAMBUH Sl. Mny.mp3 006.  BW. SUDIRAWARNA – GENDHING WIDASARI – LDR. LIPUR SARI Sl. Mny.mp3 007.  GENDHING BANDILORI – LDR. ELING-ELING – KTW. PRANA ASMARA – SLEPEG MAWA PALARAN Pl. Br.mp3 008.  GENDHING BONANG SLEBRAK PL.5.mp3 009.  GENDHING BUDHENG-BUDHENG – LDR. SARAYUDA Pl.6.mp3 010.  GENDHING