Senin, 23 Januari 2012

CITRA DIRI DAN KEPRIBADIAN POSITIF

CITRA DIRI DAN KEPRIBADIAN POSITIF

Oleh FX Sutono



Dalam kepemimpinan para pengikut memerlukan contoh yang jelas dari pemimpin mereka. Citra hidup yang mereka lihat dari pemimpin mereka menghasilkan energi, gairah dan motivasi mereka untuk juga ikut berubah, bergerak maju. Untuk menjadikan diri Anda sebagai model dan teladan ada empat hal yang bisa dijadikan inspirasi:

  1. Para pengikut selalu melihat apa yang Anda lakukan. Sama seperti anak-anak melihat orang tua mereka dan berusaha menyaingi atau bahkan melebihi perilaku mereka, begitu juga para pekerja/bawahan melihat atasan mereka.   Orang mengerjakan apa yang dilihatnya.
  2. Lebih mudah mengajar apa yang benar daripada melakukan apa yang benar.
Tetapi yang benar adalah teladan lebih mengena dari pada seribu nasehat. Maka jadilah teladan sebelum engkau memerintahkan agar anak buahmu untuk mengikutimu.
  1. Anda harus mengubah diri Anda sendiri dahulu sebelum mengubah orang lain. Selalu ada godaan untuk mengubah orang lain tanpa mengubah diri sendiri terlebih dahulu.
  2. Pemberian paling berharga dari seorang pemimpin adalah keteladanan yang baik. Kepemimpinan adalah lebih pada soal menangkap (caught) daripada soal mengajar(taught). Bagaimana seseorang”menangkap’kepemimpinan? Dengan melihat pemimpin-pemimpin yang baik sedang bertindak.

Menurut penelitian Robert Half International, AS menyebutkan mengapa memecat seseorang satu alasan utamanya adalah:
Tidak kompeten 30%
Ketidakmampuan bekerjasama dengan pekerja lain 17%
Ketidakjujuran atau berdusta 12%
Sikap negatif 10%
Kurang motivasi 7%
Kegagalan atau menolak mengikuti perintah 7%
Alasan-alasan lain 8%

Artinya bahwa walaupun peringkat pertama masalah kompetensi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya tetapi 5 peringkat berikutnya adalah masalah sikap. KECAKAPAN/SKILL BISA DI AJARKAN, TETAPI SIKAP ADALAH MASALAH KEPRIBADIAN.
Jadi 15% kesuksesan berkaitan dengan pelatihan teknis, 85% selebihnya adalah masalah kepribadian dan kepribadian menentukan apa yang kita lihat dan bagaimana kita menangani perasaan kita, disamping iman/keyakinan yang juga menuntun akalbudi dan rasa kita.
Maka benar salah satu perusahaan di negeri ini yang bergerak dalam industri ilmu pengetahuan sangat mengedepankan watak baik/kepribadian positif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar